Wednesday, February 24, 2010

[Milis_Iqra] Salam, Talam, dan Kalam dalam Konservasi Alam

Bekerja dengan masyarakat dalam hal konservasi ini banyak sekali melibatkan hati dan perasaan. Oleh karena itu dalam melaksanakannya perlu sekali untuk hati-hati dan berperasaan. Seringkali kita harus mengesampingkan aturan-aturan untuk tarik ulur kepentingan, dan patkannya ya itu tadi : hati dan perasaan.


Nah, kalau sudah begini terkadang kuat sekali (menurutku) relasi dan kemiripan kerja konservasi ini dengan dakwah ataupun tugas misionari. Sebab, dua bidang ini yang memang mutlak memiliki lahan kerja di hati.


Oleh karena itu, ada satu 'jurus' dalam dakwah yang pernah kugeluti di masa perkuliahan dulu yang kurasa cocok juga diterapkan dalam kampanye bangga ini. Kami menyebutnya 'tiga Am', kalau dipanjangkan ya seperti judul tulisan ini : Salam-Talam-Kalam.


Salam, walaupun arti per katanya berbeda, dimaknai sebagai ucapan perkenalan atau bahasa pembuka percakapan. Saat mendatangi sebuah desa, rumah, site, komunitas, atau perkumpulan orang-orang tentulah salam yang baik akan membawa suasana yang baik selanjutnya.


Dengan salam ini kita memperkenalkan diri dan memperkenalkan program kita kepada khalayak. Isinya beragam mulai dari siapa, dimana apa, mengapa, bilamana, dan bagaimana diri maupun kita akan bekerja. Salam yang baik akan menghindarkan prasangka dan gunjingan yang tidak-tidak, yang kalau terjadi akan menghancurkan pekerjaan bahkan sebelum kerja ini dimulai.


Hal yang kedua adalah Talam. Talam arti langsungnya adalah nampan ataupun pinggan. Itu tempat makanan, makanya pemaknaan talam ini adalah membawakan makanan ataupun buah tangan bagi khalayak yang didatangi. Kalau di kampus dulu memang benar-benar makanan seperti keripik atau bakwan yang kami bawakan untuk silaturahim ke kamar-kamar kos untuk mengajak teman-teman bersembahyang di musholla, misalnya.


Kalau dalam kerja konservasi ini mungkin bisa diperluas lagi makna talam ini. Menyediakan hidangan dan akomodasi dalam undangan workshop, misalnya, sudah bisa menjadi pengikat hati khalayak yang diundang. Menyediakan suvenir saat enumerasi atau dalam festival-festival juga mungkin bisa kita masukkan ke ranah ini.


Untuk hal yang lebih luas, tangga manfaat yang kita pasarkan kepada khalayak untuk membuat perubahan juga rasanya bisa dijadikan 'buah tangan' yang bagus buat masyarakat. Banyak lagi mungkin bentuk-bentuk 'bingkisan' yang bisa kita bawakan kepada para pemangku kepentingan yang belum terpikirkan. Kreativitas yang memang dituntut dalam kampanye bangga insyaallah akan melahirkan banyak ide-ide yang unik dan menawan.


Nah, hal terakhir adalah Kalam. Inilah sebenarnya inti kegiatan. Kalam adalah perkataan atau pesan-pesan. Dalam kampanye bangga tentu hal inilah yang harus kita balut dengan berbagai media pemasaran.  


Mengapa disebut belakangan ? Ya, itu tadi. Kembali ke masalah hati tadi. Bekerja dengan masyarakat ini harus hati-hati dan penuh perasaan. Perubahanpun adanya dalam hati dan sangat kuat pengaruhnya dengan perasaan.


Salam kiranya dapat melunakkan hati khalayak dan menjauhkan prasangkan yang bukan-bukan. Talam mudah-mudahan akan mengikat hati khalayak sehingga bisa melahirkan dukungan. Lalu, Kalam adalah 'pukulan' terakhir yang diharapkan akan merangsang perubahan. Baik pada pengetahuan, sikap, ataupun percakapan. Syukur-syukur kalau juga efektif untuk merubah kelakuan. Cocok bukan ?


Yah, inilah akibat bekerja waktu Ramadhan. Semua jadi terkait dengan aktifitas rohani dan keimanan. Mohon maaf bila tidak berkenan, kawan. Salam dan Selamat Lebaran !!!_bn


http://www.rareplanet.org/en/blog-post/salam-talam-dan-kalam-dalam-konservasi-alam

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

No comments:

Post a Comment