(Mas cahya)
Kalau ikan air tawar gimana mba? Apa mba wheen gak makan? J
(Whe~en)
Pasti makan mas,tapi dalilnya bukan dari nabi baru :-)
maksud saya, dalilnya bukan berasal dari orang2 yang membuat aturan menurut kemauan sendiri karena merasa lebih pintar dari Allah dan RasulNya loch :-)
dalilnya dari :
"Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu". (QS. Al-Baqarah: 29)
saya pinjam kalimat mas cahya, kalau mau berfikir, ini kalimat mas cahya loch, kalau mau berfikir, dari ayat tersebut ketahuan bahwa dalil asal semua makanan adalah halal kecuali yang ditetapkan oleh Allah dan rasulNya.
Kenapa RasulNya ikut dalam penetapan hukum Islam?
Saya ambil dari yang diposting mas Cahya:
QS An Anfaal : 2
Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka , dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.
Sekedar bergetarkah menurut mas cahya?
Atau bergetar karena takut?
Kemudian bertambah imannya untuk melaksanakan perintah Allah?
Inilah perintah Allah
"Dan tidaklah patut bagi laki-laki maupun perempuan mu'min, apabila Allah dan Rasul-Nya menetapkan suatu ketetapan dalam urusan mereka, mereka memilih pilihan lain. Barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, sungguh, dia telah nyata-nyata sesat." (Q.S. Al Ahzab: 36)
Apakah ayat tersebut jelas mas Cahya?
RasulNya, menurut Allah, ikut menetapkan suatu ketetapan yang jika mas cahya atau saya seorang mu'min, tidak ada pilihan lain.
Kalau mas Cahya atau saya atau orang lain tidak menurut perintah Allah, termasuk bahwa jika RasulNya menetapkan sesuatu tapi tidak dianggap, maka termasuk durhaka kepada Allah dan RasulNya, dan Allah nyata nyata menyatakan sesat.
Jadi saya ulangi pertanyaan saya,
Ketika mas Cahya memakan Ikan, apakah dalilnya mas Cahya sendiri yang menentukan yaitu: tetapi ketika ikan mati, darahnya akan terkumpul di
jantungnya, atau tetap bisa mengalir.
Ataukah karena mengikuti ketetapan Allah dan RasulNya seperti surat Al Ahzab 36, yaitu
1. "Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu" (QS. Al-Ma`idah: 96)
2. "Dia (laut) adalah pensuci airnya dan halal bangkainya". (HR. Abu Daud, At-Tirmidzy, An-Nasa`iy, dan Ibnu Majah dan dishohihkan oleh Imam Al-Bukhary). Lihat At-Talkhish (1/9) [Al-Bidayah (1/345), Asy-Syarhul Kabir (2/115), Mughniyul Muhtaj (4/291), dan Al-Majmu' (9/32,33), Al-Mughny ma'a Asy-Syarhul Kabir (11/84,195]
3. "Dihalalkan untuk kita dua bangkai dan dua darah. Adapun kedua bangkai itu adalah ikan dan belalang. Dan adapun kedua darah itu adalah hati dan limfa". (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)
Pertanyaan lain yang saya ajukan namun belum dijawab adalah soal hati dan limpa.
Saya ulangi lagi
Apakah mas Cahya makan hati dan limpa?
Apakah dasarnya?
Karena kalau mas Cahya tetap berpendapat Firman Allah hanya ada di dalam Al Qur'an, inilah kutipan yang diharamkan Allah, jadi Hati dan limpa termasuk darah yang diharamkan oleh Allah:
"Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya". (QS. Al-Ma`idah: 3)
Kalau saya memakannya karena Allah melalui RasulNya menjelaskan lebih lanjut:
"Dihalalkan untuk kita dua bangkai dan dua darah. Adapun kedua bangkai itu adalah ikan dan belalang. Dan adapun kedua darah itu adalah hati dan limfa". (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)
Menginjak ke masalah sholat:
Pertanyaan saya adalah:
1. tunjukkan sholat lima waktu di dalam Al Qur'an
Belum dijawab
Apakah belum ketemu mas?
2. jumlah rakaat di dalam Al Qur'an
Belum dijawab
Apakah belum ketemu mas?
3. tatacara sholat di dalam Al Qur'an
Belum dijawab
Apakah belum ketemu mas?
4. bacaan sholat di dalam di dalam Al qur'an
(Mas Cahya)
Bacaan iftitah dalam alquran: 6/79, 6/162 & 163
(Whe-en)
QS Al An'aam 6 :79
Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Rabb yang menciptakan langit dan bumi, dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.
QS Al An'aam 6 :162
Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.
QS Al An'aam 6 :163
Tiada sekutu bagiNya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri
Mas Cahya,
Saya tidak menemukan arti disitu Allah memerintahkan ini bacaan iftitah, jadi siapa yang menyuruh ini bacaan iftitah?
Kenapa tidak dibaca saat sujud?
Apa mas Cahnya ... maaf..... ngawur?
(Mas cahya)
Klo mb wn sendiri sholatnya apa harus mempelajari haditsnya dulu?
Kalau yang saya tau, sebelum hadits tentang sholat di tulis, orang2 muslim juga sudah melaksanakan sholat.. dan nabi2 sebelum Muhammad-pun juga sudah melaksanakan sholat.. hadits mana yang mereka gunakan seandainya sumber utama ajaran tentang sholat itu dari hadits?
(whe~en)
Saya tidak membicarakan mana yang lebih dulu dan mana yang belakangan. Karena saya diajari sholat ketika masih kecil, saya sholat mengikuti guru dan orang tua saya, tapi ketika saya mengenal Islam lebih dalam, saya sholat Insya Allah mengikuti Rasulullah,
Kaidah atau dalil yang saya gunakan adalah:
1. 1. "Dan tidaklah patut bagi laki-laki maupun perempuan mu'min, apabila Allah dan Rasul-Nya menetapkan suatu ketetapan dalam urusan mereka, mereka memilih pilihan lain. Barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, sungguh, dia telah nyata-nyata sesat." (Q.S. Al Ahzab: 36)
2. 2.QS An Najm(54) :4
Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan .
3. 3. "Sholatlah sebagaimana kamu melihat aku sholat" (HR Bukhari)
Jadi, berdasarkan point 2 diatas, menurut pendapat saya, hadits Rasulullah soal tatacara dan bacaan sholat adalah berasal dari Allah, bukan ciptaan Rasulullah, Rasulullah tidak mengada ada.
Bagaimana menurut mas Cahya?
Dari QS An Najm ayat 4, apa yang diucapkan Rasulullah adalah wahyu yang berasal dari Allah, apakah semua ucapan Rasulullah tercantum di dalam Al Qur'an?
Jawaban saya tidak.
Jadi, menurut saya, ada firman / wahyu Allah yang tidak tercantum di dalam Al Qur'an, yaitu ucapan Rasulullah seperti QS An Najm : 4
Jadi kenapa mas Cahya menjawan tidak ada:
jadi jawaban Adakah Firman Allah yang tidak tercantum di dalam Al
Qur'an? ya Gak Ada..
Kenapa mas Cahya berbeda dengan Allah?
Satu pertanyaan lagi ke mas cahya soal quote ayat sbb:
6/115.. Telah tammat (sempurna) Kalimat Tuhanmu
dengan benar dan adil, tidak ada perubahan bagi Kalimat-Kalimat-NYA.
Dan DIA Maha Mendengar lagi Mengetahui.
(Whe~en)
QS Al An'aam : 115
Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merobah robah kalimat-kalimat-Nya dan Dia lah yang Maha Mendenyar lagi Maha Mengetahui.
Pertanyaan saya:
Dari ayat tersebut, yang diquote sendiri oleh mas cahya, mana yang menjelaskan bahwa firman Allah semua tercantum di dalam Al Qur'an?
Karena saya tidak menemukannya.
Saya tunggu jawaban dari mas Cahya
Thanks & regards
Whe~en
Kalau ikan air tawar gimana mba? Apa mba wheen gak makan? J
(mb whn)
"Yang jelas, qs an najm ayat 1 menjelaskan Rasul tidak keliru, jadi tidak keliru juga saat bersabda."
Sepakat mba.. namun pemahaman ayatnya yang perlu lebih dimengerti..
Untuk soal makanan dari sembelihan itu haram atau halal, Alquran menerangkan kriterianya yaitu bagaimana hewan itu disembelih, apakah dengan menyebut nama Allah atau tidak.
2/173: Sesungguhnya diharamkan atasmu, bangkai (mayat) dan darah dan daging babi serta yang disembelih tanpa Nama Allah. Maka siapa yang terpaksa tanpa mencari-cari dan tidak mengulangi, maka tiada dosa atasnya. Sesungguhnya Allah Pengampun Penyayang.
Namun, hal itu belumlah cukup, bagaimana jika yang menyembelih bukan orang mukmin, tetapi dengan mengucapkan Bismillah, apakah hewan yang disembelihnya itu halal?
18/105: Itulah orang-orang yang kafir dengan Ayat-Ayat Tuhan mereka dan pertemuan dengan-NYA, maka hapuslah (lenyaplah) amal mereka. Maka tidak akan didirikan untuk mereka pada Hari Kiamat suatu timbangan (Neraca).
6/88: Demikianlah petunjuk Allah, DIA tunjuki dengannya siapa yang DIA kehendaki dari hamba-hamba-NYA. Kalau mereka menserikatkan, akan DIA hapuskan (lenyapkan) dari mereka apa yang telah mereka kerjakan.
Dll, msh banyak ayat2 yang mengatakan akan lenyap dan hapus amalan mereka. Jika amalannya saja lenyap, apalagi hanya ucapan bismillahnya.. Lalu halalkah sembelihannya?
Jika orang yang menyembelih itu jelas orang kafir, mungkin agak gampang bagi kita untuk menghindarinya, namun jika yang meyembelih itu orang yang beragama islam apakah serta merta sembelihannya halal? Belum tentu, karena orang islam itu belum tentu mukmin.. Allah sudah membuat kriteria sendiri untuk dapat dikatakan seorang mukmin.. dan kriterianya itu terdapat dalam Alquran.. Beberapa kriteria seorang Mukmin yang Allah terangkan al:
8/2-4: Sesungguhnya orang-orang Mukmin itu adalah, ketika di-ingatkan Allah gemetar (takut) Qolbunya (hatinya) dan ketika di analisakan atas mereka Ayat-Ayat-NYA bertambah imannya, dan kepada Tuhannya mereka bertawakkal (menyerahkan diri = mewakilkan dirinya tentang persoalan yang di hadapi). Orang-orang yang mendirikan Shalat dan dari apa yang DIA berikan pada mereka di-nafkahkan (di-infaqkan). Itulah orang-orang Mukmin yang hak (logis/benar), bagi mereka derajat pada sisi Tuhan mereka, dan pengampunan serta rezki yang mulia. ;
19/58: Itulah orang-orang yang Allah beri nikmat atas mereka dari Nabi-Nabi dari keturunan Adam dan dari yang Kami bawa bersama Nuh dan dari keturunan Ibrahim dan Israil dan dari yang Kami beri petunjuk dan yang Kami pilih. Ketika dianalisakan atas mereka Ayat-Ayat Arrahmaan, mereka rebah bersujud dan menangis.
22/35: Orang-orang yang ketika di-ingatkan Allah gemetar hati mereka, dan tabah (sabar) atas apa yang menimpa mereka serta mendirikan Shalat dan menafkahkan apa yang diberikan kepadanya.
32/15: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami, adalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat (Kami), mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhannya, sedang mereka tidak menyombongkan diri.
39/23: Allah menurunkan hadis yang lebih bagus, selaku kitab (ketetapan) yang disamarkan ber-ulang-ulang yang menegakkan bulu roma pada kulit orang-orang yang takut pada Tuhan mereka. Kemudian jadi lembut kulit mereka dan juga Qolbu mereka kepada dzikir (memikirkan) Allah. Itulah petunjuk Allah, yang ditunjuki dengannya siapa yang DIA kehendaki. Dan siapa yang Allah sesatkan, maka tiada baginya yang menunjuki.
Dll.. dari sekian banyak ayat2 tadi, mungkin baru sedikit orang yang termasuk kriteria itu, kita juga bisa menilai diri sendiri, apakah kita sudah termasuk beriman sebagaimana yang disyaratkan oleh Allah?
Untuk sholat, yg dari awal aja dulu ya.. bacaannya,
Bacaan iftitah dalam alquran: 6/79, 6/162 & 163
Klo mba wn iftitahnya bagaimana?
Alfatihahnya apa ada di hadits? J
Maap mb wn, saya blm belajar hadits tentang sholat, tapi insyaallah saya bisa melaksanakan sholat dan berusaha agar sesuai alquran..
Klo mb wn sendiri sholatnya apa harus mempelajari haditsnya dulu?
Kalau yang saya tau, sebelum hadits tentang sholat di tulis, orang2 muslim juga sudah melaksanakan sholat.. dan nabi2 sebelum Muhammad-pun juga sudah melaksanakan sholat.. hadits mana yang mereka gunakan seandainya sumber utama ajaran tentang sholat itu dari hadits?
Salam.
Icay
-----Original Message-----
From: milis_iqra@googlegroups.com [mailto:milis_iqra@googlegroups.com] On Behalf Of whe.en9999@gmail.com
Sent: 01 Maret 2011 16:47
To: milis_iqra@googlegroups.com
Subject: Re: [Milis_Iqra] Adakah Firman Allah yang tidak tercantum di dalam AlQur'an? (2)
Maaf mas, I can say nothing.
Kalau saya kenapa boleh makan ikan ya karena dalil dari hadits laut itu suci dan mensucikan.
Bukan karena pemikiran mas cahya.
Apakah mas cahya makan hati dan limpa?
Haram apa halal?
Kenapa?
Kalau saya, karena Rasul menjelaskan itu halal, dalilnya Insya Allah saya quotekan besok, Kalau mas cahya?
Yang jelas, qs an najm ayat 1 menjelaskan Rasul tidak keliru, jadi tidak keliru juga saat bersabda.
Apa ini pernyatan tidak langsung mas cahya tidak percaya hadits?
Wallahu a'lam
Saya minta tolong, tunjukkan sholat lima waktu, jumlah rakaat, tatacara sholat dan bacaannya di Al qur'an mas.
Regards
Whe-en
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
-----Original Message-----
From: Ikhwan Tjahyadi <ikhwan.cahya@gmail.com>
Sender: milis_iqra@googlegroups.com
Date: Tue, 1 Mar 2011 16:38:25
To: <milis_iqra@googlegroups.com>
Reply-To: milis_iqra@googlegroups.com
Subject: Re: [Milis_Iqra] Adakah Firman Allah yang tidak tercantum di dalam Al Qur'an? (2)
mba, di ayat yang mba wheen berikan tidak ada kata2 haditsnya..
Tidaklah sesat temanmu (Muhammad) dan tidak pula keliru. Dan dia tidak bicara tentang hawa. Bahwa dia melainkan wahyu yang diwahyukan.
Menurut Mba Wheen Tata Cara Sholat itu tercantum di mana ya?
Untuk masalah ikan, saya makan ikan. Tapi mungkin mba wheen mau lebih mendalami pemahaman ayat Alqurannya, jangan semuanya langsung asal "telan" bulat-bulat. Ayat alquran memang ada yang bisa langsung dicerna tetapi ada yang masih perlu pemahaman dan penalaran. Disitulah fungsi akal.
perhatikan contoh ayat berikut;
22/36: Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syiar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta.
Demikianlah Kami telah menundukkan unta-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur.
Apakah mba wheen mau lagsung memakan unta2 yang baru disembelih itu tanpa diolah dulu? Di Alquran juga tidak dijelaskan bagaimana mengolah makanan yang akan kita makan itu. Terserah mau dimasak apa.
Masalah haram dan halal tentang bangkai bukanlah masalah ikan atau bukan, tetapi yang meyebabkan halal dan haramnya adalah unsur "Darah".
Struktur darah binatang darat berbeda dengan struktur darah ikan. Jika binatang darat mati, darahnya akan langsung membeku disekujur tubuhnya, tetapi ketika ikan mati, darahnya akan terkumpul di jantungnya, atau tetap bisa mengalir.
Salam,
icay
On 3/1/11, whe - en <whe.en9999@gmail.com> wrote:
> (ikhwan Tjahyadi)
> jadi jawaban Adakah Firman Allah yang tidak tercantum di dalam Al
> Qur'an? ya Gak Ada..
>
> (whe~en)
> itu kan menurut mas Tjahyadi,
> kalau saya sich lebih percaya Allah seperti tercantum dalam QS An Najm.
>
> *Kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak pula keliru, ,**Tiadalah**
> yang diucapkannya itu (al-Quran dan al-Hadist) menurut kemauan hawa nafsunya.
> Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).*
> (QS an-Najm [53]: 2-4).
>
> Jadi ucapan Rasulullah itu ya wahyu dari Allah.
>
> Kalau tidak ada firman Allah selain yang tercantum di Al Qur'an,
> bagaimana mas Tjahyadi sholat?
> di Al Qur'an tidak disebutkan tata cara sholat?
>
> Apakah Rasulullah mengada ada dalam bacaan dan gerakan sholat menurut
> mas Tjahyadi, jika bukan dari Allah?
>
> trus mas Tjahyadi makan ikan ga?
> di Al qur'an disebutkan diharamkan bangkai, kecuali mas Tjahyadi punya
> kolam sendiri, setiap mau makan ikan mancing trus disembelih dech
> karena keterangan boleh makan ikan walaupun sudah mati tanpa
> disembelih itu di hadits.
> *"Artinya : Laut itu suci airnya dan halal bangkainya".: [Shahih.
> Lihat takhrijnya dalam Al-Furqan 26 edisi 3/Th 11]* apakah dalam hal
> ini Rasul mengada ada? bukan dari Allah asalnya?
>
> regards
> whe~en
>
>
> 2011/3/1 Ikhwan Tjahyadi <ikhwan.cahya@gmail.com>
>
>> klo saya sih percaya 6/115.. Telah tammat (sempurna) Kalimat Tuhanmu
>> dengan benar dan adil, tidak ada perubahan bagi Kalimat-Kalimat-NYA.
>> Dan DIA Maha Mendengar lagi Mengetahui.
>>
>> jadi jawaban Adakah Firman Allah yang tidak tercantum di dalam Al
>> Qur'an? ya Gak Ada..
>>
>> Salam
>> Icay
>>
>> On 3/1/11, whe - en <whe.en9999@gmail.com> wrote:
>> > *makna hadits qudsi dan perbedaannya dengan al-Qur'an*
>> >
>> > Posted by abumujahidah
>> > <http://abumujahidah.com/author/abumujahidah/> on March 19, 2010 0
>> > Comment<
>> http://abumujahidah.com/2010/03/makna-hadis-qudsi-dan-perbedaannya-de
>> ngan-al-quran/#respond
>> >
>> >
>> >
>> >
>> > Hadis qudsi adalah apa-apa yang diriwayatkan oleh Nabi *sholallohu
>> > alaihi
>> > wassalam* dari rabb-Nya, makna hadis tersebut dari Alloh ta'ala
>> > sedangkan lafadznya dari Nabi s*holallohu alaihi wassalam*.
>> > (Berbeda dengan
>> al-Qur'an
>> > yang lafadz dan maknanya dari Alloh ta'ala). hal ini disebabkan dua hal:
>> >
>> >
>> >
>> > 1- Jika hadis qudsi makna dan lafadznya dari Alloh ta'ala niscaya
>> > ia
>> lebih
>> > tinggi drajat sanadnya dibandingkan al-Qur'an, karena Nabi
>> > *sholallohu alaihi wassalam* meriwayatkannya langsung tanpa perantara dari Rabb.
>> > sedangkan al-Qur'an turun kepada Rosululloh *sholallohu alaihi
>> > wassalam*dengan perantara jibril a
>> > *laihissalam* sebagaimana firman Alloh ta'ala:"Katakanlah: "Ruhul
>> > Qudus
>> > (Jibril) menurunkan Al Qur'an itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk
>> > meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi
>> > petunjuk
>> serta
>> > kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)". (QS.
>> > an-nahl 102)
>> >
>> >
>> >
>> > Dia berfirman "Dan sesungguhnya Al Qur'an ini benar-benar
>> > diturunkan oleh Tuhan semesta alam,dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al
>> > Amin (Jibril)." (QS.
>> > as-Syu'aro 192-193)
>> >
>> >
>> >
>> > 2- Jika lafadz hadis qudsi itu dari Alloh berarti tidak ada
>> > perbedaan
>> dengan
>> > al-Qur'an yang akan mengandung persamaan antara keduanya dalam
>> > hukum
>> karena
>> > persamaan asalnya.
>> >
>> >
>> >
>> > Di sana ada perbedaan antara al-Qur'an dan hadis qudsi yang sudah
>> diketahui
>> > oleh khalayak umum, yaitu:
>> >
>> > 1. Membaca hadis qudsi tidak termasuk ibadah yang setiap hurufnya.
>> sedangkan
>> > membaca al-Qur'an merupakan ibadah yang setiap hurufnya akan
>> > mendapatkan pahala sepuluh kebaikan.
>> >
>> > 2. Alloh ta'ala menentang manusia untuk mendatangkan walau hanya
>> > satu
>> ayat
>> > semisal (menunjukan al-Qur'an itu benar-benar datang dari Alloh)
>> > dan hal
>> ini
>> > tidak ada dalam hadis qudsi.
>> >
>> > 3. Al-Qur'an itu akan tetap terjaga sebagaimana firman Alloh:"
>> Sesungguhnya
>> > Kami-lah yang menurunkan Al Qur'an, dan sesungguhnya Kami
>> > benar-benar memeliharanya." (QS.al-Hijr: 9). Sedangkan hadis qudsi
>> > ada yang shohih, hasan, dho'if bahkan palsu.
>> >
>> > 4. Al-Qur'an tidak boleh di baca secara maknanya sebagaimana ijma'
>> > kaum muslimin. sedangkan hadis qudsi di perbolehkan.
>> >
>> > 5. Al-Qur'an di syari'atkan membacanya di dalam sholat bahkan ada
>> > sholat yang tidak sah tanpa membacanya (alfatihah) berbeda halnya
>> > dengan hadis qudsi.
>> >
>> > 6. Al-Qur'an tidak boleh di pegang kecuali orang yang suci (berwudhu).
>> > berbeda halnya dengan hadis qudsi.
>> >
>> > 7. Al-Qur'an tidak diperkenankan dibaca oleh orang yang junub.
>> > berbeda halnya dengan hadis qudsi.
>> >
>> > 8. Bahwasannya al-Qur'an telah tsabat dengan mutawatir secara qot'i
>> (pasti)
>> > yang mengandung faidah ilmu yang menyakinkan. Dan barangsiapa
>> > mengingkari satu huruf yang di sepakti oleh para al-Quro maka ia
>> > kafir. Sedangkan
>> hadis
>> > qudsi, jika ada yang mengingkari sesuatu darinya karena menganggap
>> > tidak tsabat maka ia tidak kafir kecuali dia mengingkarinya
>> > sepengetahuan dia bahwa Nabi memang berkata seperti itu maka ia kafir karena kedustaannya.
>> >
>> >
>> >
>> > Di terjemahkan dan di ringkas dari: Kitab al-Qaulul mufid karya
>> > Syaikh Muhammad bin sholih al-utsaimin, halaman 53-54. Cetakan Dar
>> > ibnu aljauzi.
>> > cetakan kedua 1424 H.
>> >
>> >
>> >
>> > LIPIA – Jakarta selatan – 19 Maret 2010 Abu mujahidah alghifari
>> > ibnu wurjan
>> >
>> >
>> http://abumujahidah.com/2010/03/makna-hadis-qudsi-dan-perbedaannya-de
>> ngan-al-quran
>> > /
>> >
>> >
>> > 2011/3/1 whe - en <whe.en9999@gmail.com>
>> >
>> >> Hadits Qudsi <
>> http://www.darussalam-okus.co.cc/2010/09/hadits-qudsi.html>
>> >> Pada
>> >> kajian ilmu hadits kali ini, sengaja kami ketengahkan masalah
>> >> Hadîts Qudsiy yang tentunya sudah sering didengar atau dibaca
>> >> tentangnya namun barangkali ada sebagian kita yang belum
>> >> mengetahuinya secara jelas.
>> >> Untuk itu, kami akan membahas tentangnya secara ringkas namun
>> >> terperinci insya Allah, semoga bermanfa'at.
>> >>
>> >> *Definisi*
>> >> Secara bahasa (Etimologis), kata *القدسي* dinisbahkan kepada kata
>> >> *القدس *(suci).
>> >> Artinya, hadits yang dinisbahkan kepada Dzat yang Maha suci, yaitu
>> >> Allah Ta'ala.
>> >> Dan secara istilah (terminologis) definisinya adalah *ما نقل إلينا
>> >> عن النبي صلى الله عليه وسلم مع إسناده إياه إلى ربه عز
>> >> وجل*
>> >> Sesuatu (hadits) yang dinukil kepada kita dari Nabi Shallallâhu
>> >> 'alaihi
>> Wa
>> >> Sallam yang disandarkan beliau kepada Rabb-nya.
>> >>
>> >> *Perbedaan Antara Hadîts Qudsiy Dan al-Qur`an
>> >> * Terdapat perbedaan yang banyak sekali antara keduanya,
>> >> diantaranya
>> >> adalah:
>> >> 1. Bahwa lafazh dan makna al-Qur`an berasal dari Allah Ta'ala
>> >> sedangkan Hadîts Qudsiy tidak demikian, alias maknanya berasal
>> >> dari Allah Ta'ala namun lafazhnya berasal dari Nabi Shallallâhu
>> >> 'alaihi Wa Sallam.
>> >> 2. Bahwa membaca al-Qur`an merupakan ibadah sedangkan Hadîts
>> >> Qudsiy
>> tidak
>> >> demikian.
>> >> 3. Syarat validitas al-Qur'an adalah at-Tawâtur (bersifat
>> >> mutawatir) sedangkan Hadîts Qudsiy tidak demikian.
>> >>
>> >> *Jumlah Hadîts-Hadîts Qudsiy*
>> >> Dibandingkan dengan jumlah hadits-hadits Nabi, maka Hadîts Qudsiy
>> >> bisa dibilang tidak banyak. Jumlahnya lebih sedikit dari 200 hadits.
>> >>
>> >> *Contoh*
>> >> Hadits yang diriwayatkan Imam Muslim di dalam kitab Shahîh-nya
>> >> dari Abu Dzarr radliyallâhu 'anhu dari Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa
>> >> Sallam pada
>> apa
>> >> yang diriwayatkan beliau dari Allah Ta'ala bahwasanya Dia
>> >> berfirman, *يَا عِبَادِي إِنِّي حَرَّمْتُ الظُّلْمَ عَلَى نَفْسِي
>> >> وَجَعَلْتُهُ بَيْنَكُمْ مُحَرَّمًا فَلاَ تَظَالَمُوْا* "Wahai para
>> >> hamba-Ku, sesungguhnya Aku telah mengharamkan perbuatan
>> zhalim
>> >> atas diri-Ku dan menjadikannya diantara kamu diharamkan, maka
>> >> janganlah kamu saling menzhalimi (satu sama lain)." (HR.Muslim)
>> >>
>> >> *Lafazh-Lafazh Periwayatannya
>> >> * Bagi orang yang meriwayatkan Hadîts Qudsiy, maka dia dapat
>> >> menggunakan salah satu dari dua lafazh-lafazh periwayatannya:
>> >> 1. *قال رسول الله صلى الله عليه وسلم فيما يرويه عن ربه عز وجل*
>> >> Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam pada apa yang
>> >> diriwayatkannya dari Rabb-nya 'Azza Wa Jalla 2. *قال الله تعالى،
>> >> فيما رواه عنه رسول الله صلى الله عليه وسلم *Allah Ta'ala
>> >> berfirman, pada apa yang diriwayatkan Rasulullah
>> Shallallâhu
>> >> 'alaihi Wa Sallam dari-Nya
>> >>
>> >> Buku Mengenai Hadîts Qudsiy
>> >> Diantara buku yang paling masyhur mengenai Hadîts Qudsiy adalah
>> >> kitab
>> >> * الاتحافات السنية بالأحاديث القدسية *(al-Ithâfât as-Saniyyah Bi
>> >> al-Ahâdîts al-Qudsiyyah) karya 'Abdur Ra`uf al-Munawiy. Di dalam
>> >> buku
>> ini
>> >> terkoleksi 272 buah hadits.
>> >>
>> >>
>> >> (SUMBER: Buku *Taysîr Musthalah al-Hadîts*, karya DR.Mahmûd
>> >> ath-Thahhân,
>> >> h.127-128)
>> >> http://www.darussalam-okus.co.cc/2010/09/hadits-qudsi.html
>> >>
>> >> --
>> >> ~~~~~
>> >> Whe~en
>> >> http://wheen.blogsome.com/
>> >>
>> >> "Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku
>> >> urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka
>> >> mengerti perkataanku."
>> >> (QS 20 : 25-28)
>> >> "Ya Allah jadikan Aku hamba yang selalu bersyukur dan penyabar"
>> >>
>> >>
>> >
>> > --
>> >
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=
>> -=-=-=-=-=-
>> > Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>> > dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl
>> > :125
>> >
>> > Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan
>> > yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>> >
>> > Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>> > Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>> > Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>> > Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>> >
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=
>> -=-=-=-=-=-
>>
>> --
>>
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=
>> -=-=-=-=-=- Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran
>> yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16
>> an-Nahl :125
>>
>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>
>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>>
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=
>> -=-=-=-=-=-
>
>
>
>
> --
> ~~~~~
> Whe~en
>
> "Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku
> urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka
> mengerti perkataanku." (QS
> 20 : 25-28)
> "Ya Allah jadikan Aku hamba yang selalu bersyukur dan penyabar"
>
> --
> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-
> =-=-=-=-=- Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran
> yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16
> an-Nahl :125
>
> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>
> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-
> =-=-=-=-=-
--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
--
http://wheen.blogsome.com/
"Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku." (QS 20 : 25-28)
"Ya Allah jadikan Aku hamba yang selalu bersyukur dan penyabar"
--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
No comments:
Post a Comment