Thursday, September 29, 2011

[Milis_Iqra] *MELAKSANAKAN UMRAH DAN HAJI PLUS SEKARANG SANGAT MUDAH - BUKAN LAGI MIMPI*

Aslm,
Mohon maaf sebelumnya, kami ingin memberikan informasi
yang mudah-mudahan bermanfaat.

Kami dari Tanaya Tour dan Travel bekerjasama dengan
PT. Arminareka Perdana menawarkan kesempatan bagi
sahabat kaum muslim untuk melaksanakan Ibadah Umroh
dan Ibadah Haji Plus, dengan cara yang lebih mudah dan
biaya yang terjangkau. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun
dan pemberangkatan Umrah lebih dari 1.6 juta orang
(No 2 (dua) terbanyak nasional (Data dari Garuda Airlines
tahun 2009) dan Ranking 1 dari 144 Biro Perjalanan Haji
dan Umrah Versi Garuda Airlines dalam tahun 2010 dalam
Jumlah Jamaah Terbanyak.

Ingin membantu mewujudkan niat anda ke tanah suci
dengan mudah, aman dan nyaman.

Dengan Kelebihan Kami, sbb:

1. Pembayaran Haji Plus dan Umrah bisa diangsur (waktu bebas/
seumur hidup dan tanpa batasan nominal angsuran);
2. Perusahaan berpengalaman lebih dari 20 tahun;
3. Memiliki Gedung sendiri serta kantor pemasaran di daerah
strategis;
4. Memiliki Cabang dan Kantor Perwakilan di lebih dari 150 Kota
30 provinsi di Indonesia, bahkan sampai mancanegara seperti
Hongkong, Brunai, Dubai, Saudi Arabia dan Malaysia;
5. Surat Legalitas Lengkap;
6. Ranking 1 dari 144 Biro Perjalanan Haji dan Umrah
Versi Garuda Airlines dalam tahun 2010 dalam Jumlah Jamaah
Terbanyak;
7. Memiliki Sertifikat HALAL dari MUI;
8. Diaudit secara rutin oleh auditor external.

Kelebihan lainnya dan yang membuat kami menjadi pilihan pertama dari
sekian banyak calon jamaah adalah kesempatan untuk membuka hak usaha
sebagai Agen Resmi kami. Hanya dengan uang Rp. 3.500.000,- sahabat
bisa
mendapatkan Hak Usaha tersebut.

Percaya atau tidak, sebagian besar jamaah kami yang telah menunaikan
Ibadah Haji Plus dan Umrah adalah para Agen Perwakilan Resmi kami.

Karena, ada dua keuntungan untuk menjadi seorang Agen Resmi kami:

1. Memiliki Hak Usaha Perwakilan Resmi;
2. Pasti memiliki kesempatan untuk melakukan Ibadah Umrah dan
Naik Haji Plus (karena uang pendaftaran Agen Rp. 3.500.000,-
juga sekaligus sebagai DP untuk melaksanakan Umroh –
sahabat tinggal mengangsur sisanya saja).

Serta beberapa keuntungan dan kemudahan lainnya yang tidak akan
sahabat
temukan di Travel-travel lainnya.

Informasi lebih lengkap baca di

http://bilik27.blogspot.com/2011/05/penyelenggara-umrah-dan-haji-plus.html

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125

Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63

Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

Re: [Milis_Iqra] Intisari untuk milis_iqra@googlegroups.com - 7 Pesan pada 5 Topik

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!


From: milis_iqra@googlegroups.com
Sender: milis_iqra@googlegroups.com
Date: Fri, 30 Sep 2011 00:00:57 +0000
To: Penerima Intisari<milis_iqra@googlegroups.com>
ReplyTo: milis_iqra@googlegroups.com
Subject: [Milis_Iqra] Intisari untuk milis_iqra@googlegroups.com - 7 Pesan pada 5 Topik

Grup: http://groups.google.com/group/milis_iqra/topics

    dang <naoneuy@gmail.com> Sep 30 06:31AM +0700 ^
     
    alhamdulillah,
     
    sangat bermanfaat...
     
    Terimakasih atas infonya..
     
    Assalamu'alaikum.
     

     

    Ifadah <ifadah@gmail.com> Sep 28 10:41PM -0700 ^
     
    Mp3 Shalawat Tarhim download di:
    http://tokoku99.com/audio/dowload-audio/738-doa-doa-pilihan-mp3.html
     
    Tek Arab, transiterasi arab-latinnya klik di sini:
    http://tokoku99.com/product-islami/e-book/739-doa-doa-pilihan.html
     
    TERJEMAHAN SHALAWAT TARHIM:
    Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepadamu
    duhai pemimpin para pejuang di jalan Allah, ya Rasulullah
    Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepadamu
    duhai penuntun petunjuk Ilahi, duhai makhluk yang terbaik
    Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepadamu
    Duhai penegak kebenaran, ya Rasulullah
    Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu
    Wahai Yang Memperjalankanmu di malam hari Dialah Yang Maha Melindungi
    Engkau memperoleh karunia di saat semua manusia tidur
    Semua penghuni langit melakukan shalat di belakangmu
    dan engkau menjadi imam mereka
    Engkau diberangkatkan ke Sitratul Muntaha karena kemulianmu
    dan engkau mendengar suara ucapan salam atasmu
    Duhai yang akhlaknya paling mulia, ya Rasulullah
    Semoga shalawat selalu tercurahkan padamu, pada keluargamu dan
    sahabatmu.

     

    Pay Payonk <payonk.2906@gmail.com> Sep 29 12:32PM +0700 ^
     
    dear admin.. sy ingin berhenti berlangganann...please......

     

    "Dani Permana" <adanipermana@gmail.com> Sep 29 05:33AM ^
     
    Kirim email saja ke
     
    Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
     
    Thanks,
    Dani Permana
    Powered by Telkomsel BlackBerry®
     
    -----Original Message-----
    From: Pay Payonk <payonk.2906@gmail.com>
    Sender: milis_iqra@googlegroups.com
    Date: Thu, 29 Sep 2011 12:32:05
    To: <milis_iqra@googlegroups.com>
    Reply-To: milis_iqra@googlegroups.com
    Subject: [Milis_Iqra] berhenti berlangganan
     
    dear admin.. sy ingin berhenti berlangganann...please......
     
    --
    -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
    Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
    dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
     
    Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
     
    Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
    Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
    Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
    Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
    -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

     

    "muhammad siswanto" <sis_aaa@yahoo.com> Sep 29 05:37AM ^
     
    Kirim saja ke:
    Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
    Sent from my BlackBerry® powered by Sinyal Kuat INDOSAT
     
    -----Original Message-----
    From: Pay Payonk <payonk.2906@gmail.com>
    Sender: milis_iqra@googlegroups.com
    Date: Thu, 29 Sep 2011 12:32:05
    To: <milis_iqra@googlegroups.com>
    Reply-To: milis_iqra@googlegroups.com
    Subject: [Milis_Iqra] berhenti berlangganan
     
    dear admin.. sy ingin berhenti berlangganann...please......
     
    --
    -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
    Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
    dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
     
    Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
     
    Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
    Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
    Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
    Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
    -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

     

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

Re: [Milis_Iqra] Mengenal Lafadz 'Amm dan Khos

alhamdulillah,

sangat bermanfaat...

Terimakasih atas infonya..

Assalamu'alaikum.

On 9/19/11, muhamad ahid <ahid_lg@yahoo.co.id> wrote:
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 'Amm dan Khos
>
>
> Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Zat
> maha Rahman, yang telah mewajibkan kepada umat Islam yang beriman untuk
> terus menerus mencari ilmu pengetahuan. Shalawat seiring salam semoga
> senantiasa dilimpahkan kepada Insan pilihan pembawa kebenaran penegak
> panji Tuhan, Nabi Muhammad SAW.
> Dewasa ini, perkembangan corak kehidupan manusia pada umumnya dan
> umat islam pada khususnya telah memancing beberapa keputusan hukum yang
> cenderung dikondisionalkan, atau corak kehidupan itu sendiri yang harus
> dikondisionalkan dengan produk hukum syara' yang secara konsep maupun
> konteks didesain untuk kemashlahatan manusia yang mau mengamalkannya.
> Terlepas dari hal itu, saat ini kita lihat banyak sekali
> Mujtahid-mujtahid era modern bermunculan dengan julukan baru
> "Intelektual Muslim". Jika kita membandingkan, sepertinya kapasitas dan
> kapabilitas mereka belum mencapai lima puluh persen  para Mujtahid zaman
> dulu (kalau tidak sama sekali), tetapi mereka telah berani mencetuskan
> hukum yang kontroversial, bahkan kadang kontradiksi dengan hukum
> sebelumnya. Tentu bukan sesuatu yang bijak jika kita mengklaim mereka
> sebagai Mujtahid sesat yang pendapatnya ngelantur tidak karuan, karena
> pada prinsipnya tujuan mereka adalah untuk kebaikan dan kemashlahatan.
> Permasalahannya adalah, ketika survai membuktikan bahwa pendapat mereka
> ngaco dan tidak bisa dipertanggungjawabkan, apa yang harus kita
> lakukan,? Barangkali jawabannya adalah diam karena Kita belum mampu
> bersaing dengan mereka. Betuul?
>
> Memahami redaksi Al-Qur'an dan Al-Hadits bagaikan  menyelam ke dalam
> samudra yang dalam lagi luas, dibutuhkan kunci, metode dan keilmuan
> khusus untuk sampai ke sana sehingga kita bisa mengetahui maksud dan
> tujuan nash al-Qur'an dan Al-Hadits baik dari sudut teks maupun dari
> aspek makna. Di antara beberapa pembahasan yang berkaitan dengan hal
> tersebut, ada dua point penting yang keduanya harus diketahui secara
> mendalam oleh seorang calon Mujtahid. Dua hal itu adalah tentang lafadz
> 'am dan lafadz khas serta dalalahnya. Insya Allah dalam makalah
> sederhana ini keduanya akan dibahas. Namun perlu diketahui bahwa
> rangkaian kata dan untaian kalimat yang menjelaskan ke dua hal tersebut
> bukan dari penulis sendiri tetapi hasil transfer dan kutipan dari
> pendapat beberapa pakar Ushul Fiqh.
> Tiada mawar yang tak berduri. Suatu perkara yang sudah selesai akan
> tampak kekurangannya. Dengan segala kerendahan hati saya mengharap
> koreksi dari rekan-rekan, terutama dari Dosen pembimbing mata kuliah
> Ushul Fiqh, bapak Dr. Kasuwi Saiban.
> ﺍﻠﻜﺎﺘﺐ
> ﺍﻠﺤﻗﻴﺮﻮﺍﻠﺒﻠﻴﺪﻋﺒﺪﺍﻠﺤﻰ
>
>
>
> ISTINBATH (PENGAMBILAN HUKUM) SYARI'AT ISLAM
>
> Setiap pengambilan hukum (istinbath) dalam syari'at Islam
> harus berpijak atas        Al-Qur'an al-karim dan sunnah nabi. Dengan
> demikian, dalil syar'iy ada dua bentuk yaitu; Nash dan Ghoirun Nash (bukan
> Nash). Dalil-dalil yang tidak termasuk dalam katagori Nash seperti Istihsan
> dan Qiyas pada dasarnya digali, bersumber dan berpedoman pada Nash. Seorang
> Mujtahid harus mengetahui prosedur cara penggalian hukum (thuruq
> al-istinbath) dari Nash. Dalam ilmu ushul fiqh, hal tersebut dibahas dalam
> metodologi khusus yang tidak akan dijabarkan secara luas di sini.
> Cara penggalian hukum dari Nash ada dua macam pendekatan, yaitu:
> pendekatan maknapendekatan lafadz
> pendekatan makna adalah penarikan kesimpulan hukum bukan kepada Nash secara
> langsung, seperti menggunakan metode Qiyas, Istihsan, Mustalah, Dzara'i dan
> lain sebagainya. Sedangkan pendekatan lafadz dalam penerapannya membutuhkan
> beberapa paktor pendukung yang di antaranya adalah:
> v  Penguasaan terhadap makna (pengertian) dari lafadz-lafaz Nash serta
> konotasinya dari segi khusus dan umum.
> v  Mengetahui dalalahnya apakah menggunakan manthuq lafdzi atau menggunakan
> mafhum yang diambil dari konteks kalimat.
> v  Mengerti batasan-batasan (qoyyid) yang membatasi ibarat-ibarat Nash. Dan
> lain-lain.[1]
> AL-'AAM DAN AL-KHASH SERTA DALALAHNYA
>
> Konteks Syar'iyyah di dalam Al-Qur'an dan Al-Hadits merupakan dua
> sumber hukum yang redaksinya menetapkan hukum syar'iy. konteks Al-Qur'an
> dan Al-Hadits tersebut bisa  berupa lafadz umum  atau khusus. Lafadz yang
> umum atau al-'aam, ketetapan hukumnya harus diartikan kepada semua
> satuannya secara pasti bila di sana tidak ada dalil yang
> mengkhususkannya. Jika terdapat dalil yang mengkhususkan maka mengenai
> arahan hukumnya apakah pasti (qoth'iy) atau dugaan (dzonny), terdapat
> perbedaan pendapat ulama, yaitu antara golongan Ulama Jumhur (Syafi'iyyah,
> Malikiyyah, Hanbaliyyah) dan Hanafiyyah. Pembahasan tentang dalil takhsis
> (yang menghususkan) lafadz 'am insya Allah akan diuraikan dalam bab Takhsis.
>
> Nash Al-Qur'an dan Al-Hadits juga ada yang berupa lafadz khusus (khosh),
> maka hukum bisa ditetapkan secara pasti selama tidak ada dalil yang
> mentakwilkan atau memindahkan dan menghendaki arti yang lain. Dalam
> lafadz khosh ini terdapat lafadz mutlak yang dapat menetapkan
> hukum secara absolute dengan catatan tidak ada dalil yang mengikatnya.
> Jika lafadz itu berbentuk perintah ('amar), maka obyek yang diperintahkannya
> wajib, atau berbentuk larangan (nahi) maka obyek yang dilarang itu haram.
> Hal tersebut bila tidak ada dalil yang merubah dari keharusannya atau
> ketidak bolehannya.
>
>
> I. AL-'AAM
>
> I.1.Definisi al-'aam[2]
> Lafadz al-'aam ialah yang menunjukkan tercakup dan termasuknya semua
> satuan-satuan yang ada dalam lafadz itu dengan tanpa menghitung ukuran
> tertentu dari satuan-satuan tersebut. Lafadz  ﻤﻥﺃﻠﻗﻰ (barang siapa
> melemparkan) dalam hadits yang berbunyi:
> ﻤﻥ ﺃﻠﻗﻰ ﺴﻶﺣﻪ ﻓﻬﻭﺁ ﻤﻥ adadalah lafadz umum yang dapat
> menunjukkan tercakupnya setiap orang yang melemparkan senjatanya, tanpa
> membatasi kepada perseorangan tertentu.
> Keumuman termasuk sifat lafadz karena merupakan dalalah lafadz yang
> di dalamnya tercakup semua satuannya. Apabila lafadz ini hanya
> menunjukkan satu satuan seperti seorang laki-laki, atau dua satuan
> seperti seperti dua orang laki-laki, atau kelompok beberapa satuan
> seperti yang dapat dihitung seperti beberapa laki-laki, sekelompok kaum,
> seratus atau seribu, maka semua itu bukan termasuk lafadz yang umum.
> Terdapat perbedaan antara al-'Aam dan al-Muthlaq, al-'Aam menunjukkan
> tercakupnya semua satuan dari seluruh satuannya, sedangkan al-Muthlaq
> hanya menunjukkan satuan atau beberapa satuan yang menonjol, bukan
> kepada semua satuannya. Sebagaimana pendapat para ulama ushul : ﻋﻤﻮﻡﺍﻠﻌﺎﻡ
> ﺸﻤﻮﻠﻲّ ﻮﻋﻤﻮﻡﺍﻠﻤﻄﻠﻕ ﺒﺩ ﻠﻲّ  "keumuman al-'Aam bersifat menyeluruh dan
> keumuman al-Muthlaq bersifat resperentif (mewakili). Jadi, lafadz al-"Am
> dapat memperoleh satuan-satuan di dalamnya sekaligus dan al-Muthlaq hanya
> memperoleh satuannya yang menonjol.[3]
>
> I.2. Lafadz-lafadz al-'am
> Untuk mengetahui dan menentukan lafadz-lafadz 'Aam, diperlukan
> pehaman mendalam terhadap gramatika bahasa arab terutama yang membahas
> morfologi pararel (shorf) dan sintaksis pararel (nahu).
> Dari situ akan diketahui maksud dan  tujuan  nash  apakah  arahannya
> umum atau khusus. Oleh karena itu, penting untuk dicatat bahwa
> mengetahui bahasa arab adalah 50% mengetahui ilmu ushul fiqh. Patutkah orang
> yang tidak memahami gramatika bahasa arab menjadi mujtahid?
> Hasil analisa dan pengkajian terhadap mufrodat dan ungkapan dalam
> bahasa arab menyimpulkan beberapa lafadz yang arti bahasanya menunjukkan
> keumuman dan mencakup keseluruhannya. Dari beberapa referensi buku
> ushul fiqh yang ada, tidak ada perbedaan pendapat mencolok dalam
> penjelasan lafadz-lafadz al-'am tersebut. Di bawah ini secara singkat
> akan dipaparkan pengklasifikasian lafadz-lafadz 'am yang sering
> dipergunakan:
>
> Lafadz-lafadz yang bermakna jamak, seperti;
> كلّ : كل امرئ بما كسب رهين
> جميع               : خلق لكم ما فى الأرض جميعا
> كافّة                : وقاتلواالمشركين كافة كما يقاتلونكم كافة
> معاشر             : نحن معاشر الأنبياء لا نورث
>
> Lafadz-lafadz jamak atau mufrad yang dima'rifatkan dengan Al-Jinsiyyah atau
> idhafah, berikut masing-masing contohnya;Ø إنّ الله يغفرالذ نوب جميعا Ø
> يوصكم الله فى أولاد كم Ø والسارق والسارقة فاقطعواأيد يهما Ø هو الطهور ماؤه
> الحلّ ميتته
>
> § Isim nakirah yang dinafikan (dicegah) atau yang disyaratkan, sperti
> contoh;
> لاإكراه فى الدين
> ولا تصلّ على أحد منهم مات أبدا
> Isim nakirah yang mutsbat (ditetapkan), tidak mengandung pengertian umum
> seperti yang terdapat dalam ayat إنّ الله يأمركم أن تذبحوابقرة kecuali bila
> terdapat qorinah (tanda), contohnya لهم فيها فاكهة ولهم مايدّعون .
> § beberapa isim maushul, di antaranya;
>
>
>
> ما : وما من دابّة فى الأرض إلا على الله رزقها
> من : فمن كان منكم مريضا
> الذين : إنّ الذ ين يأكلون أموال اليتامى ظلما
> الللائى : واللائى يئسن من المحيض من نسائكم
> اللاتى : واللاتى يأتين الفاخشة من نسائكم
> أولات : وأولات الأحمال لأجلهنّ أن يضعن حملهن
>
>
>
> ّ
> Isim-isim syarat, beberapa di antaranya;
> من : من شهد منكم الشهر فليصمه
> ما : وما تنفقوا من خير يوفّ اليكم
> أي : أيّما تدعو فله الأسماء الحسنى
> أينما : أينما تكونوا يدرككم الموت
>
>
>
> إن : إن كنتم فى ريب مما نزّلناعلى عبد نا فأتوابسورة من مثله
>
> Isim isim istifham, sebagaimana dalam contoh-contoh berikut:
> من : من فعل هذا بألهتنا يا إبراهيم
> ماذ : ماذا أراد الله بهذا مثلا
> متى : متى نصر الله
> أين : أين ما كنتم تدعون من دون الله
> Semua lafadz-lafadz dalam contoh di atas dipergunakan untuk
> pengertian yang bersifat umum karena mencakup setiap kesatuan yang ada
> di dalamnya, jika ada lafadz 'am tetapi tidak mengandung sebuah keumuman
> maka lafadz itu adalah bentuk aligori (majazi) yang keberadaannya
> membutuhkan qorinah. Khusus mengenai permasalahan ini insya Allah akan
> dibahas secara panjang lebar dalam makalah selanjutnya tentang Majaz
> dengan penjelasan  jelas yang menjelaskan sejelas-jelasnya sampai jelas
> dan tidak membutuhkan kejelasan yang lebih jelas.
> I. 3. Al-'am yang ditakhsis (dikhususkan)
> Takhsis adalah mengeluarkan sebagian satuan-satuan yang masuk di
> dalam lafadz Aam. Mukhassis adalah dalil yang menjadi dasar pegangan
> untuk adanya pengeluaran
> tersebut.
>  dengan melihat keterangan di atas dapatlah diambil kesimpulan bahwa
> dalil Aam tetap berlaku bagi satuan-satuan yang masih ada sesudah
> dikeluarkan satuan tertentu yang ditunjukkan oleh mukhassis. Kaidah
> untuk itu adalah العام بعد التخصيص حجّة فى الباقى "Lafadz Aam setelah
> ditakhsiskan masih menjadi hujjah (pegangan) bagi satuan-satuan yang
> terkandung di dalamnya".
> Dalam hal mukhassis nash syar'iy maka antara yang ditakhsiskan dan
> pentakhsisnya haruslah sederajad seperti Al Qur'an dengan Al Qur'an atau
> Al Qur'an dengan As sunnah Mutawattirah. Demikian pula As sunnah
> shahihah dengan As sunnah Shahihah. Namun demikian jumhur ulama
> membolehkan mentakhsis Al Qur'an dengan As sunnah walaupun ahad, tetapi
> ulama hanafiah berpendapat hanya As sunnah Mutawattirah atau yang
> masyhur saja yang boleh mentakhsis Al Qur'an.
> Sebagian ulama seperti Hanafiyyah mensyaratkan adanya mukhassis harus
> muqarinan lil'am (bersamaan dengan Aam). jika tidak, maka namanya
> nasikh bukan mukhassis, juga harus mustaqil (tersendiri) dari 'am.
> Pengkhususan seperti ististna yang datang setelah lafadz 'am menurut
> mereka bukan mukhassis, tetapi dalil adanya pembatasan keumuman.
> Pendapat ulama Jumhur berbeda dan tidak mensyaratkan dua hal di atas.
> Jadi,  mukhassis  bisa berupa dalil mustaqil atau ghoir mustaqil,
> bersamaan dengan nash 'am (muqarinan linnasshil 'am) atau tidak, tetapi
> semuanya dengan catatan tidak datang setelah pengamalan keumuman, bila
> datangnya setelah pengamalan  namanya nasikh.
> Berikut ini pembagian dalil mukhassis menurut ulama Jumhur;
> Dalil-dalil yang mengkhususkan ada dua macam; Pertama muttashil, yaitu
> dalil yang keberadaannya bersamaan dengan 'am, masih ada kaitan makna
> juga  bagian dari 'am. Kedua dalil munfashil, kebalikan dari yang
> pertama.
> Mukhassis munfashil atau mustaqil (sempurna dengan dirinya sendiri),  ada
> empat macam:
> 1)      Kalimat yang dapat berdiri sendiri dan bersambung dengan kalimat,
> seperti firman Allah:
> (من شهد منكم الشهر فليصمه (البقرة: ١٨٥
> Setiap orang yang berada di bulan Ramadhan wajib berpuasa, tetapi di
> kecualikan orang sakit dan musafir, dengan dalil ayat sesudahnya;
> ومن كان مريضا أوعلى سفر فعدّة من أيّام أخر
>
> 2)      Kalimat yang dapat berdiri sendiri dan terpisah dengan kalimat itu.
> Contohnya firman Allah dalam surat al-Maidah ayat 3 yang menjelaskan
> keharaman semua bangkai ,  حرّمت عليكم الميتة. Tetapi dikhususkan bangkai
> binatang laut, dalil takhsisnya adalah sabda Nabi هوالطهورماؤه الحلّ ميتته
> 3)      Al-'aqlu (nalar).
> Akal bisa di jadikan dalil takhsis pada semua nash yang mengandung
> tuntutan syar'iyyah. Contohnya perintah mengerjakan shalat dalam ayat
> أقيمواالصلاة , keumumannya di takhsis oleh akal dengan mengecualikan anak
> kecil dan orang-orang gendeng. Contoh lainnya الله خالق كلّ شيئ ,كتب عليكم
> الصيام dan lain-lain.
> 4)      Adat dan uruf.
> Point keempat ini adalah menurut madzhab Malikiyyah. contohnya sabda
> Rasulullah Saw.:
> "لاقطع إلاّ فى ربعِ د ينار " Artinya: "Tidak dikenakan hukum potong tangan
> kecuali (hasil curian itu sampai) seperempat dinar.
> Bagaimana dan berapa harga tukar (kurs) dinar itu bagi Negara-negara
> yang tidak memakai dinar sebagai alat pembayaran yang sah diserahkan
> kepada uruf atau adat setempat.
> Mukhassis muttashil, dalil yang merupakan bagian dari nash disebut
>  ghair mustaqil  (tidak bisa berdiri sendiri). Juga ada empat macam;
> 1)      Ististna, seperti dalam ayat
> من كفر بالله من بعد إيمانه إلا من أكره وقلبه مطمئنّ بالإيمان.النحل : ۱•٦
> Artinya: "Barang siapa yang kafir kepada Allah sesudah ia beriman
> (dia pasti mendapat kemurkaan Allah) kecuali orang yang dipaksa kafir
> sedangkan hatinya tetap tenang dalam beriman (dia tidak berdosa)
>
> 2)      Kata sifat, seperti Firman Allah:
> ومن لم يستطع منكم طولا أن ينكح المحصنات المؤمنات قمن ما ملكت أيمانكم من
> فتياتكم المؤمنات. النساء:٢٥
> Artinya: Dan barang siapa di antara kamu (orang merdeka) yang
> tidak cukup perbelanjaannya untuk mengawini wanita merdeka lagi beriman,
> ia boleh mengawini wanita yang beriman dari budak-budak yang kamu
> miliki. (An nisa':25)
> Lafadz fatayaat adalah Aam yang dapat mencakup yang beriman
> atau tidak. Dengan diberikan kata sifat al mukminat (yang beriman) maka
> hamba sahaya yang tidak beriman tidak termasuk lagi.
> 3)      Syarat, sebagaimana Firman Allah:
> وبعولتهنّ أحقّ بردّهنّ فى ذ لك إن أرادوا إصلا حا.  البقرة: ۲۲۸
> Artinya: Dan suami mereka berhak merujuki mereka jika mereka (suami istri)
> itu menghendaki islah (Al Baqarah :228)
> 4)      Ghoyah, ialah penghabisan sesuatu yang mengharuskan tetapnya
> hukum bagi perkara-perkara yang disebut sebelumnya sedangkan yang
> disebut sesudahnya tidak ada hukum tersebut. Lafadz ghoyah adakalanya
> memakai hatta atau ilaa.
> Contohnya Firman Allah Swt.
> وما كنّا معذّ بين حتّى نبعث رسولا.     الإسراء: ۱٥
> Artinya: Dan kami tidak akan mengazab (menyiksa) sehingga kami mengutus
> seorang Rasul. (Al Isra' :15)[4]
> I. 4. Dalalah al-'am
> Terdapat perbedaan pendapat mengenai karakteristik dalalah al-'am
> yang tidak mengkhususkan semua satuannya, apakah pasti atau dugaan.
>  Menurut sebagian ulama ushul –di antaranya Syafi'iyyah- dalalah al-'am
> tersebut menunjukkan keumuman dan bersifat dugaan, apabila dikhususkan
> maka sisa satuan al-'am juga dalalahnya dugaan. Ulama ushul lain,
> termasuk di dalamnya Hanafiyyah berpendapat bahwa al-'am yang tidak
> dikhususkan bersifat pasti sedangkan sisa satuan setelah pengkhususan
> adalah dzanni (bersifat dugaan).
> I. 5. Pembagian al-'am
> Melalui pengkajian terhadap nash-nash, al-'am dibagi menjadi tiga macam;
> 1)      'Am yang secara pasti bermaksud keumuman, sebagaimana firman Allah:
> وََمَا مِن دَابَّةٍ فِى الأرضِ إِلاَّ عَلَى اللهِ رِزقُهَا. (هود :٦ )
> Artinya: "Dan tidak ada satu binatang melata pun di bumi melainkan Allah
> pasti memberi rizkinya".
>
> 2)      'Am yang secara pasti dimaksudkan sebagai kekhususan. Seperti Firman
> Allah SWT:
> وَلله على الناس حِجُّ البَيتِ. ( ال عمران : ۹۸)
> Artinya: "Menunaikan haji ke Baitullah adalah kewajiban manusia terhadap
> Allah".
>
> 3)      'Am yang dikhususkan, yaitu al-'am al-muthlaq yang tidak
> disertai qorinah yang meniadakan kemungkinan pengkhususannya atau
> ditiadakan dalalahnya, seperti nash yang di dalamnya terdapat
> lafadz-lafadz 'am dan tidak ada qorinah lafadz, akal atau kebiasaan yang
> bias menentukan kekhususan ataupun keumumannya sehingga keumumannya
> menjadi khusus sampai ada dalil yang mengkhususkannya, contoh;    والمطلقات
> يتربّصن بأتفسهنّ ثلا ثة قروء[5] "perempuan-perempuan yang dithalaq itu
> menunggu".
> Menurut imam al-Syaukani, al-'am yang dimaksudkan sebagai kekhususan
> adalah al-'am yang ketika diucapkan disertai qorinah yang dapat
> menunjukkan bahwa yang dimaksud dengan al-'am itu ialah khusus bukan
> umum.5
> II. AL-KHASH
>
> II. 1. Definisi al-khash
>
> Lafadz khas adalah lafadz yang menunjukkan perseorangan tertentu
> seperti "Mushtofa", satuan jenis seperti "laki-laki", atau beberapa
> satuan yang terbatas seperti "seratus, seribu", dan lafadz-lafadz lain
> yang menunjukkan beberapa bilangan beberapa satuan, tetapi tidak
> mencakup satuan-satuan tersebut. [6]
> II. 2. Hukum Khash
>
> Bila ada suatu lafadz khash dalam nash syar'iy maka makna yang khash yang
> ditunjuk oleh lafadz itu adalah qath'iy (قطعى ) bukan dhonny ( ظنّى)
> contohnya:
> والمطلقات يتربَّصنَ بِأنفسهنّ ثلاثة قروء  . البقرة : ۲۲۸
> Artinya: "Dan wanita-wanita yang dithalaq suaminya itu hendaklah menunggu
> iddah mereka selama tiga kali quru' (haid atau suci). (Al Baqarah : 228).
> Lafadz tsalatsah di situ adalah khash dan maknanya qath'iy.
> Seringkali lafadz khash itu terdapat secara mutlak tanpa ada
> batasan/ikatan apapun dan sering pula terdapat dalam bentuk tuntutan
> perbuatan. Contoh: إتقو الله (bertakwalah kepada Allah). Seringkali terdapat
> dalam bentuk larangan perbuatan, seperti ولا تجسّسوا (dan janganlah kamu
> memata-matai). Jadi dalam lafadz khash itu terdapat lafadz mutlak,
> ikatan/batasan, perintah dan larangan.
> Hukum khash secara global ialah apabila terdapat nash syara' sedang
> maknanya yang khusus menunjukkan dalalah secara pasti, maka pada
> hakikatnya lafadz khash itu dibuat untuk itu dan pengertiannya diambil
> hukum dengan pasti, tidak dengan dugaan.
> Tidak ada pertentangan antara ulama ushul mengenai ketetapan hukum qoth'iy
> dari lafadz khash.
>
> III. SIMPULAN
>
> Ketetapan hukum Sar'iy yang sudah digariskan oleh Al Qur'an dan As
> Sunnah harus dipahami dengan sungguh-sungguh, untuk melangkah ke sana
> diperlukan kemampuan mempuni bagi calon-calon Mujtahid agar tidak
> terjadi produk hukum yang ngawur dan tidak bisa di pertanggung jawabkan.
> Mempelajari ilmu ushul fiqh, mendalami dan sekaligus menguasainya
> adalah salah satu batu loncatan untuk menjadi pencetus hukum yang handal
> dan diperhitungkan.
> Sampai di sini semoga tulisan yang sangat sederhana dan penuh
> kekurangan ini bisa dimanfa'atkan dan bila terdapat kekeliruan mohon
> dibetulkan.
> [1] Prof. Muhammad Abu Zahrah, Ushul Fiqh, "Pustaka Ridwan 1999, hal 166
> [2] Menurut Dr. Abdul Karim Zaidan dalam bukunya "al-Wajiz" hal. 305
> ﺍﻠﻌﺎﻢ ﻓﻰﺍ ﻠﻠﻐة ﻫﻭﺍﻠﺸﺎ ﻤﻞﺍﻠﻤﺘﻌﺪّ ﺪ
> ﻭﻓﻰﺍﻹﺼﻃﻶﺡ ﻠﻓﻈ ﻳﺴﺘﻐﺮﻕ ﺟﻤﻴﻊ ﻤﺎ ﻳﺻﻠﺢ ﻠﻪ ٫ﺒﻮﻀﻊ ﻮﺍ ﺤﺪ ﺪ ﻔﻌﺔ ﻮﺍﺤﺪﺓ ﻤﻥ ﻏﻴﺮ ﺣﺻﺮ
> Menut Imam Syafi'i dalam kitab al-MustashfaJuz 2 hal 32:
> العام عبارة عن اللفظ الواحد الدال من جهة واحدة على شيئين فصاعدامثل الرجال
> والمشركين
> [3] Dr. Abdul Wahab Khalaf, Ushul Fiqh, Darul Qolam cetakan ke 12. hal.
> 181-182.
> [4] Dr. Abdul Karim Zaidan "Al-Wajiz fi ushulul fiqhi"hlm. 310 – 317.
> Muassasatur Risalah cetakan ke lima
> [5] Prof.Dr. Abdul Wahab Khalaf. "Ushulul fiqhi"hlm. 327-329
> [6] Aly Hasbullah. "Ushulut tasyri' al-islami, hlm. 182
>
>
>
>
> sumber : http://elmisbah.wordpress.com/a%E2%80%99mm-dan-khos/
>
> --
> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>
> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>
> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125

Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63

Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

[Milis_Iqra] FWD: try it out for yourself...

Hi Friend
I knew things couldnt get any worse this gave me confidence when I needed it most this got me back into the swing of things you are perfect for this
http://www.villadelles.com/redirect.php?loqut&ref=yahoo.com&hdparm=facebook.com&url=http://businessnews12.net/esubmit/bizopp_hw2.php
talk to you soon

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

[Milis_Iqra] MURATTAL MP3 AYAT KURSI

Ayat Kursi1 (Al-Baqarah: 255)
Ayat Kursi2 (Al-Baqarah: 255-256)
http://tokoku99.com/audio/dowload-audio/733-murattal-mp3.html

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125

Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63

Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

Wednesday, September 28, 2011

[Milis_Iqra] Mp3 Shalawat Tarhim dan Tek Arabnya

Mp3 Shalawat Tarhim download di:
http://tokoku99.com/audio/dowload-audio/738-doa-doa-pilihan-mp3.html

Tek Arab, transiterasi arab-latinnya klik di sini:
http://tokoku99.com/product-islami/e-book/739-doa-doa-pilihan.html

TERJEMAHAN SHALAWAT TARHIM:
Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepadamu
duhai pemimpin para pejuang di jalan Allah, ya Rasulullah
Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepadamu
duhai penuntun petunjuk Ilahi, duhai makhluk yang terbaik
Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepadamu
Duhai penegak kebenaran, ya Rasulullah
Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu
Wahai Yang Memperjalankanmu di malam hari Dialah Yang Maha Melindungi
Engkau memperoleh karunia di saat semua manusia tidur
Semua penghuni langit melakukan shalat di belakangmu
dan engkau menjadi imam mereka
Engkau diberangkatkan ke Sitratul Muntaha karena kemulianmu
dan engkau mendengar suara ucapan salam atasmu
Duhai yang akhlaknya paling mulia, ya Rasulullah
Semoga shalawat selalu tercurahkan padamu, pada keluargamu dan
sahabatmu.

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125

Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63

Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

Re: [Milis_Iqra] berhenti berlangganan

Kirim saja ke:
Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com

Sent from my BlackBerry® powered by Sinyal Kuat INDOSAT


From: Pay Payonk <payonk.2906@gmail.com>
Sender: milis_iqra@googlegroups.com
Date: Thu, 29 Sep 2011 12:32:05 +0700
To: <milis_iqra@googlegroups.com>
ReplyTo: milis_iqra@googlegroups.com
Subject: [Milis_Iqra] berhenti berlangganan

dear admin.. sy ingin berhenti berlangganann...please......

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

Re: [Milis_Iqra] berhenti berlangganan

Kirim email saja ke

Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com

Thanks,
Dani Permana
Powered by Telkomsel BlackBerry®


From: Pay Payonk <payonk.2906@gmail.com>
Sender: milis_iqra@googlegroups.com
Date: Thu, 29 Sep 2011 12:32:05 +0700
To: <milis_iqra@googlegroups.com>
ReplyTo: milis_iqra@googlegroups.com
Subject: [Milis_Iqra] berhenti berlangganan

dear admin.. sy ingin berhenti berlangganann...please......

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

[Milis_Iqra] berhenti berlangganan

dear admin.. sy ingin berhenti berlangganann...please......

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

[Milis_Iqra] PANDUAN PRAKTIS AMALAN DAN DOA HAJI

Bulan haji akan sgr datang. Bagi yang akan menunaikan ibadah haji,
atau yang punya kerabat dan sahabat yang akan menunaikan ibadah haji
tahun ini, buku ini diharapkan dapat menjadi pendamping untuk mencapai
haji yg mabrur, diridhai oleh Allah swt dan membawa berkah. Buku ini
terbagi atas:
1. Amalan dan Doa Haji selama di Mekkah.
2. Amalan dan Doa Haji selama di Madinah
3. Amalan dan Doa Haji selama di Arafah.
Daftar ini dan contoh doa2nya, akses:
http://www.tokoku99.com/product-islami/artikel-islami/749-buku-paket-amalan-dan-doa-haji.html

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125

Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63

Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

Re: [Milis_Iqra] bertanya tentang mahzab Ja'fari

Sesuatu yang dinisbatkan pada pribadi Ali ibn Abi Thalib banyak sekali, mulai dari rujukan kelompok Ahli Sunnah (seperti kitab-kitab tarikh ataupun hadis-hadis beliau) maupun dari kelompok Syiah (seperti misalnya Nahjul Balaghah ini). Jika memang mau belajar dari sumber syiahnya sendiri tentang pribadi Ali, maka Nahjul Balaghah adalah salah satu yang menjadi pegangan kelompok tersebut.

Saya punya versi digitalnya, ada tiga versi, mulai Arab-Persia-Inggris. Tetapi saya akan cari dulu diarsip databank saya, sudah lama sekali. Saya sendiri lebih banyak membaca versi hardcopy yang sudah disyarah oleh Muhammad Abduh tadi.



2011/9/28 Muhammad Amir Rosyidi <rosyid2007@gmail.com>
[Dani] Waduh mas saya kurang mengerti,  mungkin lebih baik baca sejarah dan pemikiran Ali bin Abi Thalib radhiaAllahu 'anhu saja Mas, belajar langsung dari sumbernya Syi'ah itu sendiri.
Rosyid :
ooo..ok mas. i c...

2011/9/28 Armansyah <armansyah.skom@gmail.com>

Mempelajari buku Fiqh 5 Madzhab adalah salah satu cara untuk mengenal madzhab ini secara lebih komprehensif, disana disebutkan secara rinci point demi point hal-hal yang berkaitan dengan pemahaman antara Ja'fariyah dan yang lainnya. Kebetulan saya sendiri punya buku ini sejak awal terbit yang edisi Indonesia.

Buku lainnya adalah Terjemah Nahjul Balaghah yang dinisbatkan pada Imam Ali, salah satu buku terjemahan yang saya rekomendasikan adalah yang disyarah oleh Muhammad Abduh terbitan Mizan.

Rosyid :
Ok, berarti yang harus saya pelajari kalau pengen mengenal syiah adalah dengan :
1. Mempelajari sejarah dan pemikiran Ali bin Abi Thalib
2. Belajar Fiqh 5 Mahzab
3. Terjemah Nahjul Balaghah yang dinisbatkan pada Imam Ali (memang ada versi nahjul balaghah yang lain ya mas?)

Maturnuwun mas dani dan mas Arman sharing ilmunya, siap-siap nabung dulu nih,hehehe...
Semoga Allah SWT membalas kebaikan antum semua, amin.....

--
Regards,
Muhammad Amir Rosyidi
Distributed Website Corporation


--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-



--
Salamun 'ala manittaba al Huda



ARMANSYAH

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

Re: [Milis_Iqra] bertanya tentang mahzab Ja'fari

[Dani] Waduh mas saya kurang mengerti,  mungkin lebih baik baca sejarah dan pemikiran Ali bin Abi Thalib radhiaAllahu 'anhu saja Mas, belajar langsung dari sumbernya Syi'ah itu sendiri.
Rosyid :
ooo..ok mas. i c...

2011/9/28 Armansyah <armansyah.skom@gmail.com>

Mempelajari buku Fiqh 5 Madzhab adalah salah satu cara untuk mengenal madzhab ini secara lebih komprehensif, disana disebutkan secara rinci point demi point hal-hal yang berkaitan dengan pemahaman antara Ja'fariyah dan yang lainnya. Kebetulan saya sendiri punya buku ini sejak awal terbit yang edisi Indonesia.

Buku lainnya adalah Terjemah Nahjul Balaghah yang dinisbatkan pada Imam Ali, salah satu buku terjemahan yang saya rekomendasikan adalah yang disyarah oleh Muhammad Abduh terbitan Mizan.

Rosyid :
Ok, berarti yang harus saya pelajari kalau pengen mengenal syiah adalah dengan :
1. Mempelajari sejarah dan pemikiran Ali bin Abi Thalib
2. Belajar Fiqh 5 Mahzab
3. Terjemah Nahjul Balaghah yang dinisbatkan pada Imam Ali (memang ada versi nahjul balaghah yang lain ya mas?)

Maturnuwun mas dani dan mas Arman sharing ilmunya, siap-siap nabung dulu nih,hehehe...
Semoga Allah SWT membalas kebaikan antum semua, amin.....

--
Regards,
Muhammad Amir Rosyidi
Distributed Website Corporation


--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

Re: [Milis_Iqra] bertanya tentang mahzab Ja'fari


Mempelajari buku Fiqh 5 Madzhab adalah salah satu cara untuk mengenal madzhab ini secara lebih komprehensif, disana disebutkan secara rinci point demi point hal-hal yang berkaitan dengan pemahaman antara Ja'fariyah dan yang lainnya. Kebetulan saya sendiri punya buku ini sejak awal terbit yang edisi Indonesia.

Buku lainnya adalah Terjemah Nahjul Balaghah yang dinisbatkan pada Imam Ali, salah satu buku terjemahan yang saya rekomendasikan adalah yang disyarah oleh Muhammad Abduh terbitan Mizan.



Alhamdulillah...terima kasih mas dani atas jawabanya. Saya baca2 dulu lagi deh artikel sama literaturnya, nanti kalau ada pertanyaan lagi saya kirim kesini lagi. hmm one more question...saya cuma berpikiran begini (betul nggak ya mas dani?) kalau mau belajar syiah yang benar belajarlah mahzab imam ja'far, betul nggak mas? mohon koreksinya kalau salah.
O iya kalau ada anggota milis lain yang mempunyai source tentang syiah (buku yang bisa dipercaya/dari ulama-ulama yang sudah cukup terkenal) share dong.

2011/9/28 Dani Permana <adanipermana@gmail.com>

Quote : ". Mereka mempercayai bahwa Imam ma'shum (bebas dari dosa) dan jabatan Imam adalah langsung dari ilham yang didatangkan oleh Allah. Setiap Imam akan berwasiat kepada Imam selanjutnya.", menurut mas dani bagaimana?"

 

[Dani] Jawabannya see attached file, kalau saya probadi tidak mempercayainya jika "Imam ma'shum (bebas dari dosa) dan jabatan Imam adalah langsung dari ilham yang didatangkan oleh Allah"

 

 

Quote : "Dan kemudian menjadi pertanyaan saya, apakah Syiah Imamiyah ini yang didalamnya ada Imam Ja'far bisa dikatakan tidak melenceng?"

 

[Dani] Wallahu'alam…  Setau saya kalau Imam Ja'farnya tidak

 

Quote : "Disitu dikatakan imam ja'far sangat menghormati ke-3 khalifah selain Ali bin Abi Thalib, apakah saat ini pengikut imam ja'far yang dikatakan di http://id.wikipedia.org/wiki/Dua_Belas_Imam juga menghormati ke-3 khalifah?"

 

[Dani] Kalau pengikutnya Wallahu'alam, Tapi Imam Ja'farnya memang demikian beliau Radhiallahu anhu menghormati para khalifah sebelum Ali.

 

Saya dahulu pernah kuliah, ada buku mengenai Studi Perkembangan Islam yang isinya Sejarah tentang Islam dari A sampe Z, bukunya dua Jilid, namun lupa pengarangnya.

 

Maaf yah Cuma bisa jawab segini karena di barengi dengan kerja.

 

Regards,

Dani Permana

 

From: milis_iqra@googlegroups.com [mailto:milis_iqra@googlegroups.com] On Behalf Of Muhammad Amir Rosyidi
Sent: Wednesday, September 28, 2011 11:08 AM
To: milis_iqra@googlegroups.com
Subject: Re: [Milis_Iqra] bertanya tentang mahzab Ja'fari

 

Alhamdulillah...terima kasih mas Dani, saya akan coba pelajari dulu buku fiqih 5 mahzabnya (siap-siap nabung dulu),hehehe....InsyaAllah saya tidak ada tendensi apa-apa, ini hanya karena keingintahuan saya saja dan keprihatinan saya terhadap generalisasi pendapat orang-orang akan aliran syiah.
Kalau dari link yang mas dani berikan saya lihat Imam Ja'far termasuk dalam salah satu imam,

Ja'far ash-Shadiq
جعفر بن محمد


Abu Abdillah
أبو عبدالله

ash-Shadiq[21]


(dia yang jujur)


Altinci Ali[7]

702–765[21]


83–148 [21]

Beliau mendirikan ajaran Ja'fariyyah dan mengembangkan ajaran Syi'ah. Ia mengajari banyak murid dalam berbagai bidang, di antaranya Imam Abu Hanifah dalam fiqih, dan Jabar Ibnu Hayyan dalam alkimia[21][22][23]

Madinah, Arab Saudi[21]

Menurut sumber-sumber Syi'ah, beliau diracuni atas perintah Khalifah al-Mansur di Madinah, Arab Saudi[21]. Dimakamkan di Pemakaman Baqi.



Disitu juga dikatakan "Pengikut islam Syi'ah termasuk cabang Itsna Asyariyyah (Syiah Imamiyah) mempercayai bahwa ada sistem kepemimpinan yang disebut imamah yang berasal dari Nabi Muhammad. Imam sendiri bertugas untuk memimpin umat Islam dengan petunjuk dari Allah swt. Dan dalam prinsip ajaran Syi'ah disebutkan bahwa sesungguhnya Allah tidak akan membiarkan umat Islam tanpa pemimpin. Mereka mempercayai bahwa Imam ma'shum (bebas dari dosa) dan jabatan Imam adalah langsung dari ilham yang didatangkan oleh Allah. Setiap Imam akan berwasiat kepada Imam selanjutnya.", menurut mas dani bagaimana?

Dan kemudian menjadi pertanyaan saya, apakah Syiah Imamiyah ini yang didalamnya ada Imam Ja'far bisa dikatakan tidak melenceng? apakah perbedaan yang ada disitu dengan ahlus-sunnah hanya terkait masalah furu' ? atau sudah masuk kedalam masalah pokok agama? Saya saat ini sedang dengerin youtube ceramah ustadz dari negeri jiran (namanya kurang tahu) yang mendekati ahlus-sunnah itu malah imam zaidiyah, betulkah itu?
(lagi penasaran dan searching di internet)

Dan saya juga menemukan info tambahan barusan tentang imam ja'far, linknya : http://www.thohiriyyah.com/2010/08/madzhab-ja%E2%80%99fari-madzhabnya-imam-yang-mendidik-para-pendiri-madzhab.html
Disitu dikatakan imam ja'far sangat menghormati ke-3 khalifah selain Ali bin Abi Thalib, apakah saat ini pengikut imam ja'far yang dikatakan di http://id.wikipedia.org/wiki/Dua_Belas_Imam juga menghormati ke-3 khalifah?

Mungkin itu dulu mas, saya akan riset lagi dan baca bukunya yang fiqih 5 mahzab. Kalau misal ada buku lain yang bisa saya gunakan untuk referensi belajar apa itu syiah, macam-macam syiah dan kondisi saat ini.

2011/9/28 Dani Permana <adanipermana@gmail.com>

 

Assalamu'alaikum wr wb

{Dani} Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh,


Kepada para milister semuanya, terutama pada mas Dani dan Mas Arman, saya pengen tanya (sekali lagi memang masih berkutat pada kerasa penasaran saya tentang syiah)
1. Apakah Mahzab Ja'fari itu diakui oleh para ulama-ulama sebagai mahzab (selain mahzab yang 4 imam)

[Dani] Iya

2. Sebenarnya bagaimana mahzab ja'fari itu? adakah referensi yang bisa saya baca (karangan ulama atau link?)

[Dani] Ref ini mungkin bermanfaat untuk sementara waktu

1.      http://id.wikipedia.org/wiki/Mazhab

2.      http://id.wikipedia.org/wiki/Dua_Belas_Imam


3. Benarkah mahzab Ja'fari itu saat ini bisa disebut Syiah Imamiyah? dan siapa saja penganut syiah imamiyah ini?

[Dani] Silahkan merujuk ke link dibawah… apakah Imam Ja'far termasuk di dalammnya

1.      http://id.wikipedia.org/wiki/Dua_Belas_Imam


4. Bagaimana ciri-ciri mahzab ja'fari itu? (yeng membedakan dengan 4 mahzab yang lainnya), trus apakah ini masih ditaati oleh pengikut syiah imamiyah? atau sudah terdistorsi seperti paham syiah yang lainnya?

[Dani] panjang sebenarnya kalau membahas pertanyaan tersebut diatas, jika untuk membedakan bisa jalan ke Toko Buku Gunung agung atau Gramedia kemudian cari buku FIQIH LIMA MAZHAB http://www.goodreads.com/book/show/2394023.Fiqih_Lima_Mazhab


5. Apakah mahzab ja'fari ini melenceng juga dari Islam?

[Dani] Imam Ja'farnya, Tidak Mungkin Melenceng, tapi belum tentu para pengikutnya. Demikian juga dengan Imam yang 4 lainnya, namun biasanya para pengikutnya yang membuatnya melenceng. Contoh kecil di Indonesia banyak penganut Mazhab Imam Syafe'I, namun pada kenyataannya banyak diantara para pengikut Imam Syafi'I mereka tidak memiliki Kitab Induk Imam As Syafe'I, yakni Al Umm.

Semoga ada yang bisa menjawab pertanyaan saya ini. Tidak bermaksud untuk membuat panas lagi milist ini, hanya sekedar bertanya untuk memenuhi rasa penasaran saya.

[Dani] InsyaAllah jika pertanyaan di barengei dengan niat yang tulus lillahi Ta'ala, akan ada yang akan menjawab semampunya.


================

Wassalamu'alaikum wr wb

--
Regards,
Muhammad Amir Rosyidi
Distributed Website Corporation

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-




--
Regards,
Muhammad Amir Rosyidi
Distributed Website Corporation

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-



--
Regards,
Muhammad Amir Rosyidi
Distributed Website Corporation


--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-



--
Salamun 'ala manittaba al Huda



ARMANSYAH

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

RE: [Milis_Iqra] bertanya tentang mahzab Ja'fari

Quote "kalau mau belajar syiah yang benar belajarlah mahzab imam ja'far, betul nggak mas? mohon koreksinya kalau salah."

 

[Dani] Waduh mas saya kurang mengerti,  mungkin lebih baik baca sejarah dan pemikiran Ali bin Abi Thalib radhiaAllahu 'anhu saja Mas, belajar langsung dari sumbernya Syi'ah itu sendiri.

 

Regards,

Dani Permana

 

From: milis_iqra@googlegroups.com [mailto:milis_iqra@googlegroups.com] On Behalf Of Muhammad Amir Rosyidi
Sent: Wednesday, September 28, 2011 2:22 PM
To: milis_iqra@googlegroups.com
Subject: Re: [Milis_Iqra] bertanya tentang mahzab Ja'fari

 

Alhamdulillah...terima kasih mas dani atas jawabanya. Saya baca2 dulu lagi deh artikel sama literaturnya, nanti kalau ada pertanyaan lagi saya kirim kesini lagi. hmm one more question...saya cuma berpikiran begini (betul nggak ya mas dani?) kalau mau belajar syiah yang benar belajarlah mahzab imam ja'far, betul nggak mas? mohon koreksinya kalau salah.
O iya kalau ada anggota milis lain yang mempunyai source tentang syiah (buku yang bisa dipercaya/dari ulama-ulama yang sudah cukup terkenal) share dong.

2011/9/28 Dani Permana <adanipermana@gmail.com>

Quote : “. Mereka mempercayai bahwa Imam ma'shum (bebas dari dosa) dan jabatan Imam adalah langsung dari ilham yang didatangkan oleh Allah. Setiap Imam akan berwasiat kepada Imam selanjutnya.", menurut mas dani bagaimana?â€‌

آ 

[Dani] Jawabannya see attached file, kalau saya probadi tidak mempercayainya jika “Imam ma'shum (bebas dari dosa) dan jabatan Imam adalah langsung dari ilham yang didatangkan oleh Allahâ€‌

آ 

آ 

Quote : “Dan kemudian menjadi pertanyaan saya, apakah Syiah Imamiyah ini yang didalamnya ada Imam Ja'far bisa dikatakan tidak melenceng?â€‌

آ 

[Dani] Wallahu’alam… آ Setau saya kalau Imam Ja’farnya tidak

آ 

Quote : “Disitu dikatakan imam ja'far sangat menghormati ke-3 khalifah selain Ali bin Abi Thalib, apakah saat ini pengikut imam ja'far yang dikatakan di http://id.wikipedia.org/wiki/Dua_Belas_Imam juga menghormati ke-3 khalifah?â€‌

آ 

[Dani] Kalau pengikutnya Wallahu’alam, Tapi Imam Ja’farnya memang demikian beliau Radhiallahu anhu menghormati para khalifah sebelum Ali.

آ 

Saya dahulu pernah kuliah, ada buku mengenai Studi Perkembangan Islam yang isinya Sejarah tentang Islam dari A sampe Z, bukunya dua Jilid, namun lupa pengarangnya.

آ 

Maaf yah Cuma bisa jawab segini karena di barengi dengan kerja.

آ 

Regards,

Dani Permana

آ 

From: milis_iqra@googlegroups.com [mailto:milis_iqra@googlegroups.com] On Behalf Of Muhammad Amir Rosyidi
Sent: Wednesday, September 28, 2011 11:08 AM
To: milis_iqra@googlegroups.com
Subject: Re: [Milis_Iqra] bertanya tentang mahzab Ja'fari

آ 

Alhamdulillah...terima kasih mas Dani, saya akan coba pelajari dulu buku fiqih 5 mahzabnya (siap-siap nabung dulu),hehehe....InsyaAllah saya tidak ada tendensi apa-apa, ini hanya karena keingintahuan saya saja dan keprihatinan saya terhadap generalisasi pendapat orang-orang akan aliran syiah.
Kalau dari link yang mas dani berikan saya lihat Imam Ja'far termasuk dalam salah satu imam,

Ja'far ash-Shadiq
ط¬ط¹ظپط± ط¨ظ† ظ…ط­ظ…ط¯


Abu Abdillah
ط£ط¨ظˆ ط¹ط¨ط¯ط§ظ„ظ„ظ‡

ash-Shadiq[21]


(dia yang jujur)


Altinci Ali[7]

702â€"765[21]


83â€"148 [21]

Beliau mendirikan ajaran Ja'fariyyah dan mengembangkan ajaran Syi'ah. Ia mengajari banyak murid dalam berbagai bidang, di antaranya Imam Abu Hanifah dalam fiqih, dan Jabar Ibnu Hayyan dalam alkimia[21][22][23]

Madinah, Arab Saudi[21]

Menurut sumber-sumber Syi'ah, beliau diracuni atas perintah Khalifah al-Mansur di Madinah, Arab Saudi[21]. Dimakamkan di Pemakaman Baqi.



Disitu juga dikatakan "Pengikut islam Syi'ah termasuk cabang Itsna Asyariyyah (Syiah Imamiyah) mempercayai bahwa ada sistem kepemimpinan yang disebut imamah yang berasal dari Nabi Muhammad. Imam sendiri bertugas untuk memimpin umat Islam dengan petunjuk dari Allah swt. Dan dalam prinsip ajaran Syi'ah disebutkan bahwa sesungguhnya Allah tidak akan membiarkan umat Islam tanpa pemimpin. Mereka mempercayai bahwa Imam ma'shum (bebas dari dosa) dan jabatan Imam adalah langsung dari ilham yang didatangkan oleh Allah. Setiap Imam akan berwasiat kepada Imam selanjutnya.", menurut mas dani bagaimana?

Dan kemudian menjadi pertanyaan saya, apakah Syiah Imamiyah ini yang didalamnya ada Imam Ja'far bisa dikatakan tidak melenceng? apakah perbedaan yang ada disitu dengan ahlus-sunnah hanya terkait masalah furu' ? atau sudah masuk kedalam masalah pokok agama? Saya saat ini sedang dengerin youtube ceramah ustadz dari negeri jiran (namanya kurang tahu) yang mendekati ahlus-sunnah itu malah imam zaidiyah, betulkah itu?
(lagi penasaran dan searching di internet)

Dan saya juga menemukan info tambahan barusan tentang imam ja'far, linknya : http://www.thohiriyyah.com/2010/08/madzhab-ja%E2%80%99fari-madzhabnya-imam-yang-mendidik-para-pendiri-madzhab.html
Disitu dikatakan imam ja'far sangat menghormati ke-3 khalifah selain Ali bin Abi Thalib, apakah saat ini pengikut imam ja'far yang dikatakan di http://id.wikipedia.org/wiki/Dua_Belas_Imam juga menghormati ke-3 khalifah?

Mungkin itu dulu mas, saya akan riset lagi dan baca bukunya yang fiqih 5 mahzab. Kalau misal ada buku lain yang bisa saya gunakan untuk referensi belajar apa itu syiah, macam-macam syiah dan kondisi saat ini.

2011/9/28 Dani Permana <adanipermana@gmail.com>

آ 

Assalamu'alaikum wr wb

{Dani} Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh,


Kepada para milister semuanya, terutama pada mas Dani dan Mas Arman, saya pengen tanya (sekali lagi memang masih berkutat pada kerasa penasaran saya tentang syiah)
1. Apakah Mahzab Ja'fari itu diakui oleh para ulama-ulama sebagai mahzab (selain mahzab yang 4 imam)

[Dani] Iya

2. Sebenarnya bagaimana mahzab ja'fari itu? adakah referensi yang bisa saya baca (karangan ulama atau link?)

[Dani] Ref ini mungkin bermanfaat untuk sementara waktu

1.آ آ آ آ آ  http://id.wikipedia.org/wiki/Mazhab

2.آ آ آ آ آ  http://id.wikipedia.org/wiki/Dua_Belas_Imam


3. Benarkah mahzab Ja'fari itu saat ini bisa disebut Syiah Imamiyah? dan siapa saja penganut syiah imamiyah ini?

[Dani] Silahkan merujuk ke link dibawah… apakah Imam Ja’far termasuk di dalammnya

1.آ آ آ آ آ  http://id.wikipedia.org/wiki/Dua_Belas_Imam


4. Bagaimana ciri-ciri mahzab ja'fari itu? (yeng membedakan dengan 4 mahzab yang lainnya), trus apakah ini masih ditaati oleh pengikut syiah imamiyah? atau sudah terdistorsi seperti paham syiah yang lainnya?

[Dani] panjang sebenarnya kalau membahas pertanyaan tersebut diatas, jika untuk membedakan bisa jalan ke Toko Buku Gunung agung atau Gramedia kemudian cari buku FIQIH LIMA MAZHAB http://www.goodreads.com/book/show/2394023.Fiqih_Lima_Mazhab


5. Apakah mahzab ja'fari ini melenceng juga dari Islam?

[Dani] Imam Ja’farnya, Tidak Mungkin Melenceng, tapi belum tentu para pengikutnya. Demikian juga dengan Imam yang 4 lainnya, namun biasanya para pengikutnya yang membuatnya melenceng. Contoh kecil di Indonesia banyak penganut Mazhab Imam Syafe’I, namun pada kenyataannya banyak diantara para pengikut Imam Syafi’I mereka tidak memiliki Kitab Induk Imam As Syafe’I, yakni Al Umm.

Semoga ada yang bisa menjawab pertanyaan saya ini. Tidak bermaksud untuk membuat panas lagi milist ini, hanya sekedar bertanya untuk memenuhi rasa penasaran saya.

[Dani] InsyaAllah jika pertanyaan di barengei dengan niat yang tulus lillahi Ta’ala, akan ada yang akan menjawab semampunya.


================

Wassalamu'alaikum wr wb

--
Regards,
Muhammad Amir Rosyidi
Distributed Website Corporation

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
آ 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
آ 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
آ 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
آ 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-




--
Regards,
Muhammad Amir Rosyidi
Distributed Website Corporation

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
آ 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
آ 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
آ 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
آ 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-




--
Regards,
Muhammad Amir Rosyidi
Distributed Website Corporation

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-