Saturday, July 24, 2010

[Milis_Iqra] Berdalih Otonomi SMPN 4 Kapuas Larang Siswi Berjilbab

Astagfirullah, Berdalih Otonomi SMPN 4 Kapuas Larang Siswi Berjilbab
Sumber : http://www.voa-islam.com/news/indonesia/2010/07/22/8464/astagfirullahberdalih-otonomi-smpn-4-kapuas-larang-siswi-berjilbab/


Kuala Kapuas (voa-islam.com) - Astagfirullah, hanya dengan alasan keseragaman dan kerapihan di sekolah SMPN 4 Selat Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah, melarang siswi di sekolahnya memakai jilbab, Orangtua siswa pun mengeluhkan sikap sekolah itu.

Tak tahu malu, ketika Kepala Sekolah SMPN 4 Ragus Rumbang saat dikonfirmasi tidak membantah adanya larangan pemakaian jilbab itu. "Itu peraturan sekolah dan hasil keputusan rapat dewan guru. Jadi, bukan keputusan kepala sekolah," kata Ragus, Rabu (21/7).

Dia beralasan, keputusan ini sebagai kebijakan dalam otonomi sekolah, meski pemerintah sendiri tidak melakukan pelarangan terhadap hal itu. "Kalau kembali ke otonomi (tetapi) sekolah tidak berhak mengatur (bagaimana?). Itu keputusan sekolah sesuai otonomi sekolah," jelasnya.

Dia menerangkan, tidak diperbolehkannya murid perempuan memakai jilbab agar terjadi keseragaman dan tidak terjadi pengotakan atau pengelompokan antara siswa muslim dan nonmuslim. "Kami tidak mau itu terjadi di sekolah kami karena SMPN 4 merupakan sekolah nasional."

Dia menegaskan, hal itu sudah berlangsung sejak lama dan telah menjadi tata tertib di sekolah itu. Sehingga segala sesuatunya sudah diatur oleh sekolah. "Kalau mau mengikuti tata tertib silakan, kalau tidak mau masih banyak sekolah lain," imbuhnya.

Ragus mengungkapkan, saat pendaftaran calon siswa baru juga sudah dijelaskan tentang tata tertib itu. Namun tidak ada larangan secara tegas yang tidak memperkenankan murid perempuan memakai jilbab. "Saat pendaftaran sudah dijelaskan tentang peraturan dan tata tertib itu, termasuk jenis pakaian yang wajib dipakai. Dari situ semestinya bisa dipahami," tutupnya.(Ibnudzar/tbn)

--
Salamun 'ala manittaba al Huda



ARMANSYAH

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

No comments:

Post a Comment