Friday, April 2, 2010

[Milis_Iqra] 4 pendapat tentang Penyaliban Yesus dari Nazaret

Ada 4 pendapat tentang Penyaliban Yesus dari Nazaret. Pertama,versi resmi gereja-gereja besar pada umumnya, yaitu bahwa Yesus disalibkan, mati, dikuburkan, bangkit pada hari ke tiga, naik ke surga.
Kedua, setelah Islam muncul lebih dari 600 tahun kemudian, mengatakan Yesus diraibkan, dan digantikan oleh Yudas Iskariot.Namun juga, tidak seluruh Muslim berpendapat demikian.
Ketiga, yang dipopulerkan oleh sekte Ahmadiyah, bahwa Yesus tidak mati disalib, tapi pingsan. Kemudian dia sembuh dan pergi merantau ke India.
Keempat, benar bahwa Yesus yang disalib itu, benar bahwa Dia mati. Tapi kemudian dikarang oleh orang2 Yahudi bahwa murid2nya yang mencuri mayatnya dan mengatakan bahwa Dia dibangkitkan lagi.
Inilah 4 pendapat tentang penyaliban Yesus. Menurut logika, tidak mungkin semuanya benar, hanya satu saja yang benar. Masalahnya, yang mana?
Bagi yang meyakini bahwa Yudaslah yang disalib, akan menemui kesulitan besar dalam menganalisa ucapan2 yang diucapkan seperti: Bapa, ampunilah mereka sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat. Sebab ucapan ini hanya mungkin diucapkan oleh Yesus dan mustahil diucapkan oleh Yudas. 
Bagi yang meyakini bahwa Yesus pingsan, akan menemui kesulitan besar menghadapi kesaksian Yohanes yang melihat bahwa lambung Yesus ditikam sampai mengeluarkan darah dan air. Dan lagi kebiasaan Romawi yang tak pernah membiarkan yang tersalib itu masih hidup. Serdadu Romawi memastikan orang yang disalib itu mati, biasanya dengan mematahkan kaki2 dari yang tersalib itu. Namun Yesus tidak dipatahkan kakinya karena ternyata sudah mati lebih dahulu.
Teori mayat Yesus dicuri terbantahkan dengan perubahan besar yang terjadi dalam hidup murid2 Yesus. Dari penakut dan bersembunyi menjadi berani bersaksi didepan umum. Dan yang paling meyakinkan, semua kecuali Yohanes (yang mati kerena tua) mati sebagi martir dalam mempertahankan iman bahwa Yesus itu bangkit dari maut.Secara psikologis, tak mungkin ada orang bersedia menderita dan mati bagi suatu dusta (yaitu bahwa murid2 itu sendiri yang mencuri mayat Yesus dan menyebarkan berita bohong bahwa Yesus bangkit). Hanya satu penjelasan mengapa murid2 itu bersedia mati demi kabar kebangkitan Yesus, yaitu bahwa kebangkitan Yesus itu memang betul-betul terjadi.
    Itulah sebabnya mengapa Yesus disebut TUHAN, karena Dia sudah bangkit dari maut. Tidak ada manusia lain yang seperti Dia. Semua manusia lainnya (kecuali nabi Enokh dan Elia yang diangkat hidup-hidup ke surga) mati dan menjadi tanah, termasuk Muhammad, masih ada kuburannya sampai sekarang. Yesus juga ada kuburannya, tapi kosong.
Memang, bagi manusia adalah mustahil menerima kabar bahwa Yesus itu sudah bangkit dari maut dan karena itu disebut Tuhan, kecuali jika Roh Kudus sudah bekerja di hatinya. Karena itu manusia2 akan bersedia menerima kabar apa saja tentang apa yang terjadi dengan Yesus setelah Dia disalibkan, kecuali bahwa Dia sudah bangkit dari maut.
Karena itu, pendapat2 apapun akan diterima oleh bukan pengikut Yesus, kecuali bahwa dia sudah bangkit dari maut.
Sekalipun ketiga pendapat itu juga bertentangan satu sama lain, namun tidak jadi masalah, akan selalu ada penganutnya, asal saja jangan mengakui Yesus yang bangkit dari maut. AMIN. 

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

No comments:

Post a Comment