Friday, March 9, 2012

[Milis_Iqra] Mutiara Cinta Sejati

Karena Cinta http://tinyurl.com/3ue2mvx
Cinta Rahasia yang tak akan Terungkapkan http://tinyurl.com/424a9gp
Tak akan pernah Dipuaskan oleh Cinta http://tinyurl.com/3gs4ml8
Tanpa Cinta Hidup akan Sia-sia http://tinyurl.com/3fbeaop
Antara Cinta dan Murka Allah http://tinyurl.com/4x9dl5z
Bila Hati telah Terbakar oleh Cinta http://tinyurl.com/3db6vhl
Cinta Membesarkan Pandangan http://tinyurl.com/3fmfd4u
Cinta bukan Tipudaya http://tinyurl.com/3spkgoq
Dialog Akal dan Cinta http://tinyurl.com/3bnka38
Mencintai Nabi saw Syarat Keimanan http://tinyurl.com/3d36dbd
Tanda dan Bukti Cinta http://tinyurl.com/6lx879e
Cinta dan Kesucian http://tinyurl.com/3cvyt6f
Keimanan dan Cinta Yang Tulus http://tinyurl.com/3e7me9g
Ungkapan Cinta dan Rindu http://tinyurl.com/4y9mzuy
Cintanya Orang Dungu http://tinyurl.com/44yclg7

Lebih lengkap akses: http://tokoku99.com/visitor/mutiara-hikmah.html

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125

Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63

Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

[Milis_Iqra] Mutiara Hikmah dalam Hadis Suci

Hawa Nafsu dan Bencana http://tinyurl.com/3zdgln8
Memperbaiki Hubungan http://tinyurl.com/43j6ugo
Persaudaraan Sejati http://tinyurl.com/3u72z46
Inilah Dokter yg Sejati http://tinyurl.com/3lek6zk
Pergaulan yang Merindukan http://tinyurl.com/3plcy8w
Sekiranya Dunia ini msh Berharga http://tinyurl.com/3emvrra
Kehancuran manusia akibat 3 watak http://tinyurl.com/442wd4b
Siapa kawan dan siapa lawan http://tinyurl.com/3f7c9h7
Ibadahnya para Pedagang http://tinyurl.com/3vfqat4
Puncak Kesadaran Akal http://tinyurl.com/3ljobjl
Pelajaran dalam Setiap Peristiwa http://tinyurl.com/3lv6xoy
3 Hal yang Menghancurkan Manusia http://tinyurl.com/4555bjl
Dua Hal yang Paling Ditakutkan http://tinyurl.com/42tezzy
Waspadai Orang yang Suka Mencela http://tinyurl.com/3uk9v98
Akibat Berteman dengan Orang Dungu http://tinyurl.com/3krk3y4
Akibat Berteman dengan Pembohong http://tinyurl.com/6kndhon
3 hal yg menyelamatkan orang mukmin http://tinyurl.com/3lbonue
Allah merahasiakan 3 hal dalam 3 hal http://tinyurl.com/3qnmpdh
Penyesalan Yang Paling Besar http://tinyurl.com/6f4udag
Lidah Orang Berakal dan Hati Orang Bodoh http://tinyurl.com/3g5p49j
Telah Menghina diri sendiri http://tinyurl.com/4xxsybl
3 hal yang menghancurkan manusia http://tinyurl.com/3m7vr8v

Lebih lengkap akses: http://tokoku99.com/visitor/mutiara-hikmah.html

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125

Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63

Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

[Milis_Iqra] Khilafah Tidak Mesti Pada Ahlul Bait

Khilafah Tidak Mesti Pada Ahlul Bait

 

Kaum muslimin (baca: para shahabat) telah berijma' bahwa khalifah pertama pengganti Rasulullah adalah Abu Bakr Ash-Shiddiq. Namun ada sekelompok orang yang mengaku sebagai muslimin, tidak menerima keadaan ini. Orang-orang yang mengaku sebagai pecinta Ahlul Bait ini mengklaim bahwa Ali bin Abi Thalib lebih berhak menjadi khalifah dibanding Abu Bakr Ash-Shiddiq. Mereka adalah orang-orang Syi'ah. Uraian berikut mencoba membongkar berbagai kebohongan yang menjadi pijakan sikap mereka.

 

Ahlul Bait Mengakui Keabsahan Khilafah Abu Bakr Ash-Shiddiq

 

Syubhat terbesar kaum Syi'ah adalah meragukan keabsahan khilafah Abu Bakr Ash-Shiddik. Mereka menganggap dibai'atnya Abu Bakr adalah tidak sah, karena Ali dan keluarganya atau Ahlul Bait tidak diajak musyawarah, padahal Ali lebih berhak menjadi khalifah daripada Abu Bakr atau Umar. Demikianlah syubhat Syi'ah yang mereka hembuskan di mana-mana, dengan kalimat yang sama dari tokoh Syi'ah yang berbeda-beda, bagaikan satu kaset yang diputar berulang-ulang.

 

Pemahaman sesat dari orang-orang Persia ini selalu mengatasnamakan Ahlul Bait dan menganggap pemahamannya sebagai "madzhab Ahlul Bait". Sehingga yang paling mudah terbawa dengan pemahaman Syi'ah ini adalah orang-orang yang mengaku sebagai turunan Ali atau Alawiyyin, kecuali yang Allah rahmati. Ketika disampaikan kepada mereka bahwa Ahlul Bait terdzalimi bangkitlah emosi kekeluargaannya. Padahal apa yang disampaikan oleh kaum Syi'ah -yang merupakan jelmaan kaum Majusi Persia- adalah kedustaan yang nyata dan tidak memiliki bukti yang otentik.

 

Biasanya mereka mengambil riwayat-riwayat tersebut dari kitab yang paling terkenal di kalangan mereka yaitu Nahjul Balaghah, yang berisi ucapan-ucapan, khutbah-khutbah dan sya'ir-sya'ir yang semuanya diatasnamakan Ali bin Abi Thalib. Penulis buku tesebut mengesankan bahwa seakan-akan Ali tidak terima dengan keputusan para shahabat memilih Abu Bakr sebagai khalifah. Bahkan dinukil bahwa Ali mencaci dan mencerca Abu Bakr, Umar dan para shahabat yang lain. Namun sayang penulis buku tersebut tidak membawakan ucapan-ucapan Ali tersebut dengan sanadnya (rantai para rawi) sehingga tidak dapat diperiksa keotentikannya secara ilmiah dengan standar ilmu hadits.

 

Kitab ini -yang di kalangan kaum Syi'ah sejajar dengan Al-Qur'an- ternyata disusun dan dikarang oleh seorang tokoh sesat dari kalangan Syi'ah Imamiyyah Rafidah yang bernama Al-Murtadla Abi Thalib Ali bin Husain bin Musa Al-Musawi (meninggal th. 436 Hijriyah). Yang telah dinyatakan  oleh para Ulama Ahlus Sunnah sebagai pendusta atas nama Ali bin Abi Thalib.   

 

Al-Imam Adz-Dzahabi berkata ketika membahas biografi orang ini sebagai berikut: "Dia adalah penghimpun kitab Nahjul Balaghah yang menyandarkan kalimat-kalimat yang ada dalam kitab ini kepada Imam Ali tanpa disebutkan sanad-sanadnya. Sebagian kalimat itu batil, meskipun juga di dalamnya ada hal yang benar[1]. Namun ucapan-ucapan palsu yang terdapat dalam kitab ini mustahil diucapkan oleh Al-Imam Ali." (Siyar A'lamin Nubala`, 17/589-590)

 

Beliau juga berkata: "…Barangsiapa melihat buku Nahjul Balaghah, maka ia akan yakin bahwa ucapan-ucapan itu adalah dusta atas nama Amirul Mukminin Ali, karena di dalamnya terdapat caci-makian yang sangat jelas terhadap dua tokoh besar shahabat yaitu Abu Bakr dan Umar. Juga tedapat ungkapan-ungkapan yang kaku (menurut kaidah sastra Arab, pen.) bagi orang yang kenal jiwa bangsa Quraisy (dan tingginya bahasa mereka, pen.) dari kalangan para shahabat. Dan orang-orang setelahnya akan mengerti dengan yakin bahwa kebanyakan isi kitab tersebut adalah batil. (Mizanul i'tidal 3/124 Lisanul Mizan, 4/223) 

 

Ibnu Sirin menilai bahwa seluruh apa yang mereka (kaum Syi'ah) riwayatkan dari Ali adalah kedustaan. (Al-'Alamus Syamikh, hal. 237)

 

Juga Al-Khathib Al-Baghdadi dalam kitabnya Al-Jami' Li Akhlaqir Rawi wa Adabis Sami' (juz 2 hal. 161) telah memberikan isyarat tentang kedustaan kandungan kitab ini.

 

Syaikhul Islam berkata: "… sebagian besar khutbah-khutbah yang dinukil penyusun kitab Nahjul Balaghah adalah dusta atas nama Ali. Beliau terlalu mulia dan terlalu tinggi kapasitasnya untuk berbicara dengan ucapan seperti itu. Tetapi mereka merekayasa kebohongan dengan beranggapan bahwa hal itu sebagai sanjungan (terhadap Ali, pent.). Sungguh Itu bukanlah kebenaran, apalagi merupakan sanjungan…." (Minhajus Sunnah An-Nabawiyah, 8/55-56)

 

Sedangkan para ulama Ahlus Sunnah wal Jama'ah telah meriwayatkan dengan sanad -dan sanad tersebut telah diteliti keshahihannya secara ilmiah- ucapan-ucapan Ali yang bertentangan dengan apa yang mereka riwayatkan 180 derajat. Di antaranya:

 

Pertama, riwayat yang menunjukkan Ali bin Abi Thalib setuju dengan keputusan para shahabat. Al-Imam Al-Bukhari meriwayatkan dengan sanadnya sampai kepada Ibnu Sirin dari Ubaidah, bahwa ia mendengar Ali mengatakan:

 

"Putuskanlah sebagaimana kalian putuskan, sesungguhnya aku membenci perselisihan hingga manusia berada dalam satu jamaah atau lebih baik aku mati seperti para sahabat-sahabatku." (HR. Al-Bukhari kitab Fadha`il Shahabah bab Manaqib Ali dengan Fathul Bari juz 7 hal 424 no 2707)

 

Kedua, diriwayatkan pula secara mustafidh (dalam jumlah banyak) dari Ali bin Abi Thalib sendiri, sebagaimana dalam Shahih Al-Bukhari dengan menyebutkan sanadnya sampai kepada Muhammad ibnul Hanafiyah:

 

"Aku bertanya kepada bapakku (yakni Ali bin Abi Thalib): Siapakah manusia yang terbaik setelah Rasulullah? Ia menjawab: "Abu Bakr". Aku bertanya (lagi): "Kemudian siapa?" Ia menjawab: "Umar." Dan aku khawatir ia akan berkata Utsman, maka aku mengatakan: "Kemudian engkau?" Beliau menjawab: "Tidaklah aku kecuali seorang dari kalangan muslimin." (HR. Al-Bukhari, kitab Fadha`ilus Shahabah, bab 4 dan Fathul Bari juz 4/20)

 

Ketiga, Ibnu Taimiyah berkata bahwa riwayat yang seperti ini (yakni riwayat di atas) telah diriwayatkan dari Al-Imam Ali lebih dari 80 riwayat. Dan bahwasanya Ali ibnu Abi Thalib pernah berbicara di mimbar Kufah, mengancam orang-orang yang mengutamakan beliau di atas Abu Bakr dan Umar dengan cambukan seorang pendusta.

 

"Tidak didatangkan kepadaku seseorang yang mengutamakan aku diatas Abu Bakr dan Umar kecuali akan aku cambuk dengan cambukan seorang pendusta."

 

Maka ketika itu seorang yang mengatakan beliau lebih utama dari Abu Bakr dan Umar dicambuk delapan puluh kali cambukan. (Majmu' Fatawa, juz 4 hal. 422)

 

Keempat, Al-Imam Al-Bukhari juga meriwayatkan dengan sanadnya yang bersambung dan shahih sampai kepada Ibnu Abbas bahwa dia pernah menghadiri jenazah Umar bin Al-Khaththab, dia berkata yang artinya:

 

"Sungguh aku pernah berdiri di kerumunan orang yang bersama-sama mendoakan Umar bin Al-Khaththab yang telah diletakkan di atas pembaringannya. Tiba-tiba seseorang dari belakangku yang meletakkan sikunya di kedua pundakku berkata: "Semoga Allah merahmatimu (Umar), dan aku berharap agar Allah menggabungkan engkau bersama dua shahabatmu (Yakni Rasulullah dan Abu Bakr) karena aku sering mendengar Rasulullah bersabda: 'Waktu itu aku bersama Abu Bakr dan Umar…' 'aku telah mengerjakan bersama Abu Bakr dan Umar…', 'aku pergi dengan Abu Bakr dan Umar...'. Maka sungguh aku berharap semoga Allah menggabungkan engkau dengan keduanya. Maka aku menengok ke belakangku ternyata ia adalah Ali bin Abi Thalib." (HR. Al-Bukhari dalam Fadha`ilus Shahabah bab Manaqib Umar bin Al-Khaththab, 7/3685, 3677, dengan Fathul Bari)

 

Syarat Pemimpin adalah Quraisy, Bukan Ahlul Bait

 

Alasan lain kaum Syi'ah Rafidhah yang menganggap bahwa Ali lebih berhak menjadi khalifah adalah karena Ali termasuk keluarga Rasulullah. Alasan ini seperti alasan Yahudi yang mengatakan bahwa penguasa harus dari keluarga Dawud. Tidak ada satu pun dalil yang menyatakan bahwa kepemimpinan atau khilafah harus dari kalangan Ahlul Bait. 

 

Syarat-syarat seorang untuk layak menjadi pemimpin sangat jelas dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah. Di antaranya syarat umum yang harus ada pada seorang pemimpin adalah Islam, baligh, berakal, merdeka (bukan hamba sahaya), laki-laki dan berilmu. Kemudian syarat-syarat khusus yaitu sifat-sifat yang harus ada pada seorang pemimpin yaitu keadilan, kesempurnaan mental, kesempurnaan fisik seperti ucapan Allah tentang Thalut yang Allah angkat menjadi pemimpin:

 

Nabi mereka mengatakan kepada mereka: "Sesungguhnya Allah telah mengangkat Thalut menjadi rajamu." Mereka menjawab: "Bagaimana Thalut memerintah kami, padahal kami lebih berhak mengendalikan pemerintahan daripadanya, sedang dia pun tidak diberi kekayaan yang cukup banyak?" Nabi (mereka) berkata: "Sesungguhnya Allah telah memilih rajamu dan menganugerahinya ilmu yang luas dan tubuh yang perkasa." Allah memberikan pemerintahan kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Luas pemberian-Nya lagi Maha Mengetahui." (Al-Baqarah: 247)

 

Juga harus ada pada seorang pemimpin sifat keshalihan dan ketaqwaan, karena Allah akan mewarisi bumi ini untuk orang-orang yang shalih:

 

"Sungguh telah Kami tulis di dalam Zabur, sesudah (Kami tulis dalam) Lauh Mahfuzh, bahwasanya bumi ini akan diwariskan kepada hamba-hamba-Ku yang shalih." (Al-Anbiya`: 105)

 

Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang shalih bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di muka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa. Dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan-Ku. Dan barang siapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik." (An-Nur: 55)

 

Oleh karena itu ketika Allah menjadikan Ibrahim sebagai imam dan Ibrahim meminta keturunannya juga menjadi pemimpin, Allah menyatakan bahwa kepemimpinan tidak akan diberikan kepada orang-orang dzalim dari keturunannya.

 

"Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Rabbnya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: 'Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia.' Ibrahim berkata: "(Dan saya mohon juga) dari keturunanku." Allah berfirman: "Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang-orang yang dzalim."  (Al-Baqarah: 124)

 

Ibnu Katsir berkata mengutip ucapan Mujahid dalam menafsirkan ayat ini: "Artinya adalah: Adapun orang-orang yang shalih dari mereka maka Aku (Allah) akan jadikan mereka sebagai pemimpin. Adapun orang yang dzalim dari mereka, maka Kami tidak akan menjadikannya sebagai pemimpin dan Kami tidak peduli." (Tafsir Ibnu Katsir, juz I, hal. 167)

 

Dengan demikian berarti kepemimpinan itu didapat bukan karena faktor keturunan, tetapi karena faktor keshalihan. 

 

Disamping itu, juga sifat yang harus ada agar seseorang layak menjadi pemimpin adalah kesabaran dan keyakinan yang tinggi. Allah juga berfirman:

 

"Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar. Dan adalah mereka meyakini ayat-ayat Kami." (As-Sajdah: 24)

 

Sedangkan syarat terakhir dari seorang pemimpin adalah Qurasyiyah (turunan Quraisy). Tentunya syarat ini adalah setelah syarat-syarat tadi di atas. Maka kalaupun turunan Quraisy, jika memiliki kekurangan-kekurangan dari sifat-sifat di atas, tentunya juga tidak layak menjadi pemimpin atau khalifah. Namun jika ada beberapa orang yang memiliki syarat-syarat di atas dan di antara mereka ada seorang turunan Quraisy , maka tentu saja yang paling layak untuk menjadi seorang pemimpin adalah dari turunan Quraisy .

 

Rasulullah menyatakan bahwa khalifah itu seluruhnya dari kaum Quraisy, sebagaimana dalam hadits:

 

"Dari Jabir bin Samurah, ia berkata: Aku masuk bersama ayahku menemui Rasulullah, maka aku mendengar beliau berkata: "Sesungguhnya urusan ini tidak akan lenyap hingga berakhir di antara mereka dua belas khalifah". Kemudian beliau berbicara dengan ucapan yang tersamar atasku. Maka aku bertanya kepada ayahku: "Apa yang dikatakan oleh beliau?" Ia menjawab: "Seluruhnya dari kalangan Quraisy." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

 

Dengan riwayat yang shahih ini jelaslah bahwa pemimpin tidak harus dari kalangan Ahlul Bait. Tetapi Rasulullah hanya mengatakan Quraisy. Maka setelah itu para ulama semuanya sepakat bahwa syaratnya hanya Qurasyiyah, baik dari Ahlul Bait ataupun tidak.

 

Al-Imam Ahmad berkata: "Khilafah ada pada Quraisy, walaupun manusia hanya tersisa dua orang. Dan tidak seorang pun dari manusia yang berhak untuk merebutnya dari mereka. Tidak keluar dari mereka dan kami tidak menetapkannya untuk selain mereka sampai hari kiamat." (Thabaqat Hanabilah, Ibnu Abi Ya'la; Lihat kitab Imamatul 'Uzhma, Ad-Damiji, hal.  269)

 

Demikian pula Al-Imam Asy-Syafi'i menetapkan syarat ini dalam kitabnya Al-Umm juz 1, hal. 143.

 

Al-Imam Malik berkata: "Tidaklah menjadi seorang imam kecuali orang Quraisy." (Ahkamul Qur'an, Ibnul 'Arabi, juz IV, hal. 1721; lihat Imamatul Udhma, hal. 269)

 

Tidak ada yang menyelisihi pendapat ini, kecuali beberapa kelompok sempalan seperti Khawarij, Mu'tazilah dan Asy'ariyah. Sedangkan kaum Syi'ah Rafidhah menyempitkannya dan menganggap bahwa yang dimaksud Quraisy adalah Ahlul Bait.

 

Orang-orang Syi'ah Rafidhah dari sekte Imamiyah atau Itsna Atsariyyah meyakini bahwa kepemimpinan setelah Rasulullah harus dari kalangan Ahlul Bait yaitu Ali bin Abi Thalib, kemudian kepada Al-Hasan, kemudian Al-Husain kemudian terus kepada turunan Al-Husain hingga berakhir dengan Al-Mahdi Al-Muntazhar (Al-Mahdi yang ditunggu) yang dianggapnya Muhammad bin Al-Hasan Al-Askari yang sudah lahir dan masuk gua, kemudian ditunggu keluarnya sampai hari ini.

 

Padahal sekian banyak hadits seluruhnya menyatakan dari Quraisy, dan tidak ada satu pun riwayat yang menyatakan dari Ahlul Bait.

 

Tidak Ada Wasiat Khilafah untuk Ali bin Abi Thalib

 

Di antara alasan kaum Syi'ah menganggap Ali lebih berhak menjadi khalifah adalah riwayat-riwayat tentang wasiat. Padahal Rasulullah wafat dengan tidak memberikan wasiat apapun, kepada siapapun, kecuali dengan Al-Qur'an.

 

Diriwayatkan di dalam dua kitab Shahih Al-Bukhari dan Muslim dari Thalhah ibnu Musharrif:

 

Aku bertanya kepada Abdullah ibnu Abi Aufa: "Apakah Nabi memberikan wasiat? Beliau menjawab: "Tidak." Maka saya katakan: "Kalau begitu bagaimana dia menuliskan buat manusia pesan-pesannya atau memerintahkan wasiatnya?" Dia menjawab: "Beliau mewasiatkan dengan Kitabullah." (HR. Al-Bukhari; Fathul Bari juz 5 hal. 356, hadits 2340; dan Muslim dalam Kitabul Washiyyah juz 3 hal. 1256, hadits ke-16)

 

Demikian pula diriwayatkan dari Ummul Mukminin 'Aisyah yang tentunya sebagai istri Rasulullah yang beliau meninggal di pangkuannya, tentunya lebih tahu apakah Rasulullah berwasiat atau tidak. Dia berkata dalam riwayat Muslim:

 

"Rasulullah tidak meninggalkan dirham; tidak pula dinar, tidak seekor kambing, tidak pula seekor unta dan tidak mewasiatkan dengan apa pun." (HR. Muslim, dalam Kitabul Washiyyah, juz 3, hal. 256, hadits ke 18)

 

Dalam riwayat Al-Bukhari dan Muslim lainnya dari Aswad bin Yazid, dia berkata:

 

"Mereka menyebutkan di sisi 'Aisyah bahwa Ali adalah seorang yang mendapatkan wasiat. Maka beliau (Aisyah) berkata: "Kapan Rasulullah berwasiat kepadanya, padahal aku adalah sandaran beliau ketika beliau bersandar di dadaku -atau ia berkata:  pangkuanku- kemudian beliau meminta segelas air, tiba-tiba beliau terkulai di pangkuanku, dan aku tidak merasa ternyata beliau sudah meninggal, maka kapan dia berwasiat kepadanya?" (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

 

Demikianlah riwayat-riwayat yang menyatakan bahwa Rasulullah tidak berwasiat ketika wafat sangat banyak, sehingga para shahabat seluruhnya memahami bahwa wasiat beliau secara umum adalah Al-Qur'an.

 

Diriwayatkan pula bahwa di antara keluarga Rasulullah yaitu Ibnu Abbas menyatakan pula kekecewaannya, karena Rasulullah tidak sempat berwasiat disebabkan silang pendapat di antara Ahlul Bait. Sebagian menyatakan cukup Al-Qur'an karena Rasulullah sedang dalam keadaan sakit yang parah. Sedangkan sebagian yang lain, mengharapkan Rasulullah menulis wasiat, hingga datanglah ajal beliau dalam keadaan belum sempat memberikan wasiat. Maka Ibnu Abbas berkata:

 

"Sesungguhnya kerugian dari segala kerugian adalah terhalangnya Rasulullah untuk menulis wasiat kepada mereka, karena perselisihan dan silang pendapat mereka." (HR. Al-Bukhari dalam Kitabul Maghazi, bab Maradhun Nabi; Fathul Bari, juz 8, hal. 132 no. hadits 4432; Muslim dalam Kitabul Washiyyah, bab Tarkul Wasiat Liman Laisa Lahu Syai`un Yuushi bihi, juz 3 hal. 1259, no. 22)

 

Dalam memandang kejadian ini, Ahlus Sunnah wal Jamaah tidak berburuk sangka kepada para shahabat, apalagi kepada Ahlul Bait dan keluarga dekat Nabi. Karena kedua belah pihak mengharapkan kebaikan. Sebagian mengharapkan ditulisnya wasiat untuk kebaikan umat, dan sebagian keluarga beliau merasa Rasulullah  dalam keadaan sedang merasakan sakit yang berat, maka tidak perlu diganggu, sedangkan kaum muslimin sudah memiliki Al-Qur'an sebagai wasiat Rasulullah.

 

Sebaliknya, kaum Syi'ah Rafidhah menjadikan riwayat ini sebagai ajang pencaci-makian terhadap para shahabat. Mereka mengira bahwa perbuatan para shahabat adalah untuk menghalangi wasiat kepada Ali bin Abi Thalib dan untuk merebut tampuk kepemimpinan, untuk kemudian diberikan kepada Abu Bakr Ash-Shiddiq.

 

Ucapan mereka jelas batil dan dusta, karena Abu Bakr sendiri ketika itu tidak ada di sana, beliau berada di daerah Sunh -di pinggiran kota Madinah- yaitu di rumah salah satu istrinya. Bahkan ucapan mereka ini justru mencerca dan mencela Ahlul Bait sendiri, karena yang berkumpul di sana ketika itu kebanyakan adalah keluarga dekat beliau. Maka mereka tidak pantas disebut pecinta Ahlul Bait. Lihatlah dalam riwayat yang lebih lengkap sebagai berikut:

 

Dari Ibnu Abbas, bahwasanya Ali bin Abi Thalib keluar dari sisi Rasulullah ketika sakitnya beliau menjelang wafatnya. Maka manusia berkata: "Wahai Abal Hasan (yakni Ali), bagaimana keadaan Rasulullah?" Beliau menjawab: "Alhamdulillah, baik." Maka Abbas bin Abdil Muththalib (paman Rasulullah) memegang tangan Ali bin Abi Thalib, kemudian berkata kepadanya: "Engkau demi Allah setelah tiga hari menjadi orang yang dipimpin. Sungguh aku mengerti bahwa Rasulullah akan wafat dalam sakitnya ini, karena aku mengenali wajah-wajah anak cucu Abdul Muththalib ketika akan wafatnya. Mari kita menemui Rasulullah untuk menanyakannya, kepada siapa urusan ini dipegang? Kalau diserahkan kepada kita, maka kita mengetahuinya. Dan kalau pun untuk selain kita maka kitapun mengetahuinya dan beliau akan memberikan wasiatnya." Maka Ali bin Abi Thalib menjawab: "Demi Allah, sungguh kalau kita menanyakannya kepada Rasulullah kemudian tidak beliau berikan kepada kita, maka manusia tidak akan memberikan kepada kita selama-lamanya. Dan sesungguhnya aku demi Allah tidak akan memintanya kepada Rasulullah." (HR. Al-Bukhari, Kitabul Maghazi, bab Maradhun Nabiyyi wa wafatihi; Fathul Bari, 8/142, no. 4447)

 

Dr. Ali bin Muhammad Nashir Al-Faqihi berkata: "Tidak cukupkah nash ini untuk membantah Rafidhah yang mengatakan bahwa Rasulullah mewasiatkan kepada Ali bin Abi Thalib dengan khilafah? Kedustaan mereka jelas dengan hadits ini dari beberapa sisi:

 

Pertama, penolakan Ali untuk meminta khilafah atau menanyakannya.

 

Kedua, bahwa kejadian tersebut pada waktu wafatnya Rasulullah (yang membuktikan beliau tidak berwasiat).

 

Ketiga, kalau saja ada nash (wasiat) sebelum itu untuk Ali tentu dia akan menjawab kepada Abbas, "Bagaimana kita menanyakan untuk siapa urusan ini, padahal dia telah mewasiatkannya kepadaku?" (Kitab Al-Imamah war Radd 'Ala Rafidhah, Abu Nu'aim Al-Ashbahani dengan tahqiq Dr. Ali bin Muhammad Nashir Al-Faqihi dalam footnote-nya hal. 237-238; Lihat Badzlul Majhuud Fi Musyabahatir Rafidhah  bil Yahuud, juz I hal. 191, Abdullah bin Jumaili)

 

Sungguh sangat jelas sekali dengan riwayat ini, bahwa yang menolak untuk meminta wasiat justru Ali bin Abi Thalib sendiri. Tentunya banyak riwayat-riwayat lain tentang kejadian ini dan memang ketika itu beberapa hadirin ikut berbicara sehingga suasana menjadi ramai dan berakhir dengan wafatnya Rasulullah dengan tidak memberikan wasiat apapun tentang khilafah kepada siapa pun.

 

Bahkan diriwayatkan dari Aisyah kalau pun Rasulullah memberi wasiat, niscaya beliau akan mewasiatkan penggantinya kepada Abu Bakr Ash-Shiddiq:

 

"Dari 'Aisyah, ia berkata; Rasulullah berkata kepadaku: "Panggillah Abu Bakr, ayahmu dan saudaramu, sehingga aku tulis satu tulisan (wasiat). Sungguh aku khawatir akan ada seseorang yang menginginkan (kepemimpinan, -pent.), kemudian seseorang berkata: "Aku lebih utama." Kemudian beliau bersabda: "Allah dan orang-orang beriman tidak meridhai kecuali Abu Bakr." (HR. Muslim 7/110 dan Ahmad (6/144); Lihat Ash-Shahihah, juz 2, hal. 304, hadits no. 690)

 

Terus bagaimana mereka -kaum Syi'ah tersebut- menganggap bahwa Ali bin Abi Thalib mendapatkan wasiat untuk menjadi khalifah setelahnya, ketika di Ghadir Khum? Mengapa mereka tidak menanyakannya kepada Ali bin Abi Thalib sendiri, padahal mereka mengaku pecinta Ahlul Bait?!

 

Kalau mereka benar-benar cinta kepada Ahlul Bait dan mengaku pengikut setia Ahlul Bait khususnya Ali bin Abi Thalib, maka dengarkanlah riwayat-riwayat dari beliau dengan sanad yang shahih sebagai berikut:

 

Diriwayatkan dari Abu Thufail bahwa Ali ditanya apakah Rasulullah mengkhususkanmu dengan sesuatu? Maka Ali berkata: "Rasulullah tidak menghususkan aku dengan sesuatu pun yang beliau tidak menyebarkannya kepada manusia, kecuali apa yang ada di sarung pedangku ini. Kemudian beliau mengeluarkan lembaran dari sarung pedangnya yang tertulis padanya: Allah melaknat orang yang menyembelih untuk selain Allah… " (HR. Muslim)

 

Wallahu a'lam.

 

Footnote:

[1] Ahlul bid'ah biasa mencampurkan kebenaran dengan kebatilan untuk menipu kaum muslimin. Maka kebenaran yang ada dalam buku tersebut merupakan umpan agar diterima kedustaan-kedustaan yang ada di dalamnya, pen.

 

Sumber: www.asysyariah.com

 

Keterangan tambahan:

 

Kufurnya Syi'ah (Rofidhoh)

 

Berikut beberapa kutipan ucapan para ulama yang- insya Alloh- bisa lebih menegaskan apa yang bisa terbetik dibenak para pembaca dalam pembahasan ringkas di atas:

 

1. 'Ali bin Abi Tholib -yang membakar mereka ketika mereka mempertuhankan 'Ali bin Abi Tholib- dan 'Abdulloh bin 'Abbaas mengkafirkan mereka sebagaimana yang diriwayarkan dalam Shohih Al-Bukhory  no 3017 dari hadist Ibnu 'Abbas –rodhiyallohu 'anhu- beliau berkata:

 

Seandainya saya (yang memberantas syi'ah) saya tidak akan membakar mereka , karena Nabi –shollallohu 'alaihi wa sallam – bersabda janganlah kalian menyiksa dengan siksa Alloh (api) , saya akan membunuh mereka sebagaimana Nabi –shollallohu 'alaihi wa sallam – bersabda : barang siapa yang mengganti agamanya(murtad) maka bunuhlah dia.

 

Perkara ini  juga dihadiri ataupun diketahui oleh sebagian para sahabat Nabi –shollallohu 'alaihi wa sallam – serta dengan musyawaroh sebagian dari mereka –ridhwaanullohi 'alaihim-

 

2. Al-Imam Abu Zur'ah –rohimahulloh-

 

Dan sesungguhnya orang-orang Jahmiyyah adalah kafir , orang-orang rofidhoh telah meninggalkan agama islam , dan orang-orang khowarij keluar (dari islam) lihat syarah usul I'tiqood ahlussunnah karya Al-Imam Al-laalakaaiy –rohimahulloh- 285

 

3. Al-Imam Ahmad bin Hanbal –rohimahulloh-

 

Berkata Al-Khollal dalam kitabnya As-Sunnah no 779  :

 

Telah mengabari kami Abu Bakar Al-Marwadzy berkata saya bertanya kepada Abu 'Abdulloh (Ahmad bin Hanbal) tentang seseorang yang mencaci Abu Bakar , 'Umar , dan 'Aisyah –rodhiyallohu 'anhum- beliau menjawab : Saya tidaklah melihat mereka berada diatas agama islam .

 

Beliau berkata : (Al-Imam) Malik berkata orang yang mencaci sahabat Nabi –'alaihisholaatu wassalaam- tidak ada baginya bagian dalam Islam.

 

Juga berkata –rohimahulloh- no 782 :

 

Mengabarkan kami 'Abdulloh bin Ahmad bin Hanbal ia berkata : saya bertanya kepada ayahku tentang seseorang yang mencaci seorang dari sahabat Nabi –shollallohu 'alaihi wa sallam- beliau menjawab : Saya tidaklah melihat mereka diatas agama

 

4. Al-Imam Malik –rohimahulloh-

 

Berkata Al-Imam Ibnu Katsiir –rohimahulloh- dalam tafsir ayat 29 surat Al-Fath : Dan dari sini Al-Imam Malik-rohimahulloh- berpendapat -sebagaimana dalam suatu riwayat - tentang kafirnya orang-orang rofidhoh yang membenci para sahabat . Beliau berkata : karena mereka menjengkeli para sahabat , dan bangsiapa yang menjengkeli mereka maka ia kafir berdasarkan ayat ini .

 

"Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka, kamu lihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar". (Al-Fath: 29)

 

5. Al-Imam 'Abdulloh bin Idris Al-Awdy -rohimahulloh-

 

Saya tidak merasa aman kalau mereka telah serupa dengan orang-orang kafir . Maksudnya adalah rofidhoh.

 

Dan inilah makna ucapan Al-Imam Ahmad -rohimahulloh- : Saya tidaklah melihat mereka diatas agama islam.(sebagaimana yang disebutkan oleh Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyyah -rohimahulloh- dalam Ash-shoorim Al-Masluul 1 / 581)

 

6. Al-Qodhy 'Iyadh –rohimahulloh-

 

Kami memastikan tentang kufurnya orang-orang ekstrim rofidhoh yang mengatakan bahwa para imam-imam itu lebih mulia dari pada para Nabi -'alaihimusholaatu wassalam- lihat Asy-syifa' bi ta'riifi huquuqil-mushthofa hal 2/1078

 

7. Al-Imam Ibnu Hazm Al-andalusy –rohimahulloh-

 

Sesungguhnya rofidhoh bukanlah dari kalangan kaum muslimin , kelompok ini mula-mula muncul 25 tahun setelah Nabi –shollallohu 'alaihi wa sallam -  wafat. Dan asalnya bermula dari mengikuti dakwah seorang yang Alloh hinakan yang hendak memerangi islam ('Abdullah bin Saba') kelompok ini berjalan (berdasarkan) jalannya orang-orang yahudi dan nasrani dalam dusta dan kufur , dan kelompok tersebut adalah yang paling (ghulu)ekstrim (lihat Al-Fishol fil-milal 2/213)

 

8. Al-Imam Al-Barbahaary –rohimahulloh-

 

Ketahuilah hawa nafsu itu seluruhnya adalah hina mengantar kepada pedang( pemberontakan) dan yang paling hina dan paling kafir adalah rofidhoh.(lihat Syarhus-sunnah no 146 hal. 119 terbitan darus-salaf)

 

9. Abdul Qohir Al-Baghdaady –rohimahulloh-

 

Dan kami tidaklah melihat dan mendengar tentang satu jenis bentuk kekufuran kecuali sebagian darinya ada pada mazdhab (paham) rofidhoh (Al-Farq bainal-firoq hal. 357)

 

10. Syaikhul-islam Ibnu Taimiyyah –rohimahulloh-

 

Dan aliran nashiriyyah adalah dari orang –orang keras (ekstrim) rofidhoh yang mempertuhankan 'Ali –rodhiyallohu 'anhu- dan mereka ini lebih kafir dari pada yahudi dan nasrani dengan kesepakatan kaum muslimin. (minhajus-sunnah 3/262)

 

11. Asy-syaikh 'Abdul-'Aziz bin Baaz –rohimahulloh-

 

Orang-orang rofidhoh adalah kafir pemuja berhala mereka menyembah ahlul-bait (Fatawa Al-Lajnah Ad-Daaimah 2/370)

 

Inilah sedikit dari ucapan para ulama' – dari kalangan sahabat dan yang lainnya-  tentang kufurnya syi'ah rofidhoh , yang insya Alloh cukup bagi siapa saja yang memiliki bashiroh dan sedikit pemahaman tentang agama Alloh yang lurus .

 

Sumber: http://ibnulqoyyim.com/content/view/403/1/

 

 

1. 'Alqamah bin Qais An-Nakha'i rahimahullah (62 H):

 

"Sungguh syi'ah telah berlebihan terhadap Ali sebagaimana nashara berlebihan terhadap 'Isa bin Maryam".

 

2. 'Amir Asy-Sya'bi rahimahullah (105 H): -beliau termasuk manusia yang paling tahu tentang mereka-

 

"Aku tidak pernah melihat suatu kaum yang lebih dungu dari syi'ah".

 

Beliau juga berkata: "Saya peringatkan kalian dari hawa nafsu yang menyesatkan dan dari kejelekan rafidhah, karena diantara mereka ada seorang yahudi yang berpura-pura masuk islam untuk menghidupkan kesesatan mereka sebagaimana Baulus bin Syamil (atau disebut juga dengan Paulus-pen) seorang raja Yahudi yang berpura-pura masuk agama nashara untuk menghidupkan kesesatan mereka." Kemudian beliau berkata: "Mereka tidak masuk ke dalam islam untuk mencari keridhaan Allah akan tetapi untuk menghancurkan islam".

 

3. Sufyan Ats Tsauri rahimahullah (161 H):

 

Dari Muhammad bin Yusuf Al-Firyabi dia berkata: "Aku mendengar Sufyan ditanya tentang  hukum orang yang mencela Abu Bakar dan 'Umar? Sufyan menjawab: "Dia telah kafir kepada Allah Yang Maha Agung" orang tersebut bertanya lagi: "Apakah kita menshalatinya (jika dia mati)?" Sufyan menjawab: "Tidak, tidak ada kemuliaan" orang tersebut berkata: "Maka manusia mengerumuninya sampai mereka menghalangi antara aku dan dia, maka aku bertanya kepada orang yang dekat dengannya: "Apa yang dia katakan?" dia menjawab: "Sufyan berkata: lailahaillallah, apa yang akan kita lakukan (terhadap orang rafidhi yang mati ini)? Jangan kalian sentuh dia dengan tangan-tangan kalian, angkat dia dengan kayu sampai kalian memasukkannya ke dalam kuburnya".

 

4. Al-Imam Malik bin Anas radhiallahu anhu (179):

 

Berkata Asyhab bin Abdul 'Aziz: "Al Imam Malik ditanya tentang seorang yang berpemikiran rafidhah?" beliau menjawab: "Jangan kamu berbicara dengan mereka dan jangan pula meriwayatkan hadits dari mereka karena mereka adalah pendusta".

 

5. Al-Imam Asy-Syafi'I rahimahullah (204 H):

 

"Aku tidak pernah melihat dari para pengikut hawa nafsu yang lebih dusta di dalam ucapan, dan bersaksi dengan saksi palsu dari rafidhah".

 

6. Berkata Ibnu Katsir ketika menafsirkan firman Allah:

 

"Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersamanya keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku' dan sujud mencari keutamaan Allah (ikhlas) dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka (telah disebutkan) dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, Yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya. Maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir." (QS. Al-Fath:29)

 

Beliau berkata: Dari ayat ini Imam Malik rahimahullah berpendapat dalam satu riwayatnya tentang kafirnya rawafidh (jamak rafidhah), yaitu orang-orang yang membenci para shahabat ridhwanullah 'alaihim ajma'in. (Imam Malik) berkata: "karena mereka (rafidhah) jengkel dengan para shahabat dan barang siapa yang merasa jengkel dengan para shahabat maka di hukumi kafir dengan ayat ini."

 

7. Berkata Imam Qurthubi:

 

"Betapa indahnya perkataan Imam Malik (diatas) dan sungguh benar penafsiran beliau. Maka barangsiapa yang mencari-cari kekurangan salah seorang mereka atau mencela riwayatnya sungguh dia telah membantah Allah, rabbul alamin dan membatalkan syari'at kaum muslimin." (Ushul Madzhabi Asy-Syi'ah Al-Imamiyyah Al-Itsa Asyariyyah karya Dr. Nashir Al-Qafari 3/1250).

 

8. Berkata Abdullah bin Ahmad bin Hanbal, aku pernah bertanya kepada bapakku (yakni, Ahmad bin Hanbal) tentang rafidhah. Maka beliau menjawab:

 

"(Mereka adalah) orang yang mencela atau menghina Abu Bakar dan Umar.". beliau juga pernah ditanya tentang Abu Bakar dan Umar, maka beliau menjawab: "cintailah keduanya dan berlepas dirilah dari siapa saja yang membenci keduanya." (Al Masail war Rasail Al Marwiyah 'anil Imam Ahmad bin Hanbal karya Abdul Ilah bin Sulaiman Al Ahmadi, 2/357). Dari dua pendapat Imam Ahmad diatas dengan jelas memerintahkan kita untuk berlepas diri dari rafidhah karena mereka membenci Abu Bakar dan Umar.

 

9. Berkata Abu Muhammad Ali bin Ahmad bin Hazm rahimahullah tentang rafidhah, ketika beliau berdebat dengan orang-orang nashara, dan mereka (orang-orang nashara) menghadirkan kitab-kitab rafidhah untuk membantah beliau. Beliaupun menjawab

 

"Sesungguhnya rafidhah bukan bagian dari muslimin, dan perkataan mereka bukanlah hujjah bagi agama ini. Akan tetapi rafidhah adalah kelompok yang muncul pertama kali, dua puluh lima tahun setelah wafatnya nabi shalallahu 'alaihi wasallam."

 

Beliau juga berkata: "(rafidhah) adalah kelompok yang berjalan sealiran dengan Yahudi dan Nashara dalam hal dusta dan kufur.". (Al-Fashlu fil Milal wan Nihal, 2/78 )

 

Perhatikanlah pernyataan Ibnu Hazm diatas, beliau termasuk ulama' yang paling tahu tentang rafidhah. Walaupun beliau hidup jauh dari ulama' yang telah kami sebutkan pada bagian pertama dan kedua lalu toh beliau memiliki pendapat yang sama dengan mereka. Beliau mengeluarkan syi'ah rafidhah dari bingkaian islam dan menyamakan mereka dengan Yahudi dan Nashara.

 

Perlu diketahui bahwa syi'ah terpecah menjadi beberapa golongan. Sebagiannya lebih parah dari sebagian yang lain. Diantaranya adalah, Imamiyyah, rafidhah, Jakfariyyah, Zaidiyyah dll. Maka setiap rafidhah adalah syi'ah dan tidak setiap syi'ah itu rafidhah.

 

Jadi tidak perlu digubris kalau ada yang mengatakan bahwa rafidhah itu bukan syi'ah.

 

Akan tetapi setiap mereka memiliki ciri khas tersendiri yang dengan itu kita bisa membedakan mereka satu dengan yang lainnya.

 

Diantara ciri pokok syi'ah rafidhah sebagaimana yang disebutkan Imam Ahmad diatas, ketika beliau ditanya siapa yang dimaksud rafidhah? Beliau menjawab: "Yaitu mereka yang memusuhi Abu Bakar dan Umar."

 

10. Dewan Fatwa Arab Saudi yang tergabung dalam Lajnah Daimah lil Buhutsil Ilmiyah wal Ifta'

 

Pernah ditanya dengan sebuah pertanyaan dari seorang yang tinggal di perbatasan bagian selatan yang bertetangga dengan markaz Iraq, disana terdapat sekelompok Syi'ah Jakfariyyah, diantara mereka (yakni kaum muslimin disana) ada yang enggan memakan sembelihan mereka (Syi'ah Jakfariyah) diantara mereka juga ada yang memakannya. Penanya berkata: "Apakah halal bagi kami memakan sembelihan mereka? Perlu diketahui bahwa mereka selalu berdo'a (menuhankan) Ali, Hasan, Husein, dan semua imam-imam mereka ketika waktu sempit dan lapang.

 

Jawab:

 

Segala puji hanya milik Allah semata, shalawat dan salam kita panjatkan kepada rasul, keluarga dan para shahabatnya… waba'du:

 

Jika memang keadaannya seperti yang ditanyakan diatas bahwa jama'ah yang tergabung dalam Syi'ah Ja'fariyah itu berdo'a kepada Ali, Hasan, Husein dan imam-imam mereka maka mereka musyrik, murtad (keluar) dari bingkaian islam –wal-'iyadzu billah- tidak boleh memakan sembelihan mereka, karena (sembelihan mereka itu) adalah bangkai walaupun mereka menyebut nama Allah.

 

Sumber: haulasyiah.wordpress.com ("Pernyataan Para Ulama' Islam Tentang Syi'ah Rafidhah")

 

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

[Milis_Iqra] Kesudahan Orang-orang yang Mencela Sahabat Nabi

Kesudahan Orang-orang yang Mencela Sahabat Nabi

 

Para shahabat Nabi memiliki kedudukan demikian tinggi di sisi Allah dan Rasul-Nya. Namun sungguh mengherankan, ada orang-orang yang berani melecehkan mereka dan senantiasa berusaha mencari kelemahan mereka. Orang-orang yang berani merendahkan para shahabat Nabi adalah orang-orang yang tidak tahu diri, yang tidak tahu kapasitas dirinya.

 

Di antara tanda-tanda keselamatan seseorang di dunia dan di akhirat, adalah kepekaannya untuk melihat dan mengintrospeksi diri sebelum melihat dan mengoreksi orang lain. Dia akan sangat mengerti tentang kapasitas dirinya sebelum mengerti kapasitas orang lain, sehingga ketika mendengar sabda Rasulullah:

 

"Janganlah mencela para shahabatku, janganlah mencela para shahabatku! Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya (Allah), kalaulah salah seorang dari kalian berinfaq emas sebesar Gunung Uhud, niscaya tidak akan menyamai infaq salah seorang dari mereka (para shahabat) yang hanya sebesar cakupan dua telapak tangan atau setengahnya." (HR. Al-Bukhari no. 3673 dan Muslim no. 2540, dari shahabat Abu Sa'id Al-Khudri)

 

Maka dia akan berupaya menahan hatinya dari berburuk sangka kepada para shahabat dan menahan lisannya dari mencela mereka. Karena dia sadar, bukan kapasitasnya untuk membicarakan, menilai dan mengkritik orang-orang yang telah mendapatkan rekomendasi dari Allah dan Rasul-Nya itu. Namun di sisi lain, kita tak pernah lupa akan sejarah orang-orang yang tak tahu diri. Orang-orang cebol (kerdil) yang ingin menggapai bintang di angkasa sambil melolong dengan lolongan-lolongan keji, berkedok kebebasan dan sikap kritis.

 

Lolongan kaum orientalis kafir yang kemudian dikemas dengan kemasan sok ilmiah oleh antek-antek mereka dari anak-anak kaum muslimin untuk mengkritik para shahabat Rasulullah. Dan ini bukanlah hal yang baru dalam peradaban umat manusia. Lolongan tersebut sesungguhnya merupakan kelanjutan dari lolongan kaum Syi'ah Rafidhah yang senantiasa berambisi menghancurkan citra Rasulullah dan ajaran agama Islam yang dibawanya.

 

Al-Imam Malik bin Anas berkata : "Mereka itu adalah suatu kaum yang berambisi untuk menghabisi Nabi, namun tidak mampu. Maka mereka pun akhirnya mencela para shahabat beliau, agar kemudian dikatakan bahwa beliau adalah orang jahat. Karena, jika beliau itu orang baik niscaya para shahabatnya adalah orang-orang yang baik pula." (Ash-Sharimul Maslul 'ala Syatimir Rasul, karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, hal. 580)

 

Al-Imam Abu Zur'ah Ar-Razi berkata: "Jika engkau melihat siapa saja yang mencela seorang shahabat Rasulullah maka ketahuilah bahwa ia seorang zindiq. Hal itu karena keyakinan kami bahwa Rasulullah adalah haq, Al Qur`an itu haq, dan sesungguhnya yang menyampaikan Al Qur`an dan As Sunnah adalah para shahabat Rasulullah. Tujuan mereka dalam mencela para saksi kami (para shahabat) tidak lain adalah menghancurkan Al Qur`an dan As Sunnah. Mereka sesungguhnya lebih pantas untuk dicela dan mereka adalah orang-orang zindiq[1]." (Al-Kifayah, hal.49)

 

Para pembaca, semua shahabat Rasulullah adalah orang-orang baik dan adil, yang telah mendapatkan rekomendasi dari Allah dan Rasul-Nya.

 

Al-Imam Asy-Syafi'i berkata: "Allah telah memuji para shahabat Rasulullah di dalam Al Qur`an, Taurat, dan Injil. Keutamaan itupun telah terukir melalui lisan Rasulullah, suatu keutamaan yang belum pernah diraih oleh seorangpun setelah mereka. Semoga Allah menyayangi mereka dan menganugerahkan untuk mereka kedudukan tertinggi di kalangan shiddiqin, syuhada` dan shalihin. Merekalah yang menyampaikan ajaran Rasulullah kepada kita. Mereka menyaksikan turunnya wahyu kepada Rasulullah, sehingga mereka benar-benar mengetahui apa yang dimaukan Rasulullah berupa perkara-perkara yang sifatnya umum maupun khusus, keharusan dan bimbingan. Mereka mengerti Sunnah Rasulullah, baik yang kita ketahui ataupun yang tidak kita ketahui. Mereka di atas kita dalam hal ilmu, ijtihad, wara', ketajaman berfikir dan memahami suatu perkara (berdasarkan ilmu). Pendapat-pendapat mereka lebih baik dan lebih utama bagi diri kita daripada pendapat kita sendiri." (Manaqib Al-Imam Asy-Syafi'i, karya Al-Baihaqi, 1/441)

 

Al-Imam An-Nawawi berkata: "Para shahabat semuanya adil, baik yang terlibat dalam fitnah (pertempuran di antara mereka, pen.) atau yang tidak terlibat di dalamnya, menurut ijma' ulama yang diperhitungkan kata-katanya." (At-Taqrib ma'a Tadribirrawi, 2/190)

 

Al-Hafizh Ibnu Katsir berkata: "Menurut Ahlus Sunnah wal Jamaah, semua shahabat itu adil, karena adanya pujian dari Allah di dalam Al Qur`an dan (Rasulullah) di dalam Sunnahnya terhadap segala akhlak dan perbuatan mereka, serta terhadap apa yang mereka korbankan berupa harta dan nyawa bersama Rasulullah, dengan semata-mata mengharap pahala dan balasan yang mulia di sisi Allah." (Al-Ba'its Al-Hatsits hal.154)

 

Al-Imam Ibnul Mulaqqin berkata: "Semua shahabat Rasulullah mempunyai kekhususan, yaitu tidak perlu ditanyakan tentang keadilannya. Karena mereka telah mendapatkan rekomendasi di dalam Al Qur`an dan As Sunnah serta ijma' ulama yang diperhitungkan ucapannya." (Al-Muqni' fi Ulumil Hadits, 2/492, dinukil dari Al-Inthishar Lish Shahbi Wal Aal, hal. 218)

 

Al-Imam Ibnul Atsir berkata: "Para shahabat seperti para perawi lainnya dalam semua hal itu, kecuali dalam hal al-jarh wat ta'dil (pujian dan kritikan), karena mereka semua adalah orang-orang yang adil, dan tidak boleh dikritik. Hal ini  karena Allah dan Rasul-Nya telah merekomendasi dan memuji mereka…" (Usdul Ghabah 1/10, dinukil dari Al-Inthishar, hal. 222)

 

Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-'Asqalani berkata: "Ahlus Sunnah sepakat bahwasanya semua shahabat adalah orang-orang yang adil, dan tidaklah menyelisihi dalam hal ini kecuali orang-orang yang nyeleneh dari kalangan ahlul bid'ah." (Al-Ishabah, 1/10-11)

 

Asy-Syaikh Mahmud Muhammad Syakir berkata: "Bila demikian agungnya keutamaan bershahabat dengan Rasulullah, maka seorang muslim manakah yang mampu setelah ini untuk menjulurkan lisannya mencela seseorang dari shahabat Muhammad Rasulullah?! Dengan lisan manakah dia meminta udzur ketika saling beragumentasi dihadapan Rabb mereka (di hari kiamat)?! Apa yang hendak dia katakan saat telah tegak baginya hujjah dari Al Qur`an dan Sunnah Nabi-Nya ?! Hendak lari kemanakah dia dari  adzab Allah pada hari (kiamat) itu?!" (Majallah Al-Muslimun, edisi 3 th. 1371 H, dinukil dari kitab Matha'in Sayyid Quthub fi Ash-habi Rasulillah, hal. 11)

 

Maka dari itu, orang-orang yang sok menilai, mengkritik dan mencela para shahabat, tak lain ibarat seekor kambing kerdil yang berambisi (dengan tanduknya) menghancurkan batu besar yang sangat kokoh. Batu itu pun tetap utuh tak bergeming, sedangkan si kambing kerdil menuai petaka.

 

Al-Imam Ahmad bin Hanbal berkata: "Barangsiapa melakukannya (mencela shahabat, pen.), maka wajib diberi pelajaran dan dihukum, tidak diberi ampun, bahkan terus dihukum hingga bertaubat. Jika bertaubat maka diampuni, namun jika bersikukuh dengannya maka terus dihukum dan dipenjara sampai mati atau rujuk (kembali kepada kebenaran, red.)." (Ash-Sharimul Maslul, hal. 568)

 

Al-Imam Malik bin Anas berkata: "Barangsiapa mencaci Nabi maka (hukumannya) dibunuh, dan barangsiapa mencela para shahabat maka diberi pelajaran." (Ash-Sharimul Maslul, hal. 569)

 

Al-Imam Ishaq bin Rahawaih berkata: "Barangsiapa mencela para shahabat Nabi maka harus dihukum dan dipenjara." (Ash-Sharimul Maslul, hal. 568)

Dengan demikian, apakah para pencela shahabat itu dikafirkan?

 

Para pembaca, berdasarkan keterangan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam kitabnya Ash-Sharimul Maslul, hal. 586-587, maka dapatlah disarikan sebagai berikut:

 

1. Mencela shahabat, dengan diiringi pernyataan bahwa 'Ali bin Abi Thalib adalah Tuhan, atau dialah yang sebenarnya sebagai nabi dan Malaikat Jibril telah keliru dengan menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad, atau menganggap bahwa Al Qur`an kurang sekian ayat dan ada yang disembunyikan dan lain sebagainya, maka tidak diragukan lagi kekafirannya, bahkan tidak diragukan pula kekafiran orang yang ragu akan kekafiran mereka.

 

2. Mencela shahabat namun tidak menjatuhkan keadilan dan agama mereka. Misalnya menyifati sebagian shahabat dengan kikir, pengecut, ilmunya sedikit, atau kurang zuhud dan lain sebagainya, maka yang seperti ini berhak diberi pelajaran/dihukum dan tidak dikafirkan.

 

3. Melaknat dan menjelek-jelekkan mereka dengan lafadz yang umum, maka masih diragukan apakah dikafirkan ataukah tidak, karena adanya kemungkinan antara laknat kemarahan dan laknat yang bersumber dari keyakinan.

 

4. Mencela shahabat sampai pada tingkatan meyakini bahwa mereka telah murtad sepeninggal Rasulullah kecuali hanya beberapa orang dari mereka saja, atau semua telah melakukan kefasikan (sepeninggal beliau), maka yang seperti ini tidak diragukan tentang kekafirannya.

 

Akhir kata, demikianlah kesudahan buruk bagi orang-orang yang mencela shahabat Rasulullah. Semoga Allah menjauhkan kita dari akhlak tercela ini, dan tiada yang dapat kami ucapkan kecuali sebuah harapan dari Allah yang terukir dalam lantunan doa:

 

"Wahai Rabb kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau biarkan kedengkian terhadap orang-orang beriman bercokol pada hati kami, Wahai Rabb kami, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang." (Al-Hasyr: 10)

Amin ya Rabbal 'Alamin.     

 

Footnote:

[1] Zindiq adalah orang yang menyembunyikan kekafiran dan menampakkan keislaman. Asal-usul mereka adalah orang-orang yang mengingkari hari kebangkitan dan meyakini reinkarnasi serta memiliki keyakinan sebagaimana orang-orang Majusi.

 

Sumber: www.asysyariah.com

 

Keterangan Tambahan:

 

Syakhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah, setelah menyebutkan kemiripan-kemiripan ajaran Syi'ah dengan agama Yahudi dan Nashrani yang di antaranya:

1. Agama Yahudi mengatakan, tidak sah kerajaan kecuali pada keturunan Daud Alaihissalaam. Dan agama Syi'ah mengatakan, tidak sah khalifah kecuali pada keturunan Ali Radhiyallahu 'Anhu.

2. Orang-orang Yahudi merubah Taurat dan Syi'ah merubah Al Qur'an.

3. Orang Yahudi memusuhi Jibril Alaihissalaam dan mengatakan dia adalah musuh kami dari kalangan Malaikat. Begitu pula kaum Syi'ah mengatakan Jibril Alaihissalaam keliru menyampaikan wahyu kepada Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam.

Beliau menambahkan bahwa ajaran Syi'ah berbeda dari ajaran Yahudi dan Nashrani dalam satu hal. Yaitu apabila orang Yahudi ditanya, "Siapa sebaik-baik penganut agama kalian?". Mereka akan menjawab, "Para shahabat Musa Alaihissalaam". Dan apabila orang Nashrani ditanya, "Siapa sebaik-baik penganut agama kalian?". Mereka akan menjawab, "Para shahabat Isa Alaihissalaam". Dan apabila orang Syi'ah ditanya, "Siapa sejelek-jelek penganut agama kalian?". Mereka akan menjawab, "Para shahabat Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam". Minhajus Sunnah An-Nabawiyah (1/24)

 

Besarlah dosa orang yang mencela sahabat Nabi

 

Banyak sekali dalil naqli (Al-Qur'an dan As-Sunnah) yang menjelaskan keutamaan sahabat, baik secara umum maupun perorangan. Banyak juga dalil naqli yang menunjukkan haramnya mencela dan meremehkan kedudukan para sahabat. Sebagai satu contoh adalah hadits Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda:

 

"Barangsiapa mencela sahabatku maka baginya laknat Allah." (HR. Ibnu Abi 'Ashim dalam As-Sunnah no. 1001 dan dihasankan oleh Al-Albani dalam Zhilalil Jannah 2/469)

 

Yang menunjukkan bahwa hal ini adalah sangat penting sekali adalah banyaknya perkataan ulama yang membahas masalah ini dalam kitab-kitab mereka. Di antaranya adalah pernyataan Al-Imam Ibnu Qudamah, "Termasuk sunnah adalah memberikan loyalitas dan cinta untuk para sahabat Rasulullah. Demikian juga menceritakan kebaikan-kebaikan mereka, mendoakan rahmat, memintakan ampun untuk mereka serta menahan diri untuk tidak menceritakan kejelekan dan perselisihan yang terjadi di antara mereka. Juga mengakui keutamaan serta mereka terdahulu di dalam Islam." (Lum'atul I'tiqad hal. 32)

 

Ibnu Hajar berkata, "Ahlus Sunnah wal Jama'ah telah sepakat tentang wajibnya tidak mencela seorangpun dari para sahabat." (Fathul Bari, 13/34)

 

Al-Imam Malik berkata, "Barangsiapa yang bangun pagi sedangkan di dalam hatinya ada kebencian terhadap salah seorang sahabat, maka ia termasuk dalam ayat:

 

"Karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mu'min)." (Al-Fath: 29) [Ash-Sharimul Maslul]

 

Al-Imam Al-'Awwam bin Hausyab berkata, "Sebutkanlah kebaikan-kebaikan sahabat Nabi Muhammad, tentu hati manusia akan cinta kepada mereka. Janganlah kalian menceritakan kejelekan-kejelakan mereka, karena akan menumbuhkan kebencian kepada mereka." (As-Sunnah karya Al-Khallal hal. 829)

 

Abu Utsman Ash-Shabuni berkata, "Ashabul hadits meyakini untuk menahan diri dari perselisihan yang terjadi di antara para sahabat Rasulullah, serta menjaga kesucian lisan sehingga tidak menyebutkan sesuatu yang menunjukkan celaan atau kekurangan mereka. Mereka juga meyakini untuk mendoakan rahmat serta memberikan kecintaan untuk para sahabat seluruhnya." ('Aqidatus Salaf 144)

 

Anggapan salah yang harus diluruskan

 

Kebencian merupakan pangkal kejahatan. Karena kebencian jugalah mereka berusaha untuk menyudutkan para sahabat dengan berbagai upaya. Dengan beberapa hadits yang dipahami secara salah, mereka ingin menjauhkan umat dari generasi pertama Islam. Berikut ini beberapa hadits yang seringkali menjadi alasan bagi pengikut hawa nafsu dan ahlul bid'ah untuk meruntuhkan kepercayaan umat terhadap para sahabat.

 

Pertama. Hadits Ibnu Abbas yang menceritakan tentang telaga Rasulullah pada hari kiamat nanti. Umat beliau akan turut menikmati telaga tersebut. Telaga yang airnya lebih putih daripada susu, lebih manis dibandingkan madu, jumlah timbanya seperti banyaknya bintang di langit, dan barangsiapa yang minum seteguk saja, ia tidak akan merasakan haus selamanya. Disebutkan bahwa akan ada sekelompok orang dari umat Islam yang akan dihalangi bahkan diusir sehingga tidak dapat mendekati telaga tersebut. Maka Rasulullah pun berusaha untuk membela:

 

"Wahai Rabbku, mereka adalah sahabatku!" Lalu malaikat pun menjelaskan, "Sesungguhnya engkau tidak mengetahui apa yang mereka perbuat sepeninggalmu." Maka Rasulullah mendoakan kejelekan untuk mereka, "Sungguh celaka." (HR. Al-Bukhari no. 4625 dan Muslim no. 2860)

 

Berdasarkan hadits di atas, mereka yang tersesat jalannya beranggapan bahwa setelah Rasulullah wafat, para sahabat kemudian murtad dan membuat hal-hal yang baru dalam Islam sehingga mereka diusir dari telaga Rasulullah. Kerancuan di dalam memahami ini dapat diluruskan dengan beberapa jawaban:

 

Yang dimaksud dengan "sahabatku" adalah sahabat dalam pengertian bahasa, bukan dalam pengertian istilah. Sehingga yang disebut sebagai sahabat di dalam hadits ini adalah umat yang mengikuti Nabi Muhammad secara umum. Sebagaimana pengikut Abu Hanifah dikatakan Ashaab Abi Hanifah atau pengikut Al-Imam Asy-Syafi'i yang disebut dengan Ashaab Asy-Syafi'i. Demikian juga penggunaan kalimat "Ashaabuna" untuk orang-orang sebelumnya dan sependapat dalam salah satu madzhab, padahal selang waktu di antara mereka terpaut jauh. Adapun Rasulullah pada hari kiamat nanti dapat mengenali umat Islam karena terlihat tanda-tanda wudhu di wajah dan tangan mereka, sebagaimana hadits Hudzaifah riwayat Muslim (no. 248).

 

Seandainya "sahabat" yang disebutkan di dalam hadits tersebut adalah mereka yang hidup di masa Rasulullah, maka sebagian ulama telah menyebutkan beberapa kemungkinan makna. Di antaranya, (Pertama) bahwa yang dimaksud dengan "sahabatku" adalah kaum munafikin dan orang-orang yang murtad. Boleh jadi mereka dibangkitkan pada hari kiamat nanti dengan wajah dan tangan yang menunjukkan mereka pun berwudhu ketika di dunia.

 

Kedua, yang dimaksud dengan "sahabatku" adalah orang-orang yang beriman di masa Rasulullah lalu mereka murtad sepeninggal Rasulullah. Beliau dapat mengenali mereka karena semasa hidupnya beliau mengetahui orang-orang tersebut.

 

Ketiga, yang dimaksud dengan "sahabatku" adalah pelaku maksiat dan dosa besar yang meninggal dalam keadaan bertauhid. (Syarah Nawawi)

 

Di dalam hadits itu sendiri terdapat lafadz yang menguatkan kemungkinan makna yang kedua yaitu sabda Rasulullah pada beberapa riwayat hadits yang memanggil mereka dengan Ushaihabi dalam bentuk tashghir. Al-Imam Al-Khaththabi menjelaskan bahwa lafadz ini menunjukkan tentang sedikitnya orang-orang tersebut. Hal ini pun hanya terjadi pada sebagian orang Arab badui yang kaku, dan tidak terjadi pada diri sahabat yang masyhur. (Fathul Bari 8/136)

 

Demikian juga lafadz hadits yang menyebutkan bahwa "Engkau tidak mengetahui apa yang mereka lakukan sepeninggalmu" menunjukkan bahwa Rasulullah tidak mengenali mereka secara perorangan meskipun Nabi mengetahui mereka merupakan dari bagian umat Islam. (Fathul Bari 11/484)

 

Sehingga memahami "sahabatku" dalam hadits di atas adalah sahabat Rasulullah dengan pengertian secara istilah, tidak akan dilakukan oleh seorang muslim, karena menyelisihi rekomendasi Allah dan Rasul-Nya untuk para sahabat. Demikian juga bertentangan dengan ijma' kaum muslimin. Wallahu a'lam.

 

Kedua. Mereka menganggap bahwa sebagian sahabat berani berdusta di masa hidup Rasulullah. Sehingga tidak menutup kemungkinan mereka pun berdusta atas nama Rasulllah. Anggapan ini muncul berdasarkan sebuah riwayat dari Buraidah bin Al-Hushaib, ia berkata:

 

Seseorang datang menemui suatu kaum di dekat kota Madinah. Ia berkata kepada mereka, "Sesungguhnya aku diperintah oleh Rasulullah untuk memutuskan dalam perkara kalian dengan pendapatku sendiri." Dahulu di masa jahiliyah orang tersebut pernah melamar seorang wanita dari kampung mereka, namun mereka enggan untuk menikahkannya. Kemudian mereka mengirim utusan untuk menemui Rasulullah guna menanyakan tentang orang tersebut. Lalu Rasulullah bersabda, "Musuh Allah telah berdusta." Lalu Rasulullah mengutus seorang sahabat dan berpesan, "Jika engkau menemuinya dalam keadaan ia telah meninggal maka bakarlah jenazahnya." Ternyata sahabat itu menemukan ia telah disengat binatang berbisa dan meninggal. Ia pun dibakar.

 

Hadits ini dibawakan oleh Ibnu 'Adi dalam Al-Kamil (4/1371) dan dinukil oleh Ibnul Jauzi dalam Muqaddimah Al-Maudhu'at (1/55-56). Di dalam sanadnya terdapat seorang perawi yang bernama Shalih bin Hayyan Al-Qurasyi. Menurut kesepakatan ulama hadits, ia termasuk perawi yang lemah dan cacat, sebagaimana disebutkan dalam Tahdzib At-Tahdzib (4/386). Al-Imam Adz-Dzahabi menyebutkan biografinya dalam kitab Al-Mizan dan menjelaskan bahwa hadits di atas termasuk riwayatnya yang munkar.

 

Hadits ini juga diriwayatkan oleh Ath-Thabarani dalam Al-Ausath (3/59) dari hadits Abdullah bin 'Amr bin Al-'Ash. Namun dalam sanadnya terdapat seorang perawi yang bernama Atha' bin Sa'ib, yang termasuk perawi mukhtalith. Al-Imam Abu Dawud menjelaskan bahwa hadits ini termasuk hadits yang ia sampaikan setelah mengalami ikhtilath. (Tahdzib At-Tahdzib 7/203)

 

Kesimpulannya, hadits ini lemah sekali dan tidak dapat digunakan sebagai hujjah dan landasan dalam berpendapat. Wallahul musta'an.

 

Ketiga. Mereka mengatakan bahwa para sahabat saling berperang satu sama lain dalam perang Shiffin dan Jamal. Padahal Rasulullah pernah bersabda dalam sebuah hadits dari sahabat Jarir bin 'Abdillah Al-Bajali:

 

"Janganlah kalian kembali kafir sepeninggalku, sebagian kalian menebas leher yang lain." (HR. Al-Bukhari no. 7080 dan Muslim no. 65)

 

Kedustaan semacam ini telah dibahas secara luas oleh Ibnul A'rabi dalam Al-'Awashim minal Qawashim dan Syaikhul Islam dalam Minhajus Sunnah.

 

Perlu difahami bahwa hadits ini diucapkan oleh Rasulullah dalam konteks larangan dan peringatan dari memerangi orang mukmin. Penggunaan istilah kekafiran untuk perbuatan memerangi orang mukmin menunjukkan beberapa kemungkinan secara makna. Di antaranya untuk menunjukkan bahwa larangan tersebut benar-benar keras sehingga setiap orang yang mendengarnya benar-benar akan memperhatikan. Sehingga makna hadits tersebut adalah "Janganlah kalian melakukan perbuatan orang-orang kafir dengan saling membunuh satu sama lain." Al-Hafizh Ibnu Hajar menjelaskan adanya beberapa kemungkinan yang lain dalam Fathul Bari (13/30 dan 12/201-202).

 

Oleh karena itu, peperangan yang pernah terjadi di antara para sahabat bukan dengan dasar keyakinan menghalalkan perbuatan tersebut sehingga dinyatakan perbuatan tersebut sebagai salah satu bentuk kekufuran. Bagaimana mungkin disebut sebagai bentuk kekufuran, sedangkan Al-Qur'an dan As-Sunnah menyebut mereka sebagai kaum mukminin.

 

"Dan jika ada dua golongan dari orang-orang mukmin berperang maka damaikanlah antara keduanya. Jika salah satu dari kedua golongan itu berbuat aniaya terhadap golongan yang lain maka perangilah golongan yang berbuat aniaya itu sehingga golongan itu kembali, kepada perintah Allah; jika golongan itu telah kembali (kepada perintah Allah), maka damaikanlah antara keduanya dengan adil dan berlaku adillah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat." (Al-Hujurat: 9-10)

 

Di dalam ayat di atas, Allah menamakan mereka sebagai orang-orang yang bersaudara, menyebut mereka sebagai kaum mukminin, padahal terjadi peperangan dan perbuatan aniaya di antara mereka.

 

Al-Hafizh Ibnu Katsir berkata, "Berdasarkan hal ini dan beberapa hal lainnya, Al-Imam Al-Bukhari berdalil bahwa perbuatan maksiat tidak dapat mengeluarkan dari keimanan walaupun besar. Bukan seperti keyakinan kaum Khawarij dan para pengikutnya dari kaum Mu'tazilah dan yang sejenis. Demikian juga telah disebutkan dalam Shahih Al-Bukhari dari hadits Al-Hasan dari Abu Bakrah, beliau berkata, "Aku pernah melihat Rasulullah berada di atas mimbar sementara Al-Hasan bin 'Ali berada di samping beliau. Terkadang Rasulullah menghadap ke arah sahabat, kadang-kadang beliau menghadap ke arah Al-Hasan. Kemudian beliau bersabda, "Sesungguhnya cucuku ini adalah seorang pemimpin dan semoga dengan perantaranya Allah mendamaikan dua kelompok besar kaum muslimin." Terjadilah apa yang telah disabdakan Rasulullah. Dengan perantaraan Al-Hasan, Allah mendamaikan antara penduduk Syam dan penduduk Irak setelah terjadi peperangan panjang dan banyak pertempuran dahsyat."

 

Sehingga, sahabat yang terlibat dalam peperangan tersebut tidaklah keluar dari dua kemungkinan. Benar dalam pendapatnya, atau salah dalam berijtihad dan tetap mendapatkan pahala. Benarlah 'Umar bin Abdul 'Aziz yang telah berkata, "Allah telah membersihkan pedang kita dari darah mereka. Maka janganlah menodai lisan kita dengan membicarakan mereka dengan kejelekan." (Fathul Mughits 3/96)

 

Sumber: www.asysyariah.com (Wujud Cinta Shahabat, Generasi Paling Mulia di Zaman Mulia)

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-