Sunday, August 9, 2009

[Milis_Iqra] Re: Macam-Macam Bid'ah di Bulan Ramadhan

Pak Hadi,
Koq jadi saya yang disalahin karena bid'ah Pak?  Lagipula itu kan artikel saya ambil dari web muslim.or.id.
silahkan cek.
 
Kenapa banyak orang sensitif dengan kata "bid'ah", padahal nabi-pun bersabda soal bid'ah
1.  Saya cuma forward tulisan yang ada di web muslim.or.id
coba cek dengan teliti
2.  Istilah bid'ah memang sudah ada sejak jaman Nabi
dan Nabi sendiri yang bersabda soal bid'ah ini, saya tidak menciptakan kata kata baru.
Kenapa Pak Hadi tidak protes kepada Nabi yang sudah memberikan sunnah tentang bid'ah?
ini saya tuliskan beberapa dalil so'al bid'ah:
sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam
"Artinya : Janganlah kamu sekalian mengada-adakan urusan-urusan yang baru, karena sesungguhnya mengadakan hal yang baru adalah bid'ah, dan setiap bid'ah adalah sesat". [Hadits Riwayat Abdu Daud, dan At-Tirmidzi ; hadits hasan shahih].
 
Barangsiapa membuat sesuatu yang baru dalam urusan kami (dalam Islam) yang tidak terdapat (tuntunan) padanya, maka ia tertolak"[Disepakati keshahihannya: Al-Bukhari dalam Ash-Shulh (2697). Muslim dalam Al-Aqdhiyah (1718).]

"Artinya : Hendaklah kalian menjauhi perkara-perkara baru yang diada-adakan, karena setiap perkara baru (dalam agama) adalah bid 'ah, setiap bid 'ah itu sesat, dan setiap yang sesat itu (tempatnya) di neraka" [HR. Abu Dawud dalam As-Sunnah (4607). Ibnu Majjah dalam Al-Muqaddimah (42). Tambahan "dan yang setiap yang sesat itu (tempatnya di neraka)" pada riwayat An-Nasa'I dalam Al-Idain (1578).
]
 
Dari Abu Najih al-'Irbadh bin Syariyah, ia mengatakan, " Rasulullah memberikan nasehat kepada kami dengan satu satu nasehat yang menggetarkan hati dan membuat mata menangis karenanya. Maka kami mengatakan, 'Wahai Rasulullah, seolah-olah ini adalah nasihat orang yang akan berpisah, maka berwasiatlah kepada kami.' Beliau bersabda,'Aku wasiatkan kepada kalian agar bertaqwa kepada Allah, mendengar dan taat, meskipun yang memerintah kalian adalah seorang hamba sahaya. sesungguhnya barangsiapa yang masih hidup diantara kalian sepeninggalku, maka ia akan melihat perselisihan yang banyak. Oleh karena itu, wajib atas kaliah berpegang teguh dengan Sunnahku dan Sunnah Khulafaur Rasyidin al Mahdiyyin (para khalifah yg lurus lagi mendapat petunjuk). Gigitlah ia dengan gigi-gigi geraham. Dan hati-hatilah terhadap perkara-perkara yg diada-adakan (dalam agama), karena setiap bid-ah adalah kesesatan.'" (HR. Abu Dawud dan at Tirmidzi, dan ia mengatakan, "Hadist ini hasan shahih).
 
 
Bener pak, niat adalah sesuatu yang penting,
Cuma yang perlu saya kemukakan dahulu,
1.  kita sudah membahas bahwa kaidah Ibadah adalah "ada perintah"
bukan dibalik seperti bapak, apa ada larangan?
2.  Jika pak Hadi bilang semua urusan tergantung niatnya,
setahu saya ada terusannya lagi pak Hadi, yaitu niat kemudian sesuait dengan syari'at
 
Ibnu Katsir dalam tafsirnya (I/231) berkata, "Sesungguhnya amal yang di terima harus memenuhi dua syarat. Pertama, ikhlas karena Allah. Kedua, benar dan sesuai syari'at. Jika dilakukan dengna ikhlas, tetapi tidak benar, maka tidak akan diterima".
 
Pernyataan itu dikuatkan dan dijelaskan oleh Ibnu Ajlan, ia berkata, "Amal tidak dikatakan baik kecuali dengan tiga kriteria : takwa kepada Allah, niat baik dan tepat (sesuai sunnah)" [Jami Al-Ulum wal Hikam : 10]
Jadi niat saja tidak cukup pak, tetap harus sesuai dengan syari'at.
Pertanyaan saya, ada perintah tidak?
 
Berikut ada artikel yang menyangkut soal niat, untuk bahasan lebih rinci soal pelafalan niat Insya Allah saya posting setelah file-nya saya ketemukan.
 

BID'AH DAN NIAT BAIK
Oleh  :  Syaikh Ali bin Hasan Al-Halabi Al-Atsari

Ketika sebagian orang melakukan bid'ah, mereka beralasan bahwa amal mereka dilakukan dengan niat yang baik, tidak bertujuan melawan syari'at, tidak mempunyai pikiran untuk mengoreksi agama, dan tidak terbersit dalam hati untuk melakukan bid'ah ! Bahkan sebagian mereka berdalil dengan hadits Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam.

"Artinya : Sesungguhnya segala amal tergantung pada niat" [Muttafaq Alaihi]

Untuk membentangkan sejauh mana tingkat kebenaran cara mereka menyimpulkan dalil dan beberapa alasan yang mereka kemukakan tersebut, kami kemukakan bahwa kewajiban seorang muslim yang ingin mengetahui kebenaran yang sampai kepadanya serta hendak mengamalkannya adalah tidak boleh menggunakan sebagian dalil hadits dengan meninggalkan sebagian yang lain. Tetapi yang wajib dia lakukan adalah memperhatiakn semua dalil secara umum hingga hukumnya lebih dekat kepada kebenaran dan jauh dari kesalahan. Demikianlah yang harus dilakukan bila dia termasuk orang yang mempunyai keahlian dalam menyimpulkan dalil.

Tetapi bila dia orang awam atau pandai dalam keilmuan kontemporer yang bukan ilmu-ilmu syari'at, maka dia tidak boleh coba-coba memasuki kepadanya, seperti kata pepatah : "Ini bukan sarangmu maka berjalanlah kamu!".

Adapun yang benar dalam masalah yang penting ini, bahwa sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam. "Sesunnguhnya segala amal tergantung pada niat" adalah sebagai penjelasan tentang salah satu dari dua pilar dasar setiap amal, yaitu ikhlas dalam beramal dan jujur dalam batinnya sehingga yang selain Allah tidak meretas ke dalamnya.

Adapun pilar kedua adalah, bahwa setiap amal harus sesuai Sunnah Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, seperti dijelaskan dalam hadits, "Barangsiapa yang mengerjakan suatu amal yang tidak ada keterangannya dari kami maka dia tertolak". Dan demikian itulah kebenaran yang dituntut setiap orang untuk merealisasikan dalam setiap pekerjaan dan ucapannya.

Atas dasar ini, maka kedua hadits yang agung tersebut adalah sebagai pedoman agama, baik yang pokok maupun cabang, juga yang lahir dan yang batin. Dimana hadits : "Sesungguhnya segala amal tergantung pada niat" sebagai timbangan amal yang batin. Sedangkan hadits "Barangsiapa yang mengerjakan suatu amal yang tidak ada keterangannya dari kami maka dia tertolak" sebagai tolak ukur lahiriah setiap amal.

Dengan demikian, maka kedua hadits tersebut memberikan pengertian, bahwa setiap amal yang benar adalah bila dilakukan dengan ikhlas karena Allah dan mengikuti Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, yang keduanya merupakan syarat setiap ucapan dan amal yang lahir maupun yang batin.

Oleh karena itu, siapa yang ikhlas dalam setiap amalnya karena Allah dan sesuai sunnah Rasulullah Shallallahu 'alaihi was allam, maka amalnya diterima, dan siapa yang tidak memenuhi dua hal tersebut atau salah satunya maka amalnya tertolak. [1]

Dan demikian itulah yang dinyatakan oleh Fudhail bin Iyadh ketika menafsirkan firman Allah : "Supaya Dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya" [2] Beliau berkata, 'Maksudnya, dia ikhlas dan benar dalam melakukannya. Sebab amal yang dilakukan dengan ikhlas tetapi tidak benar maka tidak akan diterima. Dan jika dia benar, tetapi tidak ikhlas maka amalnya juga tidak diterima. Adapun amal yang ikhlas adalah amal yang dilakukan karena Allah, sedang amal yang benar adalah bila dia sesuai dengan Sunnah Rasulullah" [3]

Al-Alamah Ibnul Qayyim berkata [4], "Sebagian ulama salaf berkata, "Tidaklah suatu pekerjaan meskipun kecil melainkan dibentangkan kepadanya dua catatan. Mengapa dan bagaimana ? Yakni, mengapa kamu melakukan dan bagaimana kamu melakukan ?

Pertanyaan pertama tentang alasan dan dorongan melakukan pekerjaan. Apakah karena ada interes tertentu dan tujuan dari berbagai tujuan dunia seperti ingin dipuji manusia atau takut kecaman mereka, atau ingin mendapatkan sesuatu yang dicintai secara cepat, atau menghindarkan sesuatu yang tidak disukai dengan cepat ? Ataukah yang mendorong melakukan pekerjaan itu karena untuk pengabdian kepada Allah dan mencari kecintaan-Nya serta untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala ?

Artinya, pertanyaan pertama adalah, apakah kamu mengerjakan amal karena Allah, ataukah karena kepentingan diri sendiri dan hawa nafsu?

Adapun pertanyaan kedua tentang mengikuti Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam pengabdian itu. Artinya, apakah amal yang dikerjakan sesuai syari'at Allah yang disampaikan Rasul-Nya? Ataukah pekerjaan itu tidak disyari'atkan Allah dan tidak diridhai-Nya?

Pertanyaan pertama berkaitan dengan ikhlas ketika beramal, sedangkan yang kedua tentang mengikuti Sunnah. Sebab Allah tidak akan menerima amal kecuali memenuhi kedua syarat tersebut. Maka agar selamat dari pertanyaan pertama adalah dengan memurnikan keikhlasan. Sedang agar selamat dari pertanyaan kedua adalah dengan mengikuti Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam mengerjakan setiap amal. Jadi amal yang diterima adalah bila hatinya selamat dari keinginan yang bertentangan dengan ikhlas dan juga selamat dari hawa nafsu yang kontradiksi dengan mengikuti Sunnah".

Ibnu Katsir dalam tafsirnya (I/231) berkata, "Sesungguhnya amal yang di terima harus memenuhi dua syarat. Pertama, ikhlas karena Allah. Kedua, benar dan sesuai syari'at. Jika dilakukan dengna ikhlas, tetapi tidak benar, maka tidak akan diterima".

Pernyataan itu dikuatkan dan dijelaskan oleh Ibnu Ajlan, ia berkata, "Amal tidak dikatakan baik kecuali dengan tiga kriteria : takwa kepada Allah, niat baik dan tepat (sesuai sunnah)" [5]

Kesimpulannya, bahwa sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallamn, "Sesungguhnya segala amal tergantung pada niat" itu maksudnya, bahwa segala amal dapat berhasil tergantung pada niatnya. Ini adalah perintah untuk ikhlas dan mendatangkan niat dalam segala amal yang akan dilakukan oleh seseorang dengan sengaja, itulah yang menjadi sebab adanya amal dan pelaksanaannya. [6]

Atas dasar ini, maka seseorang tidak dibenarkan sama sekali menggunakan hadits tersebut sebagai dalil pembenaran amal yang batil dan bid'ah karena semata-mata niat baik orang yang melakukannya!

Dan penjelasan yang lain adalah, bahwa hadits tersebut sebagai dalil atas kebenaran amal dan keikhlasan ketika melakukannya, yaitu dengan pengertian, "Sesungguhnya segala amal yang shalih adalah dengan niat yang shalih"

Pemahaman seperti ini sepenuhnya tepat dengan kaidah ilmiah dalam hal mengetahui ibadah dan hal-hal yang membatalkannya.

Dan diantara yang menguatkan bahwa diterimanya amal bukan hanya karena niat baik orang yang melakukannya saja, tetapi harus pula sesuai dengan Sunnah adalah hadits sebagai berikut.

"Artinya : Bahwa seseorang berkata kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam : "Apa yang Allah kehendaki dan apa yang engkau kehendaki". Maka Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata kepadanya, "Apakah kamu menjadikan aku sebagai tandingan bagi Allah? Tetapi katakanlah : "Apa yang dikehendaki Allah semata" [7]

Niat baik dan keikhlasan hati sahabat yang agung ini tidak diragukan. Tetapi ketika ucapan yang keluar darinya bertolak belakang dengan manhaj Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam akidah dan bertutur kata, maka Rasulullah mengingkari seraya mengingatkan kesalahannya dan menjelaskan yang benar tanpa melihat niatnya yang baik.

Hadits tersebut [8] adalah pokok dalil dalam sub kajian ini.

[Disalin dari kitab Ilmu Ushul Al-Fiqh Al-Bida' Dirasah Taklimiyah Muhimmah Fi Ilmi Ushul Fiqh, edisi Indonesia Membedah Akar Bid'ah,Penulis Syaikh Ali Hasan Ali Abdul Hamid Al-Halabi Al-Atsari, Penerjemah Asmuni Solihan Zamakhsyari, Penerbit Pustaka Al-Kautsar]
__________
Foote Note
[1]. Bahjah Qulub Al-Abrar : 10 Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa'di
[2]. Al-Mulk : 2
[3]. Hilyatu Auliya : VIII/95, Abu Nu'aim. Dan lihat Tafsir Al-Baghawi V/419, Jami'ul Al-Ulum wal Hikam : 10 dan Madarij As-Salikin I/83
[4]. Mawarid Al-Aman Al-Muntaqa min Ighatshah Al-Lahfan : 35
[5]. Jami Al-Ulum wal Hikam : 10
[6]. Lihat Fathul bari : I/13 dan Umdah Al-Qari : I/25
[7]. Hadits hasan, lihat takhrijnya dalam risalah saya : At-tasfiyah wat-tarbiyyah : 61
[8]. Dan hadist lain yang seperti itu masih banyak.

Sumber : http://www.almanhaj.or.id/content/2135/slash/0
Whe~en
http://wheen.blogsome.com/
 
"Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku." (QS 20 : 25-28)
"Ya Allah jadikan Aku hamba yang selalu bersyukur dan penyabar"
----- Original Message -----
From: "Hadi nur" <i.bonk2000@gmail.com>
Sent: Sunday, August 09, 2009 10:05 PM
Subject: [Milis_Iqra] Re: Macam-Macam Bid'ah di Bulan Ramadhan

>
> Ah Mba Wheen apa apa semua Jadi 'Bid,ah semua yang orang lakukan kalau
> tidak sama dengannya jadi bid,ah . Padahal Posisi bid,ah bukan masuk
> pada lima hukum pokok
> HARAM_WAJIB_SUNAH_MAKRUH_MUBAH
>
> Misalnya Membangunkan orang untuk sahur dikatakan bid,ah masuk pada
> hukum Pokok yang mana apakah HARAM_WAJIB_SUNAH_MAKRUH_MUBAH ?
>
> Ada tidak larangan melafazkan niat dari hadist dan dari quran?
> Kemudian bagaimana memberitahu kan kepada anak anak kita tentang
> urusan niat ini kalau tidak boleh diLafazkan!
>
> Mohon maaf soalnya kita kita yang sering melafalkan niat ini hanya
> orang orang biasa yang ilmu tidak setinggi dan tidak semumpuni ilmunya
> Mba Wheen. Kalau kita  ini kadang sudah dilafalkan saja masih suka
> lengah, maklum kita ini orang yang tingkatannya masih dibawah!
>
> Padahal Bab niat itu termasuk Bab yang penting dalam semua urusan
> sebab semua urasan tergantung pada niatnya!.......
>
> 2009/8/8, andy wahyudi <
packetsnuke@gmail.com>:
>>
>> Ah, mba Wheen apa2 udah tuduh sana sini tanpa analisis yang mendalam...
>> Jadinya males mau komentar...
>>
>> >

--~--~---------~--~----~------------~-------~--~----~
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125

Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63

Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
  Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
  Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
     Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
-~----------~----~----~----~------~----~------~--~---

No comments:

Post a Comment