Semua yang mas Hendy bawakan, dalilnya adalah penafsiran yang sangat dipaksakan terhadap kontekstual Al-Qur'an dan Al-Hadis menyangkut penggunaan ucapan "Sayyidina" pada diri Rasulullah Saw. Kenapa ?
1. Apakah pernah Allah mencontohkan memanggil nama Nabi dengan kata "Sayyidina" didalam Al-Qur'an sebagaimana Allah mencontohkan penggunaan kata "Nabi" dan "Rasul" pada diri beliau Saw ?
Salah satu contoh ayat di atas bagi saya cukup untuk membedakan panggilan kepada Nabi dibandingkan kepada orang2 biasa.
2. Silahkan perlihatkan pada saya, satu hadis mana saja mengenai contoh langsung dari Nabi Saw menyangkut pengucapan sholawat terhadap beliau yang mempergunakan kata "Sayyidina".
"Setiap anak Adam adalah sayyid. Seorang suami adalah sayyid bagi isterinya dan seorang isteri adalah sayyidah bagi keluarganya (rumah tangga nya)". (HR Bukhori dan Adz-Dzahabi).
Jadi kalau setiap anak Adam saja dapat disebut sayyid, apakah anak Adam yang paling tinggi martabatnya dan paling mulia kedudukannya disisi Allah yaitu junjungan kita Nabi Muhammad saw. tidak boleh disebut sayyid ?
Didalam shohih Muslim terdapat sebuah hadits, bahwasanya Rasulallah saw. memberitahu para sahabatnya, bahwa pada hari kiamat kelak Allah swt. akan menggugat hamba-hambaNya : "Bukankah engkau telah Ku-muliakan dan Ku-jadikan sayyid ?" (alam ukrimuka wa usawwiduka?)
Makna hadits itu ialah, bahwa Allah swt. telah memberikan kemuliaan dan kedudukan tinggi kepada setiap manusia. Kalau setiap manusia dikarunia kemuliaan dan kedudukan tinggi, apakah manusia pilihan Allah yang diutus sebagai Nabi dan Rasul tidak jauh lebih mulia dan lebih tinggi kedudukan dan martabatnya daripada manusia lainnya ? Kalau manusia-manusia biasa saja dapat disebut sayyid , mengapa Rasulallah saw. tidak boleh disebut sayyid atau maula ?
Ada sementara orang terkelabui oleh pengarang hadits palsu yang berbunyi: "Laa tusayyiduunii fis-shalah" artinya "Jangan menyebutku (Nabi Muhammad saw) sayyid didalam sholat". Tampaknya pengarang hadits palsu yang mengatas namakan Rasulallah saw. untuk mempertahankan pendiriannya itu lupa atau memang tidak mengerti bahwa didalam bahasa Arab tidak pernah terdapat kata kerja tusayyidu. Tidak ada kemungkinan sama sekali Rasulallah saw.mengucapkan kata-kata dengan bahasa Arab gadungan seperti yang dilukiskan oleh pengarang hadits palsu tersebut. Dilihat dari segi bahasanya saja, hadits itu tampak jelas kepalsuannya. Namun untuk lebih kuat membuktikan kepalsuan hadits tersebut baiklah kami kemukakan beberapa pendapat yang dinyatakan oleh para ulama.
Dalam kitab Al-Hawi , atas pertanyaan mengenai hadits tersebut Imam Jalaluddin As-Suyuthi menjawab tegas : "Tidak pernah ada (hadits tersebut), itu bathil !".
Imam Al-Hafidz As-Sakhawi dalam kitab Al-Maqashidul-Al-Hasanah menegaskan : " Hadits itu tidak karuan sumbernya ! "
Imam Jalaluddin Al-Muhli, Imam As-Syamsur-Ramli, Imam Ibnu Hajar Al-Haitsami, Imam Al-Qari, para ahli Fiqih madzhab Sayfi'i dan madzhab Maliki dan lain-lainnya, semuanya mengatakan : "Hadits itu sama sekali tidak benar".
Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal, Ibnu Majah dan At-Turmudzi, Rasulallah saw. bersabda :
"Aku adalah sayyid anak Adam pada hari kiamat". Surmber riwayat lain yang diketengahkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal, Imam Bukhori dan Imam Muslim, mengatakan bahwa Rasulallah saw. bersabda : "Aku sayyid semua manusia pada hari kiamat".
Hadit tersebut diberi makna oleh Rasulallah saw. sendiri dengan penjelas- annya: 'Pada hari kiamat, Adam dan para Nabi keturunannya berada dibawah panjiku".
Sumber riwayat lain mengatakan lebih tegas lagi, yaitu bahwa Rasulallah saw. bersabda : "Aku sayyid dua alam".
– Riwayat yang berasal dari Abu Nu'aim sebagaimana tercantum didalam kitab Dala'ilun-Nubuwwah mengatakan bahwa Rasulallah saw. bersabda : "Aku sayyid kaum Mu'minin pada saat mereka dibangkitkan kembali (pada hari kiamat)".
– Hadits lain yang diriwayatkan oleh Al-Khatib mengatakan, bahwa Rasulallah saw. bersabda: "Aku Imam kaum muslimin dan sayyid kaum yang bertaqwa".
– Sebuah hadits yang dengan terang mengisyaratkan keharusan menyebut nama Rasulallah saw. diawali dengan kata sayyidina diketengahkan oleh Al-Hakim dalam Al-Mustadrak. Hadits yang mempunyai isnad shohih ini berasal dari Jabir bin 'Abdullah ra. yang mengatakan sebagai berikut:
"Pada suatu hari kulihat Rasulallah saw. naik keatas mimbar. Setelah memanjatkan puji syukur kehadirat Allah saw. beliau bertanya : 'Siapakah aku ini ?' Kami menyahut: Rasulallah ! Beliau bertanya lagi: 'Ya, benar, tetapi siapakah aku ini ?'. Kami menjawab : Muhammad bin 'Abdullah bin 'Abdul-Mutthalib bin Hasyim bin 'Abdi Manaf ! Beliau kemudian menyatakan : 'Aku sayyid anak Adam….'."
Riwayat hadits ini menjelaskan kepada kita bahwa Rasulallah saw. lebih suka kalau para sahabatnya menyebut nama beliau dengan kata sayyid. Dengan kata sayyid itu menunjukkan perbedaan kedudukan beliau dari kedudukan para Nabi dan Rasul terdahulu, bahkan dari semua manusia sejagat.
Semua hadits tersebut diatas menunjukkan dengan jelas, bahwa Rasulallah saw. adalah sayyid anak Adam, sayyid kaum muslimin, sayyid dua alam (al-'alamain), sayyid kaum yang bertakwa. Tidak diragukan lagi bahwa menggunakan kata sayyidina untuk mengawali penyebutan nama Rasulallah saw. merupakan suatu yang dianjurkan bagi setiap muslim yang mencintai beliau saw.
Para sahabat Nabi juga menggunakan kata sayyid untuk saling menyebut nama masing-masing, sebagai tanda saling hormat-menghormati dan harga-menghargai. Didalam Al-Mustadrak Al-Hakim mengetengahkan sebuah hadits dengan isnad shohih, bahwa "Abu Hurairah ra. dalam menjawab ucapan salam Al-Hasan bin 'Ali ra. selalu mengatakan "Alaikassalam ya sayyidi". Atas pertanyaan seorang sahabat ia menjawab: 'Aku mendengar sendiri Rasulallah saw. menyebutnya (Al-Hasan ra.) sayyid' ".
(Ingat, saya meminta hadis Nabi bukan ucapan atau contoh orang-orang diluar beliau seperti Imam Al-Ghazali dan lain sebagainya, karena patokan kita disini dalam beragama dan berteladan adalah Nabi bukan mereka sebagaimana jelas dinyatakan oleh Al-Qur'an surah Al-Ahzab ayat 21)
Hadis sudah saya berikan sesuai permintaan mas Armansyah. Saya sendiri ingat, ketika mas Arman pernah memposting tentang Ketika Kiai Dipertuhankan. Saya tidak mempertuhankan ulama atau kiai, tapi kalau ilmu kita tidak cukup atau malah sama sekali tidak tahu, apa bisa langsung belajar dari Al Qur'an ? Sedangkan dalam tata cara pembacaannya atau penafsirannya pun ada aturan-aturannya. Bagi saya yang merasa belum cukup ilmu, mendingan bertaklid kepada ulama, daripada menafsirkan ayat2 atau hadis berdasarkan fikiran sendiri.
"Maka bertanyalah kepada ahli ilmu jika kalian tidak mengetahui".
Para ulama telah sepakat bahwa ayat ini memerintahkan kepada orang-orang yang tidak mengetahui hukum dan dalilnya agar mengikuti orang-orang yang mengetahui hal tersebut. Para ulama ushul fiqih menjadikan ayat ini sebagai dasar utama bahwa orang yang tidak mengerti (awam) haruslah bertaqlid kepada orang yang alim yang mujtahid. Senada dengan ayat diatas adalah firman Allah swt. dalam surat At-Taubah : 122 yang artinya :
"Tidak sepatutnya bagi orang-orang mukmin itu untuk pergi semuanya (kemedan perang). Mengapakah tidak pergi dari tiap-tiap golongan diantara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali agar mereka dapat menjaga diri".
Dibawah ini saya tampilkan satu hadis secara utuh yang jelas dan transparan dari Rasulullah tentang pengucapan sholawat kepada beliau dalam huruf latin dan Arab ... harap disimak :
Rasulullah Saw datang kepada kami, sedang kami berada dalam majelis Sa'ad bin 'Ubadah. Lalu Basyir bin Sa'ad bertanya : Allah Ta'ala menyuruh kami sholawat untuk engkau, ya Rasulullah, bagaimana caranya kami bersholawat untuk engkau ? ; Rasulullah Saw menjawab : Ucapkanlah : Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau melimpahkan kepada keluarga Ibrahim. Dan berilah keberkahan kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau melimpahkan keberkahan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkaulah terpuji dan Mulia (Allahumma Sholli 'alaa Muhammad Wa'ala Aali Muhammad kama Sholayta 'ala aali Ibroohim wabariq 'aala Muhammad wa'ala aali Muhammad kama baroqta 'ala aali Ibroohim fil 'alaminainnaka hamidumm Madjid). Cara memberi salam adalah sebagaimana yang kamu ketahui." (HR.Muslim dan Abî Mas'ûd Al-Anshari).
Tolong koreksi saya dalam lafal Arab hadis diatas, dimana ada kata Sayyidina ?
Saya tunggu jawaban anda ! Disini tidak ada nafsi-nafsi bila sudah sangat jelas konteksnya !
Bagi saya, nafsi-nafsi tetap ada, sepanjang tidak ada titik temu atau adanya perbedaan pendapat atau pandangan
--~--~---------~--~----~------------~-------~--~----~
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
-~----------~----~----~----~------~----~------~--~---
No comments:
Post a Comment