Saturday, July 24, 2010

Re: [Milis_Iqra] Ary Ginanjar Siap Klarifikasi Kontroversi Kesesatan ESQ di FKSK-58

Mungkin sebagai pribadi apa yang dilakukan oleh Ary Ginanjar sama seperti yg kita semua lakukan, anda dan juga saya.
Tidak perlu menggunakan nama dan istilah maupun kelembagaan yang beratribut agama dan bahasa Arab untuk melakukan jihad melawan banyak hal.
Saya pribadi berpendapat bahwa apa yang saya lakukan selama ini juga --termasuk eksistensi milis ini-- bagian dari jihad untuk membela umat Islam, begitupula dengan negara-negara Islam lain seperti Iran, Palestina, Afghanistan dan seterusnya dan sebagainya, termasuklah boleh jadi juga dalam hal ini adalah Ary Ginanjar melalui ESQ-nya.

Saya tidak pernah ingin menyempitkan makna jihad dan pemahaman agama yang memang sebenarnya sangatlah luas aspeknya, jadi apa yang dikomentari oleh Wawan, buat saya bukan hal yang perlu dibingungkan.



2010/7/22 wawan™ و و ﻦ <hrn.milis@gmail.com>
saya masih belum paham, ttg pernyataan2 ini
 

"Saya melaksanakan ini merupakan bagian dari jihad untuk membela umat Islam," pungkas Ary. (tino)

 http://esqmagazine.com/nasional/2010/07/19/esq-adakan-press-conference-mengenai-training-esq.html

tetapi
 

Presiden Direktur ESQ LC Ary Ginanjar Agustian menjelaskan, ESQ LC bukan sebuah lembaga agama atau lembaga yayasan, tapi lembaga training profesional SDM (Sumber Daya Manusia) atau manajemen, sama seperti halnya training-training SDM yang ada di Indonesia dan seluruh dunia. Perbedaannya, training ESQ menggabungkan tiga kecerdasan, yaitu intelektual, emosional, dan spiritual.


menurut saya,  ini dan sejenisnya, adalah sebuah organisasi profit yg menggunakan attribute2 agama.
dan di indonesia, attribute agama adalah sarana ampuh untuk marketing, juga untuk berpolitik.
2010/7/22 andri subandrio <subandrio.andri@gmail.com>
Nasihat yang bagus dan santun, namun ada pertanyaan:

1. Nasihat tersebut apakah sudah sampai dan diterima oleh Sdr. Ari Ginanjar?
2. Apakah setelah menerima serta meneliti nasihat tersebut Sdr. Ary Ginanjar mengubah
    materi presentasinya untuk ESQ angkatan selanjutnya?

Tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada ESQ, hingga saat ini meski banyak ajakan dari teman namun saya belum berminat untuk mengikuti, karena saya memandang, yakin bahwa tujuan ESQ semula adalah dakwah, namun setelah mempunyai "brand" tersendiri saya pandang tujuannya telah bergeser kepada busines (maaf mungkin suspect saya terlalu subyektif dan berlebihan namun jujur itulah kata hati saya).

Dan alangkah baiknya jika kita-kita semua (terutama yang tahu alamat ESQ) memberikan masukan yang positif agar edisi selanjutnya lebih berpedoman kepada Quran dan Sunnah.

2010/7/21 wawan™ و و ﻦ <hrn.milis@gmail.com>
pak andri,
 
mungkin bisa membaca ini ?
( tapi khusus pak andri saja ya , yg saya lihat cukup bijak melihat sesuatu :)
  dan ini dari situs yg independen nampaknya.
 
soalnya, kl yg di post disini dari esq magazine, jelas akan mbela esq mati2an. dan ini tidak seimbang kan ya?
 
 
[...ESQ tidak benar. Manusia tidak bisa menemukan kebenaran kalau mengikuti suara hati. Karena kebenaran itu hanya dari Allah dan Rasul-Nya. Jadi tidak ada jaminan kebenaran berdasarkan suara hati...
 
Tapi menurut Ary Ginanjar, Nabi Muhammad adalah pemimpin yang mengandalkan logika dan suara hati.
 
Tidak benar! Rasulullah itu bertindak sesuai dengan petunjuk dan wahyu Allah. Rasulullah itu tidak menggunakan suara hati, tapi dibimbing wahyu. ... ]
 
selengkapnya di
 
atau
 
 
=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-



--
Salamun 'ala manittaba al Huda



ARMANSYAH

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

No comments:

Post a Comment