Friday, May 14, 2010

Re: [Milis_Iqra] Mengganggu Wacana Terorisme

pimpinan indonesia sekarang bukan terdiri dari orang-orang yang mengamalkan Islam. pun tidak juga punya semangat nasionalisme indonesia. itu sebabnya mereka asyik memikat paman sam.


From: Muhammad Amir Rosyidi <rosyid2007@gmail.com>
To: milis_iqra@googlegroups.com
Sent: Friday, 14 May 2010 15:36:33
Subject: Re: [Milis_Iqra] Mengganggu Wacana Terorisme

Kalau saya kemaren sempat berfikir dan membayangkan (kalau untuk
kebenaran saya tidak tahu, unsur spionasenya terlalu tinggi), apakah ini
hadiah dari Indonesia untuk paman Sam, karena paman sam sudah menolong
sebagian aktor di Indonesia dari kasus dengan ditariknya Sri Mulyani
menjadi direktur pelaksana Bank Dunia.
Wallahu 'alam...

On Fri, 2010-05-14 at 10:36 +0800, enkong engkong wrote:
> Jumat, 14/05/2010 07:58 WIB
> Mengganggu Wacana Terorisme
> Noory Okthariza - suaraPembaca
>
>
>
>
> Jakarta - Apa yang bisa dikatakan dari penyergapan teroris baru-baru
> ini. Berita penyergapan menjadi headline hari ke hari. Polisi dan
> media begitu bersemangat memberitakan keberadaan gembong teroris yang
> telah lama dicari.
>
> Sampai dengan pengembangan kasus yang demikian cepat dari Aceh sampai
> Pamulang serta Cawang, Cikampek, sampai Sukoharjo (red.). Satu per
> satu orang yang dianggap teroris ditangkap tertembak (atau ditembak)
> mati.
>
> Penyergapan yang bertepatan dengan sejumlah momentum penting politik
> Indonesia tentu saja menimbulkan kecurigaan. Ada sekelumit jalinan
> peristiwa yang belum ada penjelasan. Kita tidak pernah tahu bagaimana
> pemberitaan sampai di sekitar kita.
>
> Narasumber yang diterima masyarakat terbatas pada 'aktor-aktor lama'.
> Polisi, media, pengamat terorisme, dan beberapa orang dekat atau
> minimal pernah kontak langsung dengan kelompok teroris.
>
> Selain itu fakta sosial terungkapnya persembunyian teroris di Aceh,
> misalnya, hampir bisa dikatakan nihil. Penyergapan yang kita saksikan
> di televisi lebih menyerupai drama dan panggung teater yang
> direncanakan. Satu hal definitif yang bisa kita dapatkan yakni tentang
> matinya beberapa orang akibat tebasan timah panas. Di luar itu apa
> yang diberitakan adalah informasi 'siap saji' yang tidak terlacak
> asal-usulnya.
>
> Situasi ini berpotensi menyuburkan kecurigaan sosial. Tata integrasi
> masyarakat justru terancam dengan pemberitaan instan. Media yang
> memberitakan fakta kabur tanpa reserve justru menjadi musuh bagi
> ketertiban sosial.
>
> Kita saksikan pemberitaan yang bertema ketidakadilan, kekerasan, dan
> terorisme menghiasi sumber-sumber diskursus publik. Diskursus ini
> tidak menjadi pencerdasan. Malah justru menjadi tragedi bagi orang
> kebanyakan. Perisitiwa penting tidak menjadi titik tolak keberangkatan
> menuju kebaikan bersama melainkan titik degradasi sosial yang semakin
> mengkhawatirkan.
>
> Semakin gawat karena kita mudah mengidentifikasi seseorang dan
> kelompoknya lewat atribut sosial. 'The social' yang harus dipelihara
> agar terus plural dan jamak justru disederhanakan pada pengkategorian
> klasikal. Ini memungkinkan kerja ideologi terselebung yang bergerak
> dengan halus.
>
> Ideologi tidak lagi menampakkan dirinya secara telanjang. Tetapi,
> bekerja pada tatanan apa yang sejauh ini dianggap baik oleh orang
> banyak. Lokus ideologi berpindah ke ruang kondisi sosial karena ia
> cukup percaya diri mengontrol diskursus dengan alat kekuasaan yang
> tersedia.
>
> Jadi, ia bekerja setelah menilai apakah keadaan saat ini menguntungkan
> bagi eksistensi
> kekuasaan tertentu.
>
> Apakah jalan keluar dari kondisi ini. Salah satu caranya adalah
> membuka kedok pemberitaan atau kepentingan yang berbungkus penyergapan
> teroris. Ada sejumlah alasan yang membuat kita mesti berontak secara
> konseptual.
>
> Pertama, kita mengkhawatirkan pluralitas dan antagonisme yang ada di
> level masyarakat justru dirawat dengan pembungkaman lewat penghakiman
> di media. Kita tahu relasi kekuasaan tidak pernah seimbang. Tetapi,
> kita tidak boleh tinggal diam ketika praktik dominasi kekuasaan justru
> mendapat justifikasi lewat pemberitaan yang kita tidak bisa lacak
> asal-usulnya. Terlepas dari bersalah atau tidak gembong teroris
> potensi dominasi ini justru rawan penindasan terhadap mereka yang
> tidak punya akses terhadap kekuasaan.
>
> Kedua, kita patut kritis pada pemberitaan instan dan informasi yang
> dikutip dari 'para ahli'. Sering kali distorsi informasi bukan berasal
> dari apa yang kita baca dan kita persepsikan. Tetapi, disebabkan oleh
> gumpalan keyakinan akibat informasi bertubi-tubi yang kita dapatkan.
> Alih-alih memproduksi episteme kondisi dan aktor sosial bisa
> memproduksi kebeneran versi mereka.
>
> Kompleksitas kondisi kita disederhanakan oleh pilihan-pilihan yang
> disodorkan begitu saja. Akibatnya, bukan lagi kebebasan sebagai
> pilihan yang kita ajukan tetapi pilihan atas pilihan itu sendiri.
>
> Ketiga, rekonstruksi wacana terorisme. Apakah tepat menandai
> sekelompok orang dengan teori yang lebih berat segi identitasnya.
> Sangat mungkin wacana terorisme yang terus digulirkan adalah wacana
> usang tentang pembidanan dan pelegitimasian rezim tertentu dengan gaya
> baru namun isi yang sama.
>
> Sampai tahap tertentu kuriositas terus kita kembangkan pada level
> wacana yang lebih luas. Apakah isu terorisme memungkinkan terbentuknya
> satu nasionalisme masyarakat internasional atau ini adalah manifestasi
> dari power relation yang tidak seimbang dalam konteks politik global.
>
> Keempat, kita berdebat tentang Hak Asasi Manusia atas teroris yang
> ditembak mati. Akses informasi tidak kita dapatkan selain berita yang
> disebar bahwa teroris yang tertembak (atau ditembak) berpotensi
> memiliki bom atau melakukan perlawanan. Di luar itu ucapan tentang
> kemanusiaan (apakah pantas kita berbicara kemanusiaan mengatasnamakan
> 'teroris') hampir tidak pernah terdengar.
>
> Kita ingat tentang diskontinuitas sejarah yang pernah digagas Michel
> Foucault. Bahwa relasi kuasa dan pengetahuan ibarat sekeping mata
> uang. Di setiap waktu dan tempat selalu ada kondisi yang memungkinkan
> munculnya pengetahuan-pengetahuan baru yang diproduksi terus-menerus
> lewat wacana. Sehingga, yang terjadi bukan kausalitas masa lalu atas
> masa kini. Melainkan formasi diskursus yang dibentuk dan terus
> diucapkan oleh aparatus ideologi dengan sengaja.
>
> Dengan mengungkap fakta dan alasan terselubung kita tahu selalu ada
> jejak yang disembunyikan.
>
> Noory Okthariza
> Gedung Pusat PPSDMS NF
> Jalan Lenteng Agung Raya No 20 Jakarta Selatan
> okt_nomad@yahoo.co.id
> 087888007300
>
>
>
> --
> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125

> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63

> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-


--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125

Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63

Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
  Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
  Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
    Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

No comments:

Post a Comment