> Temen2,,,,,,
>
> beginilah orang jawa timur kalo ngomong, kakeyan ngakak :))
> yowis, met kenalan mbak....besok2 ngakaknya dikurangi :D
>
> ngomong2 "di produksiku" iki opo seh mbak? koyok nang pabrik ae kok onok
> line produksi hehe?
>
> Kalo mas Rosyidi, itu dari Jogya, beliau kalemmmm...ojok koar2 yooo didepan
> beliau :))
> nanti kagett, semaputt :))
Rosyid :
Wah belum tahu dia Tik reputasiku,kakaka...tukang bikin geger di kantor,kakakaka
>
> Sorry temen2 yg lain kalo terganggu yo...hari2 weekend harus ada canda2
> dikitlah, biar gak penattt...biar pada saling kenal satu dengan lain..
> biar gak tegang terusss....serius terusss....kalem2
>
> Salam,
> Erwin
>
> 2011/5/6 astikirna murtiningsih <astikirna@gmail.com>
>
>> Wakakakka.. emang dikantor, saya diganggap cewek mas..? wakakaka... ga
>> diakui.. secara gitu laki semua di produksiku.. :D *mengingatkan mas
>> rosyid..
>>
>> Kan Pak erwin belum kenalan sama saya.. jadi wajar klo belum tau, ya ga
>> pak?.. *colek pak erwin :)
>>
>>
>>
>> 2011/5/6 astikirna murtiningsih <astikirna@gmail.com>
>>
>>> Iya Pak Erwin.. saya pun juga jadi lebih banyak belajar untuk menilai
>>> sesuatu itu tidak hanya dari satu sisi saja.. saat pertama yang kita dpt
>>> adalah tentang keburukan / kejelekan, tidak salahnya kita mencari tau
>>> sisi
>>> baiknya... itu lebih baik bukan dr pada mencari2 keburukannya..
>>>
>>> Oh ya salam kenal ya pak... sama2 dari jawa timur ni.. *salaman* :D
>>>
>>>
>>> Regards,
>>>
>>> Astikirna
>>>
>>> 2011/5/6 Erwin Bayu Aji <erwinbayu@gmail.com>
>>>
>>>> Cerita dan kisah perjuangan yg rinci dan detail...baru ini saya tahu
>>>> detail banget...Makasih Mas Astikirna atas emailnya....
>>>>
>>>> Saya dulu sempat mencari2 buku masalah "pemberontakan" PKI juga, krn
>>>> ingin tahu sisi sejarah dan latar belakangnya...krn kalo lihat buku
>>>> sejarah
>>>> SD, SMP atau SMA, kayaknya cerita pemberontak;an tsb sptnya ada yg
>>>> salah...Setelah dicari2, ktemu buku lain yg bahasannya PKI itu
>>>> direkayasa
>>>> oleh CIA, intellegent dll, darisitu ternyata aku bisa mengambil 2 sisi
>>>> cerita yg berbeda, minimal tambah referensi, bisa membandingkan dg buku2
>>>> sejarah SD dll..
>>>>
>>>> Salam, Erwin
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2011/5/6 astikirna murtiningsih <astikirna@gmail.com>
>>>>
>>>>> *Siapa S.M. Kartosoewirjo ?*
>>>>>
>>>>> http://members.tripod.com/darul_islam/
>>>>>
>>>>> [image: SM Kartosoewirjo]
>>>>>
>>>>> Tokoh yang satu ini, menurut berbagai pandangan masyarakat bangsa
>>>>> Indonesia saat ini adalah seorang pemberontak. Citranya sebagai
>>>>> "pemberontak", terlihat ketika dirinya berusaha menjadikan negara
>>>>> Indonesia
>>>>> menjadi sebuah Negara Islam. Namun sangatlah aneh, perjuangan yang
>>>>> dilakukannya itu justru mendapat sambutan yang luar biasa dari
>>>>> daerah-daerah
>>>>> lain di Indonesia, seperti di Jawa Tengah, di Sulawesi Selatan, di
>>>>> Kalimantan, dan di Aceh.
>>>>>
>>>>> Timbul satu pertanyaan, benarkah dia itu penjahat perang sebagaimana
>>>>> yang dinyatakan oleh pemerintah? Atau mungkin ini sebuah penilaian yang
>>>>> sangat subjektif dari pemerintah yang ingin berusaha melanggengkan
>>>>> kekuasaan
>>>>> tiraninya terhadap rakyat Indonesia. Sehingga diketahui, pemerintah
>>>>> sendiri
>>>>> ketika selesai menjatuhkan vonis hukuman mati terhadapnya, tidak
>>>>> memberitahukan sedikit pun keterangan kepada pihak keluarganya di mana
>>>>> pusaranya berada.
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> *Siapa S.M. Kartosoewirjo?*
>>>>>
>>>>> Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo demikian nama lengkap dari
>>>>> Kartosoewirjo, dilahirkan 7 Januari 1907 di Cepu, sebuah kota kecil
>>>>> antara
>>>>> Blora dan Bojonegoro yang menjadi daerah perbatasan Jawa Timur dengan
>>>>> Jawa
>>>>> Tengah. Kota Cepu ini menjadi tempat di mana budaya Jawa bagian timur
>>>>> dan
>>>>> bagian tengah bertemu dalam suatu garis budaya yang unik.
>>>>>
>>>>> Ayahnya, yang bernama Kartosoewirjo, bekerja sebagai mantri pada kantor
>>>>> yang mengkoordinasikan para penjual candu di kota kecil Pamotan, dekat
>>>>> Rembang. Pada masa itu mantri candu sederajat dengan jabatan Sekretaris
>>>>> Distrik. Dalam posisi inilah, ayah Kartosoewirjo mempunyai kedudukan
>>>>> yang
>>>>> cukup penting sebagai seorang pribumi saat itu, menimbulkan pengaruh
>>>>> yang
>>>>> sangat besar terhadap pembentukan garis sejarah anaknya. Kartosoewirjo
>>>>> pun
>>>>> kemudian mengikuti tali pengaruh ini hingga pada usia remajanya.
>>>>>
>>>>> Dengan kedudukan istimewa orang tuanya serta makin mapannya "gerakan
>>>>> pencerahan Indonesia" ketika itu, Kartosoewirjo dibesarkan dan
>>>>> berkembang.
>>>>> Ia terasuh di bawah sistem rasional Barat yang mulai dicangkokkan
>>>>> Belanda di
>>>>> tanah jajahan Hindia. Suasana politis ini juga mewarnai pola asuh orang
>>>>> tuanya yang berusaha menghidupkan suasana kehidupan keluarga yang
>>>>> liberal.
>>>>> Masing-masing anggota keluarganya mengembangkan visi dan arah
>>>>> pemikirannya
>>>>> ke berbagai orientasi. Ia mempunyai seorang kakak perempuan yang
>>>>> tinggal di
>>>>> Surakarta pada tahun 50-an yang hidup dengan penuh keguyuban, dan
>>>>> seorang
>>>>> kakak laki-laki yang memimpin Serikat Buruh Kereta Api pada tahun
>>>>> 20-an,
>>>>> ketika di Indonesia terbentuk berbagai Serikat Buruh.
>>>>>
>>>>> Pada tahun 1911, saat para aktivis ramai-ramai mendirikan organisasi,
>>>>> saat itu Kartosoewirjo berusia enam tahun dan masuk Sekolah ISTK
>>>>> (Inlandsche
>>>>> School der Tweede Klasse) atau Sekolah "kelas dua" untuk kaum Bumiputra
>>>>> di
>>>>> Pamotan. Empat tahun kemudian, ia melanjutkan sekolah ke HIS
>>>>> (Hollandsch-Inlandsche School) di Rembang. Tahun 1919 ketika orang
>>>>> tuanya
>>>>> pindah ke Bojonegoro, mereka memasukkan Kartosoewirjo ke sekolah ELS
>>>>> (Europeesche Lagere School). Bagi seorang putra "pribumi", HIS dan ELS
>>>>> merupakan sekolah elite. Hanya dengan kecerdasan dan bakat yang khusus
>>>>> yang
>>>>> dimiliki Kartosoewirjo maka dia bisa masuk sekolah yang direncanakan
>>>>> sebagai
>>>>> lembaga pendidikan untuk orang Eropa dan kalangan masyarakat
>>>>> Indo-Eropa.
>>>>>
>>>>> Semasa remajanya di Bojonegoro inilah Kartosoewirjo mendapatkan
>>>>> pendidikan agama dari seorang tokoh bernama Notodihardjo yang menjadi
>>>>> "guru"
>>>>> agamanya. Dia adalah tokoh Islam modern yang mengikuti Muhammadiyah.
>>>>> Tidak
>>>>> berlebihan ketika itu, Notodihardjo sendiri kemudian menanamkan banyak
>>>>> aspek
>>>>> kemodernan Islam ke dalam alam pikir Kartosoewirjo.
>>>>> Pemikiran-pemikirannya
>>>>> sangat mempengaruhi bagaimana Kartosoewirjo bersikap dalam merespon
>>>>> ajaran-ajaran agama Islam. Dalam masa-masa yang bisa kita sebut sebagai
>>>>> the
>>>>> formative age-nya.
>>>>>
>>>>> Pada tahun 1923, setelah menamatkan sekolah di ELS, Kartosoewirjo pergi
>>>>> ke Surabaya melanjutkan studinya pada Nederlandsch Indische Artsen
>>>>> School
>>>>> (NIAS), Sekolah Kedokteran Belanda untuk Pribumi. Pada saat kuliah
>>>>> inilah
>>>>> (l926) ia terlibat dengan banyak aktivitas organisasi pergerakan
>>>>> nasionalisme Indonesia di Surabaya.
>>>>>
>>>>> Selama kuliah Kartosoewirjo mulai berkenalan dengan pemikiran-pemikiran
>>>>> Islam. Ia mulai "mengaji" secara serius. Saking seriusnya, ia kemudian
>>>>> begitu "terasuki" oleh shibghatullah sehingga ia kemudian menjadi Islam
>>>>> minded. Semua aktivitasnya kemudian hanya untuk mempelajari Islam
>>>>> semata dan
>>>>> berbuat untuk Islam saja. Dia pun kemudian sering meninggalkan
>>>>> aktivitas
>>>>> kuliah dan menjadi tidak begitu peduli dengan ilmu-ilmu yang diajarkan
>>>>> oleh
>>>>> sekolah Belanda, tentunya setelah ia mengkaji dan membaca banyak
>>>>> buku-buku
>>>>> dari berbagai disiplin ilmu, dari kedokteran hingga ilmu-ilmu sosial
>>>>> dan
>>>>> politik.
>>>>>
>>>>> Dengan modal ilmu-ilmu pengetahuan yang tidak sedikit itu, ditambah ia
>>>>> juga memasuki organisasi politik Sjarikat Islam di bawah pimpinan Haji
>>>>> Oemar
>>>>> Said Tjokroaminoto. Pemikiran-pemikiran Tjokroaminoto banyak
>>>>> mempengaruhi
>>>>> sikap, tindakan dan orientasi Kartosuwirjo. Maka setahun kemudian, dia
>>>>> dikeluarkan dari sekolah karena dituduh menjadi aktivis politik, dan
>>>>> didapati memiliki sejumlah buku sosialis dan komunis yang diperoleh
>>>>> dari
>>>>> pamannya yaitu Marko Kartodikromo, seorang wartawan dan sastrawan yang
>>>>> cukup
>>>>> terkenal pada zamannya. Sekolah tempat ia menimba ilmu tidak berani
>>>>> menuduhnya karena "terasuki" ilmu-ilmu Islam, melainkan dituduh
>>>>> "komunis"
>>>>> karena memang ideologi ini sering dipandang sebagai ideologi yang akan
>>>>> membahayakan. Padahal ideologi Islamlah yang sangat berbahaya bagi
>>>>> penguasa
>>>>> yang zhalim. Tidaklah mengherankan, kalau Kartosuwirjo nantinya tumbuh
>>>>> menjadi pribadi yang memiliki kesadaran politik sekaligus memiliki
>>>>> integritas keislaman yang tinggi. Ia adalah seorang ulama besar, bahkan
>>>>> kalau kita baca tulisan-tulisannya, kita pasti akan mengakuinya sebagai
>>>>> seorang ulama terbesar di Asia Tenggara.
>>>>>
>>>>> *Aktivitas Kartosoewirjo*
>>>>>
>>>>> Semenjak tahun 1923, dia sudah aktif dalam gerakan kepemudaan, di
>>>>> antaranya gerakan pemuda Jong Java. Kemudian pada tahun 1925, ketika
>>>>> anggota-anggota Jong Java yang lebih mengutamakan cita-cita
>>>>> keislamannya
>>>>> mendirikan Jong Islamieten Bond (JIB). Kartosoewirjo pun pindah ke
>>>>> organisasi ini karena sikap pemihakannya kepada agamanya. Melalui dua
>>>>> organisasi inilah kemudian membawa dia menjadi salah satu pelaku
>>>>> sejarah
>>>>> gerakan pemuda yang sangat terkenal, "Sumpah Pemuda".
>>>>>
>>>>> Selain bertugas sebagai sekretaris umum PSIHT (Partij Sjarikat Islam
>>>>> Hindia Timur), Kartosoewirjo pun bekerja sebagai wartawan di koran
>>>>> harian
>>>>> Fadjar Asia. Semula ia sebagai korektor, kemudian diangkat menjadi
>>>>> reporter.
>>>>> Pada tahun 1929, dalam usianya yang relatif muda sekitar 22 tahun,
>>>>> Kartosoewirjo telah menjadi redaktur harian Fadjar Asia. Dalam
>>>>> kapasitasnya
>>>>> sebagai redaktur, mulailah dia menerbitkan berbagai artikel yang isinya
>>>>> banyak sekali kritikan-kritikan, baik kepada penguasa pribumi maupun
>>>>> penjajah Belanda.
>>>>>
>>>>> Ketika dalam perjalanan tugasnya itu dia pergi ke Malangbong. Di sana
>>>>> bertemu dengan pemimpin PSIHT setempat yang terkenal bernama Ajengan
>>>>> Ardiwisastera. Di sana pulalah dia berkenalan dengan Siti Dewi Kalsum
>>>>> putri
>>>>> Ajengan Ardiwisastera, yang kemudian dinikahinya pada bulan April tahun
>>>>> 1929. Perkawinan yang sakinah ini kemudian dikarunia dua belas anak,
>>>>> tiga
>>>>> yang terakhir lahir di hutan-hutan belantara Jawa Barat. Begitu
>>>>> banyaknya
>>>>> pengalaman telah menghantarkan dirinya sebagai aktor intelektual dalam
>>>>> kancah pergerakan nasional.
>>>>>
>>>>> Pada tahun 1943, ketika Jepang berkuasa di Indonesia, Kartosoewirjo
>>>>> kembali aktif di bidang politik, yang sempat terhenti. Dia masuk sebuah
>>>>> organisasi kesejahteraan dari MIAI (Madjlis Islam 'Alaa Indonesia) di
>>>>> bawah
>>>>> pimpinan Wondoamiseno, sekaligus menjadi sekretaris dalam Majelis
>>>>> Baitul-Mal
>>>>> pada organisasi tersebut.
>>>>>
>>>>> Dalam masa pendudukan Jepang ini, dia pun memfungsikan kembali lembaga
>>>>> Suffah yang pernah dia bentuk. Namun kali ini lebih banyak memberikan
>>>>> pendidikan kemiliteran karena saat itu Jepang telah membuka pendidikan
>>>>> militernya. Kemudian siswa yang menerima latihan kemiliteran di
>>>>> Institut
>>>>> Suffah itu akhirnya memasuki salah satu organisasi gerilya Islam yang
>>>>> utama
>>>>> sesudah perang, Hizbullah dan Sabilillah, yang nantinya menjadi inti
>>>>> Tentara
>>>>> Islam Indonesia di Jawa Barat.
>>>>>
>>>>> Pada bulan Agustus 1945 menjelang berakhirnya kekuasaan Jepang di
>>>>> Indonesia, Kartosoewirjo yang disertai tentara Hizbullah berada di
>>>>> Jakarta.
>>>>> Dia juga telah mengetahui kekalahan Jepang dari sekutu, bahkan dia
>>>>> mempunyai
>>>>> rencana: kinilah saatnya rakyat Indonesia, khususnya umat Islam,
>>>>> merebut
>>>>> kemerdekaannya dari tangan penjajah. Sesungguhnya dia telah
>>>>> memproklamasikan
>>>>> kemerdekaan pada bulan Agustus 1945. Tetapi proklamasinya ditarik
>>>>> kembali
>>>>> sesudah ada pernyataan kemerdekaan oleh Soekarno dan Mohammad Hatta.
>>>>> Untuk
>>>>> sementara waktu dia tetap loyal kepada Republik dan menerima dasar
>>>>> "sekuler"-nya.
>>>>>
>>>>> Namun sejak kemerdekaan RI diproklamasikan (17 Agustus 1945), kaum
>>>>> nasionalis sekulerlah yang memegang tampuk kekuasaan negara dan
>>>>> berusaha
>>>>> menerapkan prinsip-prinsip kenegaraan modern yang sekuler. Semenjak itu
>>>>> kalangan nasionalis Islam tersingkir secara sistematis dan hingga akhir
>>>>> 70-an kalangan Islam berada di luar negara. Dari sinilah dimulainya
>>>>> pertentangan serius antara kalangan Islam dan kaum nasionalis sekuler.
>>>>> Karena kaum nasionalis sekuler mulai secara efektif memegang kekuasaan
>>>>> negara, maka pertentangan ini untuk selanjutnya dapat disebut sebagai
>>>>> pertentangan antara Islam dan negara.
>>>>>
>>>>> Situasi yang kacau akibat agresi militer kedua Belanda, apalagi dengan
>>>>> ditandatanganinya perjanjian Renville antara pemerintah Republik dengan
>>>>> Belanda. Di mana pada perjanjian tersebut berisi antara lain gencatan
>>>>> senjata dan pengakuan garis demarkasi van Mook. Sementara pemerintah RI
>>>>> harus mengakui kedaulatan Belanda atas Indonesia, maka menjadi pil
>>>>> pahit
>>>>> bagi Republik. Tempat-tempat penting yang strategis bagi pasukannya di
>>>>> daerah-daerah yang dikuasai pasukan Belanda harus dikosongkan, dan
>>>>> semua
>>>>> pasukan harus ditarik mundur --atau "kabur" dalam istilah orang-orang
>>>>> DI--
>>>>> ke Jawa Tengah. Karena persetujuan ini, Tentara Republik resmi dalam
>>>>> Jawa
>>>>> Barat, Divisi Siliwangi, mematuhi ketentuan-ketentuannya. Soekarno
>>>>> menyebut
>>>>> "kaburnya" TNI ini dengan memakai istilah Islam, "hijrah". Dengan
>>>>> sebutan
>>>>> ini dia menipu jutaan rakyat Muslim. Namun berbeda dengan pasukan
>>>>> gerilyawan
>>>>> Hizbullah dan Sabilillah, bagian yang cukup besar dari kedua organisasi
>>>>> gerilya Jawa Barat, menolak untuk mematuhinya. Hizbullah dan Sabilillah
>>>>> lebih tahu apa makna "hijrah" itu.
>>>>>
>>>>> Pada tahun 1949 Indonesia mengalami suatu perubahan politik
>>>>> besar-besaran. Pada saat Jawa Barat mengalami kekosongan kekuasaan,
>>>>> maka
>>>>> ketika itu terjadilah sebuah proklamasi Negara Islam di Nusantara,
>>>>> sebuah
>>>>> negeri al-Jumhuriyah Indonesia yang kelak kemudian dikenal sebagai
>>>>> ad-Daulatul Islamiyah atau Darul Islam atau Negara Islam Indonesia yang
>>>>> lebih dikenal oleh masyarakat sebagai DI/TII. DI/TII di dalam sejarah
>>>>> Indonesia sering disebut para pengamat yang fobi dengan Negara Islam
>>>>> sebagai
>>>>> "Islam muncul dalam wajah yang tegang." Bahkan, peristiwa ini
>>>>> dimanipulasi
>>>>> sebagai sebuah "pemberontakan". Kalaupun peristiwa ini disebut sebagai
>>>>> sebuah "pemberontakan", maka ia bukanlah sebuah pemberontakan biasa. Ia
>>>>> merupakan sebuah perjuangan suci anti-kezhaliman yang terbesar di dunia
>>>>> di
>>>>> awal abad ke-20 ini. "Pemberontakan" bersenjata yang sempat menguras
>>>>> habis
>>>>> logistik angkatan perang Republik Indonesia ini bukanlah pemberontakan
>>>>> kecil, bukan pula pemberontakan yang bersifat regional, bukan
>>>>> "pemberontakan" yang muncul karena sakit hati atau kekecewaan politik
>>>>> lainnya, melainkan karena sebuah "cita-cita", sebuah "mimpi" yang
>>>>> diilhami
>>>>> oleh ajaran-ajaran Islam yang lurus.
>>>>>
>>>>> Akhirnya, perjuangan panjang Kartosoewirjo selama 13 tahun pupus
>>>>> setelah
>>>>> Kartosoewirjo sendiri tertangkap. Pengadilan Mahadper, 16 Agustur l962,
>>>>> menyatakan bahwa perjuangan suci Kartosoewirjo dalam menegakkan Negara
>>>>> Islam
>>>>> Indonesia itu adalah sebuah "pemberontakan". Hukuman mati kemudian
>>>>> diberikan
>>>>> kepada mujahid Kartosoewirjo.
>>>>>
>>>>> Tentang kisah wafatnya Kartosoewirjo, ternyata Soekarno dan A.H.
>>>>> Nasution cukup menyadari bahwa Kartosoewirjo adalah tokoh besar yang
>>>>> bahkan
>>>>> jika wafat pun akan terus dirindukan umat. Maka mereka dengan segala
>>>>> konspirasinya, didukung Umar Wirahadikusuma, berusaha menyembunyikan
>>>>> rencana
>>>>> jahat mereka ketika mengeksekusi Imam Negara Islam ini.
>>>>>
>>>>> Sekalipun jasad beliau telah tiada dan tidak diketahui di mana
>>>>> pusaranya
>>>>> berada karena alasan-alasan tertentu dari pemerintahan Soekarno, tapi
>>>>> jiwa
>>>>> dan perjuangannya akan tetap hidup sepanjang masa. Sejarah Indonesia
>>>>> telah
>>>>> mencatat walaupun dimanipulasi dan sekarang bertambah lagi dengan darah
>>>>> mujahid Asy-syahid S.M. Kartosoewirjo. HARI INI KAMI MENGHORMATIMU,
>>>>> BESOK
>>>>> KAMI BERSAMAMU! Insya Allah. Itulah makna dari firman Allah: "Dan
>>>>> janganlah
>>>>> kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah (bahwa
>>>>> mereka
>>>>> itu mati); bahkan sebenarnya mereka itu hidup, tetapi kamu tidak
>>>>> menyadarinya". (QS. 2:154).
>>>>>
>>>>> *(Al Chaidar, penulis buku Kartosoewirjo)*
>>>>>
>>>>> *(Dikutip dari
>>>>> **http://www.hidayatullah.com/sahid/9905/sejarah.html*<http://www.hidayatullah.com/sahid/9905/>
>>>>> * )*
>>>>>
>>>>>
>>>>> --
>>>>> Astik Kirna M
>>>>>
>>>>> --
>>>>>
>>>>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>>>>> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>>>>> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>>>>>
>>>>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>>>>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>>>>
>>>>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>>>>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>>>>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>>>>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>>>>>
>>>>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>>>>
>>>>
>>>> --
>>>>
>>>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>>>> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>>>> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>>>>
>>>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>>>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>>>
>>>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>>>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>>>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>>>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>>>>
>>>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>> --
>> Regards
>> Astik Kirna M
>>
>> --
>>
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>>
>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>
>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>>
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>>
>
> --
> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>
> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>
> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
No comments:
Post a Comment