Saturday, January 15, 2011

Re: [Milis_Iqra] Apa Makna Wanita Diciptakan dari TulangRusukyangPalingBengkok?

Mungkin ini hadits yg mba wheen maksud

Rasulullah bersabda, "Aku takmenyaksikanorang yang kurang akal dan agamanya, dibandingperempuan," Lalu,seorang dari antara perempuan itubertanya, "Apa kekurangan kami?""Kekurangan akalnya, karena kesaksian dua perempuandinilai samadengan kesaksian seorang lelaki. Kekuranganagamanya, karena seorangdi antara kamu tak puasa di bulanRamadhan (akibat haid), dan beberapahari diam tanpashalat." (HR Abu Dawud)

Seperti hadits inipun saya tidak hendak mengatakan bahwa akal atau logika wanita lebih rendah daripada laki laki,nyatanya memang banyak wanita akalnya lebih cemerlang. Namun yg hendak sayasampaikan adalah walaupun bisa saja secara akal(logika/intelegensi) wanita dan laki laki sama tapi wanita lebih cenderung kepada perasaan.

Sementara trimakasih

Sent from BlackBerry® on 3


From: whe.en9999@gmail.com
Sender: milis_iqra@googlegroups.com
Date: Sun, 16 Jan 2011 03:22:16 +0000
To: <milis_iqra@googlegroups.com>
ReplyTo: milis_iqra@googlegroups.com
Subject: Re: [Milis_Iqra] Apa Makna Wanita Diciptakan dari TulangRusukyangPalingBengkok?

(Nandang)
Maksud saya kesmpulanya yg hendak saya tulis adalah wanita itu mempunyai kekurangan yg sudah menjadi tabiatnya (kebiasaanya) kerena lemah akal(logika) dan cenderung mendahulukan perasaan.

(Whe-en)
Mas Nandang, sebelumnya mohon maaf loch, koq saya analisa mas Nandang menafsirkan haditsnya sesuai dengan logika mas Nandang sendiri ya hehhehe, setahu saya penejelasa lemah akal bukan karena kurang menggunakan logika, Insya Allah nanti saya quote kan ya mas, maaf ni masih di kelas :-)

Upsss saya tidak punya maksud lain loch, cuma excuse dikit approvenya juga barusan pas break dan belum bisa kasih counter ke mas Nandang dengan dalil :-)

Tetep, kesalahan bukan terkait syariat, cin cay kan mas Nandang? :-)

Whe-en

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT


From: aendangzr@yahoo.co.id
Sender: milis_iqra@googlegroups.com
Date: Sun, 16 Jan 2011 01:31:49 +0000
To: <milis_iqra@googlegroups.com>
ReplyTo: milis_iqra@googlegroups.com
Subject: Re: [Milis_Iqra] Apa Makna Wanita Diciptakan dari TulangRusukyangPalingBengkok?

bapak/ ibu moderator, saya sudah meralat tread yg dibawah karena saya ada salah menulis,apakah permohonan maaf karena saya tulis sudah masuk dan sudah dipost?

Bila belum saya ingin meralat kembali tread saya ini dibagian :

Quote :.
jadi kalau boleh saya simpulkan beliau 2 tersebut wanita itu sudah menjadi tabiatnya(kebiasaan) melakukan maksiat dan meninggalkan kewajiban(salah) karena lemah akal(logika) dan cenderung mendahulukan perasaan.

Maksud saya kesmpulanya yg hendak saya tulis adalah wanita itu mempunyai kekurangan yg sudah menjadi tabiatnya (kebiasaanya) kerena lemah akal(logika) dan cenderung mendahulukan perasaan.

Demikian mudah2an bisa dipahami.

Sent from BlackBerry® on 3


From: Nandang Sudrajat <aendangzr@yahoo.co.id>
Sender: milis_iqra@googlegroups.com
Date: Sun, 16 Jan 2011 01:01:34 +0800 (SGT)
To: <milis_iqra@googlegroups.com>
ReplyTo: milis_iqra@googlegroups.com
Subject: Re: [Milis_Iqra] Apa Makna Wanita Diciptakan dari TulangRusukyangPalingBengkok?


(Wheen)
Mas Nandang,
Maaf ni baru sempat gabung,

(Nandang)
gpp mba wheen, saya tahu mba wheen sedang melakukan upaya hukum, sehingga tentunya sibuk. hehehehe


(wheen)
Mengenai hadits tentang tulang rusuk tersebut saya baru menemukan sebagai berikut:

Al-Imam An-Nawawi rahimahullahu berkata: "Dalam hadits ini (ada anjuran untuk) bersikap lembut kepada para istri, berbuat baik kepada mereka, bersabar atas kebengkokan akhlak/perangai mereka serta bersabar dengan kelemahan akal mereka. Hadits ini juga menunjukkan tidak disukainya menceraikan mereka tanpa sebab dan tidak boleh terlalu bersemangat/ berlebihan untuk meluruskan mereka, wallahu a'lam." (Syarah Shahih Muslim, 10/57)-

Dalam keterangan berikutpun saya tidak menemukan hubungan sering salah dengan arti bengkok:

Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullahu berkata: "Dipahami dari hadits ini bahwasanya tidak boleh membiarkan istri di atas kebengkokannya, apabila ia melampaui kekurangan yang merupakan tabiatnya dengan melakukan maksiat atau meninggalkan kewajiban. Adapun dalam perkara-perkara mubah, ia dibiarkan apa adanya. Dalam hadits ini menunjukkan disenanginya penyesuaian diri untuk menarik jiwa, mengambil dan mendekatkan hati, sebagaimana hadits ini menunjukkan pengaturan terhadap para istri dengan memaafkan mereka dan bersabar atas kebengkokan mereka. Siapa yang hendak meluruskan mereka, maka akan luput darinya kemanfaatan yang diperoleh dari mereka, sementara tidak ada seorang lelaki pun yang tidak merasa butuh terhadap wanita guna memperoleh ketenangan (sakinah) dengannya dan untuk menolongnya dalam kehidupannya. Sehingga seakan-akan bisa dikatakan: Bernikmat-nikmat dengan wanita (istri) tidak akan sempurna kecuali dengan bersabar terhadap mereka." (Fathul Bari, 9/306)

Juga keterangan berikut:
Dalam riwayat Al-Imam Muslim rahimahullahu disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
((إِنَّ الْمَرْأَةََ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ, لَنْ تَسْتَقِيْمَ لَكَ عَلَى طَرِيْقَةٍ, فَإِنِ اسْتَمْتَعْتَ بِهَا اِسْتَمْتَعْتَ بِهَا وَفِيْهَا عِوَجٌ, وَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيْمُهَا كَسَرْتَهَا وَكَسْرُهَا طَلاَقُهَا))
"Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk, ia tidak bisa lurus untukmu di atas satu jalan. Bila engkau ingin bernikmat-nikmat dengannya maka engkau bisa bernikmat-nikmat dengannya namun padanya ada kebengkokan. Jika engkau memaksa untuk meluruskannya, engkau akan memecahkannya. Dan pecahnya adalah talaknya."


(Nandang)
terbukti bahwa mba wheen sendiri menemukan banyak hadits tentang wanita diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok  seperti  hadits hadits diatas  ini mengindikasikan bahwa ada makna yang sangat dalam di hadits itu.

Al-Imam An-Nawawi rahimahullahu berkata "Dalam hadits ini (ada anjuran untuk) bersikap lembut kepada para istri, berbuat baik kepada mereka, bersabar atas kebengkokan akhlak/perangai mereka serta bersabar dengan kelemahan akal mereka.
perhatikan apa yg dikatakan  oleh Al-Imam An-Nawawi rahimahullahu lemah akal itu ada kesamaan dengan yang saya sebut dengan logika. beliau mengatakan kelemahan akal. berarti , bisa diartikan selebihnya adalah perasaan yg mengendalikan.ini seperti yg saya sampikan sering salah dalam arti lebih cenderung kepada perasaan daripada akal(logika)

kemudian kita perhatikan kalimat dari Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullahu berkata: "Dipahami dari hadits ini bahwasanya tidak boleh membiarkan istri di atas kebengkokannya, apabila ia melampaui kekurangan yang merupakan tabiatnya dengan melakukan maksiat atau meninggalkan kewajiban. Adapun dalam perkara-perkara mubah, ia dibiarkan apa adanya.
perhatikan kata tabiat,dari kalimat  Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullahu. Apakah artinya tabiat? sepengetahuan saya pengertian tabiat dalam bahasa indonesia adalah kebiasaan,watak,atau karakter.sesuatu yg sering dilakukan adalah tabiat atau kebiasaan. Watak atau karakter adalah sesuatu yg sudah menyatu pada dirinya karena kebiasaan ygsering dilakukan berulang ulang sehingga itu menjadi sebuah watak atau karakter yang tidak bisa dirubah atau sulit merubahnya.

saya menemukan dari Al-Imam An-Nawawi rahimahullahu tentang wanita itu lemah akal dan saya menemukan dari Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullahu wanita itu punya tabiatnya dengan melakukan maksiat atau meninggalkan kewajiban. jadi kalau boleh saya simpulkan beliau 2 tersebut wanita itu sudah menjadi tabiatnya(kebiasaan) melakukan maksiat dan meninggalkan kewajiban(salah) karena lemah akal(logika) dan cenderung mendahulukan perasaan.

adapun knapa hadits tentang wanita diciptakan dari tulang rusuk yg bengkok ini diulang2 dalam beberapa hadist dgn versi yg berbeda itu menunjukan agar kita laki laki benar benar memahami wanita dan bagaimana mensikapainya . kalau kita laki laki bisa memahami wanita dgn baik tentu kita akan menasehatinya dan mensikapinya dgn baik.sesuai dgn hadits sudah disebutkan. Apalagi kalau kesalahan wanita itu dalamhal  bukan melanggar perintah Allah.........cing cay lah gitu.....heehehehe


udah malam, terima kasih.

wassalam





--- Pada Sab, 15/1/11, whe.en9999@gmail.com <whe.en9999@gmail.com> menulis:

Dari: whe.en9999@gmail.com <whe.en9999@gmail.com>
Judul: Re: [Milis_Iqra] Apa Makna Wanita Diciptakan dari TulangRusukyangPalingBengkok?
Kepada: milis_iqra@googlegroups.com
Tanggal: Sabtu, 15 Januari, 2011, 5:35 PM

Mas Nandang,
Maaf ni baru sempat gabung, maksud saya hampir mirip dengan mas andhy :
Sehingga "bermain aman" (dengan berbaik sangka), mengambil perintahnya saja: nasehatilah wanita. Tanpa "menghakimi": wanita sering salah.

Juga saya sepakat dengan pemikiran mas Andhy tentang suami adalah pemimpin, jadi lebih kepada cara memperlakukan orang yang dipimpinnya,bagaimana memimpin.

Saya belum pernah menemukan penjelasan arti bengkok seperti maksud mas nandang sering salah dalam artian karena sering menggunakan perasaan.
Karena jika begitu artinya, analoginya kaum pria yang tidak menggunakan persaan tidak sering salah hehheheh.

Bukankah agama kita tidak pernah mengistimewakan gender dalah hal salah benar?

Saya sering quote hadits bahwa kita harus memperlakukan orang lain seperti kita mau diperlakukan, bukankah ini sekaligus menggunakan perasaan? Dan justru dianjurkan?

"Barangsiapa yang ingin dijauhkan dari api neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka ketika maut menjemputnya hendaknya dia dalam keadaan beriman kepada Allah dan hari akhir, memperlakukan orang lain sebagaimana pula dirinya ingin diperlakukan demikian." ( HR. Muslim (1844) dan Nasa'I (4191)

Contohnya kalau tidak mau dianggap gila jangan menuduh orang lain gila hehhehhe
Kalau mau disayang dan dihormati maka harus menyayangi dan menghormati orang lain, dsb

Jangan sampai hadits2 soal wanita justru digunakan untuk merendahkan wanita justru oleh pria2 Islam karena diterjemahkan sendiri, tidak mungkin Allah dan RasulNya merendahkan wanita padahal Islam agama yang paling benar.

Dalam hadits lain,kesalahan yang diperbuat manusia tidak dibedakan laki2 ataupun perempuan,
Hadits Dari sahabat Anas bin Malik , bahwa Rasulullah bersabda: "Setiap anak Adam (manusia) pasti sering berbuat kesalahan "Dan sebaik-baik orang yang berbuat kesalahan adalah yang mau bertaubat." (H.R. Ibnu Majah no. 4251 dan lainnya)

Mengenai hadits tentang tulang rusuk tersebut saya baru menemukan sebagai berikut:

Al-Imam An-Nawawi rahimahullahu berkata: "Dalam hadits ini (ada anjuran untuk) bersikap lembut kepada para istri, berbuat baik kepada mereka, bersabar atas kebengkokan akhlak/perangai mereka serta bersabar dengan kelemahan akal mereka. Hadits ini juga menunjukkan tidak disukainya menceraikan mereka tanpa sebab dan tidak boleh terlalu bersemangat/ berlebihan untuk meluruskan mereka, wallahu a'lam." (Syarah Shahih Muslim, 10/57)-

Dalam keterangan berikutpun saya tidak menemukan hubungan sering salah dengan arti bengkok:

Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullahu berkata: "Dipahami dari hadits ini bahwasanya tidak boleh membiarkan istri di atas kebengkokannya, apabila ia melampaui kekurangan yang merupakan tabiatnya dengan melakukan maksiat atau meninggalkan kewajiban. Adapun dalam perkara-perkara mubah, ia dibiarkan apa adanya. Dalam hadits ini menunjukkan disenanginya penyesuaian diri untuk menarik jiwa, mengambil dan mendekatkan hati, sebagaimana hadits ini menunjukkan pengaturan terhadap para istri dengan memaafkan mereka dan bersabar atas kebengkokan mereka. Siapa yang hendak meluruskan mereka, maka akan luput darinya kemanfaatan yang diperoleh dari mereka, sementara tidak ada seorang lelaki pun yang tidak merasa butuh terhadap wanita guna memperoleh ketenangan (sakinah) dengannya dan untuk menolongnya dalam kehidupannya. Sehingga seakan-akan bisa dikatakan: Bernikmat-nikmat dengan wanita (istri) tidak akan sempurna kecuali dengan bersabar terhadap mereka." (Fathul Bari, 9/306)

Juga keterangan berikut:
Dalam riwayat Al-Imam Muslim rahimahullahu disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
((إِنَّ الْمَرْأَةََ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ, لَنْ تَسْتَقِيْمَ لَكَ عَلَى طَرِيْقَةٍ, فَإِنِ اسْتَمْتَعْتَ بِهَا اِسْتَمْتَعْتَ بِهَا وَفِيْهَا عِوَجٌ, وَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيْمُهَا كَسَرْتَهَا وَكَسْرُهَا طَلاَقُهَا))
"Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk, ia tidak bisa lurus untukmu di atas satu jalan. Bila engkau ingin bernikmat-nikmat dengannya maka engkau bisa bernikmat-nikmat dengannya namun padanya ada kebengkokan. Jika engkau memaksa untuk meluruskannya, engkau akan memecahkannya. Dan pecahnya adalah talaknya."

Mungkin itu dulu mas Nandang, Insya Allah bersambung atau kita tunggu yang mengerti kaidah mentafsirkan hadits menerangkannya dulu? :-)

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Whe~en

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT


From: andhy_o_a@hotmail.com
Sender: milis_iqra@googlegroups.com
Date: Sat, 15 Jan 2011 01:41:28 +0000
To: <milis_iqra@googlegroups.com>
ReplyTo: milis_iqra@googlegroups.com
Subject: Re: [Milis_Iqra] Apa Makna Wanita Diciptakan dari TulangRusukyangPalingBengkok?

(Nandang)
saya hargai hipotesisnya, namun hal seperti ini mungkin tidak berlaku buat mba wheen, ya tidak mba? karena beliau memilih penafsiran al qur'an dan assunnah dengan Al qur'an, assunnah, dan keterangan dari Rasulullah yang diajarkan langsung kepada para shahabat, bukan dengan logika.hehehehehe

[Andhy]
Terima kasih penghargaannya, Mas ;).
Tujuan saya komentar di thread ini krn (maap) saya kurang setuju dengan 'kesimpulan' yg Mas Nandang berikan.
"Hipotesis"nya bukan (hanya) untuk mbak Whe-en, tapi untuk semua wanita...hehehe (lebay)


(Nandang)
apakah rasulullah tidak bisa membuat kalimat yg sederhana seperti itu yg bisa dgn mudah dipahami? apakah karena untuk bergaya rasululah mengeluarkan kalimat namun tidak ada maknanya? tentu tanpa dalil naqlipun mas andhy bisa menjawabnya.

[Andhy]
Sudah pasti Rasulullah punya 'sesuatu maksud' dengan menyebutkan 'perumpamaan' tulang rusuk dalam hadits tersebut.

Saya tidak mengetahui pastinya makna tulang rusuk di hadits tsb, krn memang saya tidak punya ilmunya (seperti link yg Mas Dani kasih). Sehingga "bermain aman" (dengan berbaik sangka), mengambil perintahnya saja: nasehatilah wanita. Tanpa "menghakimi": wanita sering salah.

Selain itu, hadits tsb. bila salah pemahamannya, bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan isu : Islam merendahkan derajat wanita.


Salam,
Andhy

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT


From: Nandang Sudrajat <aendangzr@yahoo.co.id>
Sender: milis_iqra@googlegroups.com
Date: Fri, 14 Jan 2011 18:01:51 +0800 (SGT)
To: <milis_iqra@googlegroups.com>
ReplyTo: milis_iqra@googlegroups.com
Subject: Re: [Milis_Iqra] Apa Makna Wanita Diciptakan dari TulangRusukyangPaling Bengkok?

[Andhy]
Maap, Mas. Saya tidak punya dalilnya.
"Hipotesis" tersebut dari analogi saya, yaitu fungsi tulang rusuk yg melindungi organ tubuh yg penting dan penyokong rongga dada.
 
(Nandang)
saya hargai hipotesisnya, namun hal seperti ini mungkin tidak berlaku buat mba wheen, ya tidak mba? karena beliau memilih penafsiran al qur'an dan assunnah dengan Al qur'an, assunnah, dan keterangan dari Rasulullah yang diajarkan langsung kepada para shahabat, bukan dengan logika.hehehehehe
 
karena mas andhy suka berhipotesa bagaimana kalau hadits rasulullah itu, kita hipotesa dengan  menyederhanakanya seperti kalimat yg saya copas dari kalimat yg mas andy buat  dgn sedikit perubahan "nasehatilah (bimbinglah) wanita (karena kalian laki-laki adalah pemimpin keluarga)" bukankah dgn demikian lebih mudah difahami?dan tidak menafsirkan makna lain?apakah rasulullah tidak bisa membuat kalimat yg sederhana seperti itu yg bisa dgn mudah dipahami? apakah karena untuk bergaya rasululah mengeluarkan kalimat namun tidak ada maknanya? tentu tanpa dalil naqlipun mas andhy bisa menjawabnya.
 
dengan demikian pula menurut saya makna yang dimaksud dengan
 
Nasihatilah perempuan, karena mereka diciptakan dari tulang rusuk. Dan tulang rusuk paling bengkok adalah bagian paling atas.......kemudian disusul dgn perintah .........."Karenanya, nasihatilah perempuan.
 
tentu mempunyai makna yg tersirat. kata "nya" pada kata karena "nya" dalam hadits diatas adalah artinya mengacu pada " tulang rusuk" . coba baca hadits itu dengan teliti. menurut saya makna yg tersirat adalah seringkali wanita itu dalam keadaan salah namun seringkali tidak menyadari.Itu merupakan dasar bahwa wanita memang diciptakan sering bengkok(salah). Sehingga karena dasarnya wanita sudah seperti itu maka kaum laki laki bila ingin meluruskanya hati2lah karena bisa malah akan jadi patah karena tulang itu tentunya keras.karena kita sudah tahu wanita itu bengkok, maka setelah kita menasehatinya tentu sikap kita adalah mengikuti hadits ini ,......."maka sikapilah para wanita  dengan baik (HR al-Bukhari Kitab an-Nikah no 5186)"
 
wallahu'alam
 
terimakasih




--- Pada Jum, 14/1/11, andhy_o_a@hotmail.com <andhy_o_a@hotmail.com> menulis:

Dari: andhy_o_a@hotmail.com <andhy_o_a@hotmail.com>
Judul: Re: [Milis_Iqra] Apa Makna Wanita Diciptakan dari TulangRusukyangPaling Bengkok?
Kepada: milis_iqra@googlegroups.com
Tanggal: Jumat, 14 Januari, 2011, 2:52 PM

Dear Mas Nandang,


[Andhy]
Apakah di hadits tsb. disebutkan dengan jelas bahwa wanita sering membuat kesalahan?

Hadits tersebut termasuk hadits shahih, (utk laki-laki, bkn utk wanita) agar menasehati (membimbing) wanita (karena laki-laki adalah pemimpin keluarga).

Menasehati tidak terbatas karena salah (sudah melakukan kesalahan), bisa juga karena memberi tahu (karena ketidaktahuannya).


[Mas Nandang]
kemudian adakah yg dalil mendukung seperti yg mas andy sampaikan yaitu "wanita "diciptakan" dari tulang rusuk utk "melindungi" & men-support suaminya.?

[Andhy]
Maap, Mas. Saya tidak punya dalilnya.
"Hipotesis" tersebut dari analogi saya, yaitu fungsi tulang rusuk yg melindungi organ tubuh yg penting dan penyokong rongga dada.

Selain itu ada analogi lagi:
Banyaknya tulang rusuk jumlahnya lebih dari satu....:D (just kidding, no offense ya buat para wanita)


Salam,
Andhy

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

From: Nandang Sudrajat <aendangzr@yahoo.co.id>
Sender: milis_iqra@googlegroups.com
Date: Fri, 14 Jan 2011 11:34:33 +0800 (SGT)
To: <milis_iqra@googlegroups.com>
ReplyTo: milis_iqra@googlegroups.com
Subject: Re: [Milis_Iqra] Apa Makna Wanita Diciptakan dari Tulang RusukyangPaling Bengkok?

dear mas andy dan mba wheen...
 
bagimana dengan hadits ini,
 
riwayat dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW. bersabda, "Nasihatilah perempuan, karena mereka diciptakan dari tulang rusuk. Dan tulang rusuk paling bengkok adalah bagian paling atas. Jika kau luruskan dengan paksa, ia akan patah. Dan jika kau biarkan, ia akan tetap bengkok. Karenanya, nasihatilah perempuan." (Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).
 
kenapa dari hadits diatas, kembali ditekankan  "diciptakan dari tulang rusuk yg bengkok"kemudian dilanjutkan  perintah "untuk menasehatinya"? tentu disitu ada makna, sementara secara ilmiah belum bisa dibuktikan kebenaran dari "wanita diciptakan dari tulang rusuk"
karena kita sudah tahu wanita itu bengkok, maka setelah kita menasehatinya tentu sikap kita adalah mengikuti hadits ini ,......."maka sikapilah para wanita  dengan baik (HR al-Bukhari Kitab an-Nikah no 5186)"
 
kemudian adakah yg dalil mendukung seperti yg mas andy sampaikan yaitu "wanita "diciptakan" dari tulang rusuk utk "melindungi" & men-support suaminya.?


--- Pada Jum, 14/1/11, andhy_o_a@hotmail.com <andhy_o_a@hotmail.com> menulis:

Dari: andhy_o_a@hotmail.com <andhy_o_a@hotmail.com>
Judul: Re: [Milis_Iqra] Apa Makna Wanita Diciptakan dari Tulang RusukyangPaling Bengkok?
Kepada: milis_iqra@googlegroups.com
Tanggal: Jumat, 14 Januari, 2011, 9:20 AM

Dear Mas Nandang & Mbak Whe-en,

Tulang rusuk bengkok memang didesain oleh ALLAH swt sedemikian rupa utk melindungi dada: paru-paru, jantung, hati dll. Coba kalau lurus, malah bisa2 nonjol keluar (menusuk) di dada.

Menurut saya, tidak ada hubungannya "kebengkokan" tulang rusuk dengan sifat suka salah-nya wanita (belum tahu jg ada hasil riset-nya atau tidak). Setahu saya, manusia yg "suka" salah, bkn hanya wanita.

Jadi menurut saya (lagi), wanita "diciptakan" dari tulang rusuk utk "melindungi" & men-support suaminya.


Salam,
Andhy

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

From: whe - en <whe.en9999@gmail.com>
Sender: milis_iqra@googlegroups.com
Date: Fri, 14 Jan 2011 08:20:04 +0700
To: <milis_iqra@googlegroups.com>
ReplyTo: milis_iqra@googlegroups.com
Subject: Re: [Milis_Iqra] Apa Makna Wanita Diciptakan dari Tulang Rusuk yangPaling Bengkok?

Tidak perlu minta maaf mas Nandang,
karena jika Al Qur'an dan assunnah ditafsirkan sendiri sendiri ya memang hasilnya seperti kemauan penafsirnya, bukan seperti kemauan Allah dan Rasul-Nya.
Itulah kenapa, saya selalu memilih penafsiran al qur'an dan assunnah dengan Al qur'an, assunnah, dan keterangan dari Rasulullah yang diajarkan langsung kepada para shahabat, bukan dengan logika saya.
Karena ada dalil tercela mengaku berilmu, dan saya tidak berani melakukannya:

Dari 'Abdillah ibn 'Amr ibn 'Ash Radhiyallahu Ta'ala 'anhuma berkata: bersabda Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam: "Barangsiapa yang menganggap dirinya sendiri sebagai tabib akan tetapi tidak diketahui memiliki ilmu pengobatan maka ia akan menanggung resikonya". (Dikeluarkan oleh Imam Abu Dawud, An-Nasai dan Ibnu Majah. Di-shahihkan oleh Al-Hakim dan Adz-Dzahabi. Di-shahihkan oleh Syaikh Al-Albany dalam Shahih Sunan Abu Dawud).



:-) saya juga mencontohkan perdebatan di milis ini, sudah ada buktipun bisa ngeles :-)
hehehe ini juga bukan gender loch mas Nandang.  Karena jika dimaknai diciptakan dari tulang rusuk yang paling bengkok itu yang sering salah..... apakah mau diartikan yang tidak diciptakan dari tulang rusuk tidak sering salah sehingga tidak pernah mau mengaku salah jika salah? :-) :-)

Saya ekspresi senyum mas Nandang :-) biar ga salah sangka

whe~en

2011/1/14 <aendangzr@yahoo.co.id>
Sementara ini lmu pengetahuan belum membuktikan bahwa wanita diciptakan dari tulang rusuk, namun sementara itu pula menurut saya ada makna yg tersirat dari katta tulang rusuk yg paling "bengkok". Bengkok adalah lawan katta dari lurus, lurus sinonim dari katta kebenaran. Contoh Tunjukan kami ke jalan yg lurus diartikan tunjukan kami ke jalan yg benar. Kembali ke hadist wanita diciptakan dari tulang rusuk yg paling bengkok menurut saya mengandung makna bahwa dasarnya wanita itu memang sering salah. Salah dalam arti karena mereka lebih banyak menggunakan perasaanya daripda logikanya(menurut beberapa artikel,mungkin kitta bisa temukan bersama artikelnya) sedangkan perasaan itu adalah bukan dasar yg bisa dipakai untuk mencari kebenaran. Itu merupakan dasar bahwa wanita memang diciptakan. Sering bengkok(salah). Sehingga karena dasarnya wanita sudah seperti itu maka kaum laki laki menurut hadist tsb "harus mensikapinya dgn baik" bila ingin meluruskanya hati2lah karena bisa malah akan jadi patah karena tulang itu tentunya keras.
wallahu'alam

Maaf kepada member milis wanita dan kepada mba wheen kalau kalimat saya tendensius,dan bukan merupakan pembelaan kepada laki2 terutama dalam masalah perdebatan yg sering terjadi di milis ini. Karena dari hadist ini pun menurut saya adahal yg harus diketahui juga oleh laki2 yaitu untuk mensikapai perempuan dgn baik.

Terima kasih
Sent from BlackBerry® on 3

From: whe - en <whe.en9999@gmail.com>
Date: Thu, 13 Jan 2011 15:03:03 +0700
Subject: Re: [Milis_Iqra] Apa Makna Wanita Diciptakan dari Tulang Rusuk yang Paling Bengkok?

"Berbuat baiklah kepada wanita, karena sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk, dan sesungguhnya tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas.Maka sikapilah para wanita dengan baik." (HR al-Bukhari Kitab an-Nikah no 5186)
Ini adalah perintah untuk para suami, para ayah, saudara saudara laki laki dan lainnya untuk menghendaki kebaikan untuk kaum wanita, berbuat baik terhadap mereka , tidak mendzalimi mereka dan senantiasa memberikan ha-hak mereka serta mengarahkan mereka kepada kebaikan. Ini yang diwajibkan atas semua orang berdasarkan sabda Nabi shalallahu 'alayhi wasallam, "Berbuat baiklah kepada wanita."


artikel yang sangat bagus sekali mas,
terimakasih, sangat bermanfaat :-) :-)
Semoga yang lain juga merasakan bermanfaat seperti saya :-)

whe~en


2011/1/13 Nandang Sudrajat <aendangzr@yahoo.co.id>

Apa Makna Wanita Diciptakan dari Tulang Rusuk yang Paling Bengkok?

Pertanyaan:
Disebutkan dalam sebuah hadits, "Berbuat baiklah kepada wanita, karena wanita itu diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok, sedangkan tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas," dst. Mohon penjelasan makna hadits dan makna 'tulang rusuk yang paling bengkok adalah tulang rusuk yang paling atas'?
Jawaban:
Ini adalah hadits shahih yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim di masing masing kitab Shahih mereka, dari Nabi shalallahu 'alayhi wasallam. Dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa nabi shalallahu 'alayhi wasallam bersabda,

"Berbuat baiklah kepada wanita, karena sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk, dan sesungguhnya tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas.Maka sikapilah para wanita dengan baik."
(HR al-Bukhari Kitab an-Nikah no 5186)
Ini adalah perintah untuk para suami, para ayah, saudara saudara laki laki dan lainnya untuk menghendaki kebaikan untuk kaum wanita, berbuat baik terhadap mereka , tidak mendzalimi mereka dan senantiasa memberikan ha-hak mereka serta mengarahkan mereka kepada kebaikan. Ini yang diwajibkan atas semua orang berdasarkan sabda Nabi shalallahu 'alayhi wasallam, "Berbuat baiklah kepada wanita."
Hal ini jangan sampai terhalangi oleh perilaku mereka yang adakalanya bersikap buruk terhadap suaminya dan kerabatnya, baik berupa perkataan maupun perbuatan karena para wanita itu diciptakan dari tulang rusuk, sebagaimana dikatakan oleh Nabi shalallahu 'alayhi wasallam bahwa tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas.
Sebagaimana diketahui, bahwa yang paling atas itu adalah yang setelah pangkal rusuk, itulah tulang rusuk yang paling bengkok, itu jelas. Maknanya, pasti dalam kenyataannya ada kebengkokkan dan kekurangan. Karena itulah disebutkan dalam hadits lain dalam ash-Shahihain.

"Aku tidak melihat orang orang yang kurang akal dan kurang agama yang lebih bias menghilangkan akal laki laki yang teguh daripada salah seorang diantara kalian (para wanita)."
(HR. Al Bukhari no 304 dan Muslim no. 80)
Hadits Nabi shalallahu 'alayhi wasallam yang disebutkan dalam ash shahihain dari hadits Abu Said al-Khudri radhiyallahu 'anhu. Makna "kurang akal" dalam sabda Nabi shalallahu 'alayhi wasallam adalah bahwa persaksian dua wanita sebanding dengan persaksian seorang laki laki. Sedangkan makna "kurang agama" dalam sabda beliau adalah bahwa wanita itu kadang selama beberapa hari dan beberapa malam tidak shalat, yaitu ketika sedang haidh dan nifas. Kekurangan ini merupakan ketetapan Allah pada kaum wanita sehingga wanita tidak berdosa dalam hal ini.
Maka hendaknya wanita mengakui hal ini sesuai dengan petunjuk nabi shalallahu 'alayhi wasallam walaupun ia berilmu dan bertaqwa, karena nabi shalallahu 'alayhi wasallam tidak berbicara berdasarkan hawa nafsu, tapi berdasar wahyu yang Allah berikan kepadanya, lalu beliau sampaikan kepada ummatnya, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala,

"Demi bintang ketika terbenam, kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak keliru, dan tiadalah yang diucapkannya itu menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)."
(Qs. An-Najm:4)
Sumber:
Majmu Fatawa wa Maqadat Mutanawwi'ah juz 5 hall 300-301, Syaikh Ibn Baaz Fatwa fatwa Terkini Jilid 1 Bab Perlakuan Terhadap Istri penerbit Darul Haq
***
Artikel muslimah.or.id
 

-


--
~~~~~
Whe~en
http://wheen.blogsome.com/
 
"Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku." (QS 20 : 25-28)
"Ya Allah jadikan Aku hamba yang selalu bersyukur dan penyabar"

--

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

No comments:

Post a Comment

Post a Comment