Thursday, February 18, 2010

[Milis_Iqra] Rumitnya Mengatur Toko Perempuan di Arab Saudi

Rumitnya Mengatur Toko Perempuan di Arab Saudi

Jumat, 19/02/2010 12:42 WIB

Kompleksitas gender di Arab Saudi semakin meruncing. Seperti diketahui, di Arab Saudi, para perempuan selalu merasa risih jika hendak membeli pakaian dalam, dikarenakan penjaga toko pakaian itu selalu saja laki-laki. Perempuan memang tidak diperbolehkan menjadi pekerja di luar rumah.

Reem Asaad, seorang profesor ekonomi perempuan di Jeddah, mendesak boikot terhadap toko-toko pakaian yang tidak mempekerjakan pekerja perempuan.

Dia berpendapat bahwa perempuan bisa merasa malu membeli pakaian dari staf laki-laki, tetapi menggantinya dengan staf perempuan sulit karena kaum tradisionalis keberatan terhadap wanita bekerja.

Masalah ini telah menjadi bahan perdebatan selama lebih dari lima tahun, sejak pemerintah mengeluarkan surat keputusan yang bertujuan untuk meningkatkan kerja perempuan.

Pada tahun 2006, pihak berwenang mengancam akan menuntut toko-toko yang gagal dalam mematuhi peraturan itu, tetapi tampaknya tidak ada tindakan yang diambil. Pada waktu itu, sebuah survei di Jeddah menemukan bahwa dari 247 toko yang menjual pakaian dan produk kecantikan, hanya tiga perempuan yang dijaga oleh perempuan.

Sementara itu, Dewan Syura Arab Saudi sedang mempertimbangkan rencana untuk pengadaan transportasi umum khusus untuk perempuan. (sa/albab)

 
 
Whe~en
http://wheen.blogsome.com/

"Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku." (QS 20 : 25-28)
"Ya Allah jadikan Aku hamba yang selalu bersyukur dan penyabar"

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

No comments:

Post a Comment