bisa menguntungkan bisnis Anda.
Facebook adalah jejaring sosial, bukan jejaring belanja, jadi mengapa
bisnis menghabiskan sumber dengan membangun dan memelihara Halaman Fan
di Facebook? (Halaman Fan, adalah profil yang sering digunakan untuk
bisnis atau organisasi daripada individu.) Karena, meski member tidak
ingin membeli apapun di Facebook, hubungan yang Anda bangun dan
komunitas yang Anda rintis bisa menguntungkan bisnis Anda dengan cara
yang tidak terhitung.
Berikut 10 cara teratas dimana Halaman Fan Facebook bisa membantu
bisnis Anda:
1. Membangun jaringan bisnis Anda di Web
Membuat Halaman Fan memberikan bisnis dan brand Anda pengenalan
branding di Web, dimana prospek, pelanggan, calon karyawan, vendor,
bahkan media bisa menemukan informasi mengenai perusahaan serta produk
dan jasa yang Anda tawarkan. Berbeda dengan Profil personal Facebook,
dimana hanya member yang bisa mengakses, Halaman Fan Facebook secara
default dilihat oleh publik; dimana orang tidak perlu masuk ke
Facebook untuk melihat bisnis atau brand di Halaman Page, jadi akan
semakin banyak orang yang mengakses informasi yang Anda post-kan.
Tip: Untuk menghemat waktu meng-update Halaman Fan, buat RSS feed di
tab Halaman Note untuk menarik entri dari blog bisnis yang sudah ada.
Selama post blog Anda tidak "menjual" secara berlebihan, konten
tambahan bisa diterima dengan baik.
2. Mendorong Trafik ke Website Anda
Tidak ada batasan pada Halaman Fan untuk mendorong trafik ke website.
Nyatanya, Facebook mendorong Anda untuk memberikan link ke website
Anda melalui Halaman Fan Anda. Mengarahkan, meski dalam porsi kecil
Facebook dalam trafik harian ke website Anda akan meningkatkan jumlah
trafik yang signifikan.
Tip: Mengubah member Facebook sebagai Fans, Fans menjadi pelanggan,
dan pelanggan menjadi Fans dengan lintas promosi Halaman Fan dan
website Anda. Berikan link Halaman Fan ke website Anda dan sisipkan
widget Facebook di site Anda untuk kembali memberikan link ke Halaman
Page Anda.
3. Mendongkrak SEO Anda
Google, melalui fitur baru Social Search, serta search dan decision
engine sekarang membuat indeks konten yang dibuat di situs seperti
Facebook, demikian juga dengan konten Halaman Fan Anda berpotensi
untuk memberikan hasil search engine bagi bisnis dan brand Anda.
Dengan memberikan link Halaman Fan Anda ke website Anda, Anda bisa
mendongkrak Social Search untuk mengarahkan lebih banyak trafik
Facebook ke situs Anda.
4. Memungkinkan Anda untuk lebih dekat dengan komunitas dengan mudah
dan gratis.
Halaman Fan Facebook memberikan alternatif yang murah (gratis) untuk
menerapkan penggunaan pelanggan pada situs Anda. Dalam waktu singkat,
Anda bisa memiliki Halaman Page dengan branded dimana pelanggan dan
brand lain bisa mempostingkan ke Wall Facebook Anda, berbagi foto dan
video, mengajukan tanya-jawab, dan berinteraksi dengan Anda serta yang
lainnya. Membuat dan mengelola Halaman Fan, lengkapi dengan tab
Discussion, lebih mudah daripada membuat dan memonitor forum diskusi
atau papan pesan pada domain Anda.
5. Langsung menghubungkan Anda dan staff ke pelanggan atau fans
Halaman Fan Facebook langsung memberikan jalur kepada Fans Anda. Anda
bisa mengirim pesan pada Fans sekaligus atau membidik individu atau
kelompok berdasarkan negara, bagian, kota, gender, dan bahkan rentang
usia. Dengan menggunakan Events App, Anda bisa menjadwalkan event
istimewa atau promosi dan kemudian mengundang Fans yang tinggal atau
berdekatan dengan kota dimana acara diselenggarakan. Facebook
menyediakan banyak hal dan masih banyak lagi fitur gratis untuk
digunakan dalam bisnis.
6. Memperkuat hubungan pelanggan
Anda bisa memperdalam hubungan Anda dengan pelanggan secara signifikan
melalui hubungan sosial daripada bisnis dan tidak menjual. Member
Facebook mungkin tidak belanja di Facebook, tapi 90 persen dari mereka
mengharapkan bisnis dan organisasi yang mereka ajak kerja sama
memiliki Halaman Fan Facebook.
7. Menyediakan ladang pembibitan dan platform brand
Hanya 25 persen member Facebook ingin ditawari sebagai sasaran
penjualan, tapi prosentase yang lebih besar adalah mereka yang
mengakui mutu perusahaan atau produk pada teman-teman mereka di
Facebook Friends. Membangun hubungan yang kuat dengan sejumlah member
yang berpengaruh dengan banyak koneksi, dan Anda mendapatkan pengakuan
brand yang tidak ternilai yang secara langsung memasarkan atau menjual
atas nama diri Anda.
Tip: Saat Anda memposting update di Page's Wall, atau saat Fan
berinteraksi dengan Page Anda, interaksi ini muncul di Fan's News
Feed, mencapai Fans potensial lebih banyak (msl., Fan Facebook Friends
Anda), membuat Facebook sebagai alat marketing yang berbasis online
saat ini.
8. Mendengarkan dan pengamatan berpotensi untuk meningkatkan usaha
Anda
Dalam setting sosial seperti Facebook, pelanggan dan prospek berbagi
informasi dengan Anda dan yang lainnya terkait dengan produk dan jasa
yang mereka sukai, pengalaman baik dan buruk yang mereka alami dengan
bisnis atau pesaing Anda, dan kebutuhan mereka yang belum terpenuhi.
Setiap kali Fan berinteraksi dengan Page Anda, Anda mendapatkan
informasi yang sangat berarti.
Tip: Dengan menggunakan default, Halaman Fan Facebook mencakup
Discussion tab. Membuka diskusi untuk sumber data pasar yang berharga
dan ide-ide untuk meningkatkan bisnis Anda.
9. Sudah tersedia matrik yang terkait dengan ROI
Alat Page Insight di Facebook dan dashboard memfasilitasi analisa
marketing dan komunikasi dengan membuka data untuk berinteraksi
(Komentar, Pos Dinding, dan "Suka"); pos yang dibahas, review, dan
sebutan; demografis Fan (gender, usia, lokasi/distribusi geografis);
dan sebagainya. Alat ini meningkatkan kemampuan Anda untuk
mengidentifikasi dan menentukan target demografis yang spesifik dan
mengukur ROI.
Tip: Gunakan matrik Facebook yang powerful, bersamaan dengan informasi
yang Anda kumpulkan dari Halaman Fan, untuk mengembangkan pesan kustom
dan langsung berbicara mengenai kebutuhan Fan, yang disesuaikan dengan
gaya komunitas, dan mendukung tujuan dan sasaran bisnis yang getok-
tular.
10. Memungkinkan Anda untuk tetap berpacu dengan kompetisi yang gratis
Masih belum yakin dengan Halaman Fan? Maka pertimbangkan kompetisi.
Bahkan, salah satu kompetitor Anda merilis Halaman Fan yang sukses,
dimana kompetitor bisa menyudutkan pasar di Facebook dan membangun
terlebih dahulu jauh sebelum Anda. Pertaruhkan klaim gratis Anda
terlebih dahulu untuk menetapkan bisnis Anda sebagai pendahulu
industri sebelum dilakukan oleh kompetisi.
Oleh: Mikal E. Belicove rekan penulis 'The Complete Idiot's Guide to
Facebook' dengan Joe Kraynak (Penguin Group USA/Alpha Books, 2010),
dan sebagai ahli strategi bisnis dengan spesialisasi pengembangan,
analisa pasar, dan penyampaian/penempatan individu dan bisnis di semua
ukuran. Buku terbaru Belicove, '2009 Internet Directory: Web 2.0
Edition', tersedia di berbagai toko buku, dan Anda bisa membaca kolom
bulanan di marketing media sosial dan promosi website, manajemen,
kemampuan yang digunakan, dan desain di majalah Entrepreneur.
Sumber: www.entrepreneur.com
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com
Artikel: www.pengusahamuslim.com
--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
To unsubscribe, reply using "remove me" as the subject.
No comments:
Post a Comment