Saturday, August 21, 2010

[Milis_Iqra] Kudeta Mekkah: Sejarah yang Tak Terkuak

Masjidil Haram pernah Direbut Pemuda Bersenjata

Sumber : 

TRIBUNNEWS.COM
- Sekitar 500 pemuda Arab bersenjata merebut Masjidil Haram di Makkah dan berhasil menguasainya dua minggu. Mereka menyandera para jamaah Masjidil Haram, membunuh polisi dan mengelilingi masjid suci tersebut dengan sitem pertahanan militer.

Kejadian itu, tanggal 20 November 1979 dipimpin oleh Juhaiman Al Utaibi, pemuda gurun Najd, Arab Saudi. Dunia Arab tercengang bahkan Amerika dan Eropa pun kaget tidak menyangka Masjidil Haram diperlakukan semacam itu. Intelijen pun kecolongan dengan kejadian yang nyaris terlupakan sejarah.

Gerakan pemuda Arab ini bukan saja membuat Kerajaan Saudi kalut tapi juga dunia Islam merasa cemas. Hampir tidak pernah ada yang menduga jika Masjidil Haram direbut dan dikendalikan sebuah milisi bersenjata. 

Mereka tidak dikenal sebelumnya, tidak diketahui dari mana arahnya, tiba-tiba sudah menguasai Masjid Suci yang penuh berkah itu.  Al Utaibi berdalih pemerintah Arab Saudi sudah kehilangan legitimasi terhadap Masjidil Haram karena perilakunya yang korup, sombong dan dipengaruhi Barat.

Tak berapa lama kemudian pemerintah Arab Saudi menyergapnya dan pemuda Arab bersenjata itu hanya mampu bertahan beberapa minggu saja. Semula pemerintah Arab sempat bingung karena dilarang menumpahkan darah demi menjaga kesucian Masjidil Haram. Akhirnya ulama setempat mengeluarkan fatwa khusus demi kemaslahatan yang lebih besar.

Para jamaah yang disandera berhasil dibebaskan, pemberontak ditangkap dan Masjidil Haram yang didirikan oleh Nabi Ibrahim ini diamankan lagi.

Diketahui, dari kontak senjata yang terjadi mengakibatkan 75 pengikut Juhaiman terbunuh dan 170 orang ditahan. Dari pihak pasukan Saudi, 60 orang terbunuh, 200 orang terluka. 

Masjidil Haram As Syarif mengalami kerusakan-kerusakan sehingga membutuhkan waktu beberapa bulan untuk memulihkannya kembali. Akhir dari drama kekerasan ini, 63 orang kelompok Juhaiman dijatuhi hukuman pancung di 8 kota Saudi. Sedangkan Juhaiman dipancung di Makkah. Peristiwa inilah disinyalir sebagai awal mula Al Qoidah (Al qaeda) muncul.

Tulisan ini disarikan dari buku berjudul "Kudeta Mekkah: Sejarah yang Tak Terkuak,"  yang diitulis Yaroslav Trofimov, seorang jurnalis The Wall Street Journal. kemudian dikutip "langit biru corner". (*)


--
Salamun 'ala manittaba al Huda



ARMANSYAH

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

No comments:

Post a Comment