sudah faham..
On 1/22/11, aendangzr@yahoo.co.id <aendangzr@yahoo.co.id> wrote:
> Maaf mas aba,saya masih belum faham dgn albaqoroh 269 ini hubunganya dgn
> penciptaan akal dan pemisahan akal dan logika seperti yg di utarakan mba
> wheen...bisakah mas aba memberikan pemahaman kepada saya. Terima kasih
>
> Salam
> Sent from BlackBerry® on 3
>
> -----Original Message-----
> From: abafarhan <abafarhan@gmail.com>
> Sender: milis_iqra@googlegroups.com
> Date: Sat, 22 Jan 2011 10:19:00
> To: <milis_iqra@googlegroups.com>
> Reply-To: milis_iqra@googlegroups.com
> Subject: Re: [Milis_Iqra] kajian ilmiah dan bedah buku
>
> Ada contoh ttg akal dan mungkin bisa dikembangkan ,albaqoroh269
> Allah menganugrahkan al hikmah kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan
> barang siapa yang dianugrahi al hikmah itu, ia benar-benar telah
> dianugrahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah
> yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).
>
>
>
> On 1/21/11, Nandang Sudrajat <aendangzr@yahoo.co.id> wrote:
>> oke deh....biar tdaik melebar,agar bisa kembali ke topik saja,....
>>
>> tapi yg ini belum di jawab juga
>>
>> (wheen)"karena logika logika yang ada diciptakan oleh manusia,akal
>> diciptakan oleh Allah"
>>
>> disitu ada penciptaan yg disampaikan mba wheen, bantu saya memahaminya
>> dasar
>> nya apa?
>>
>> terima kasih
>>
>>
>> --- Pada Jum, 21/1/11, whe - en <whe.en9999@gmail.com> menulis:
>>
>>
>> Dari: whe - en <whe.en9999@gmail.com>
>> Judul: Re: [Milis_Iqra] kajian ilmiah dan bedah buku
>> Kepada: milis_iqra@googlegroups.com
>> Tanggal: Jumat, 21 Januari, 2011, 2:41 PM
>>
>>
>> betul mas
>> saya mengesampingkan akal jika dibandingkan dengan wahyu (Al Qur'an dan as
>> sunnah)
>> kan sudah saya tulis :-) :-)
>>
>> Mengesampingkan jangan diartikan tidak menggunakan akal sama sekali yach.
>> Ini maksudnya.
>>
>> prioritasnya sudah saya tulis
>> 1. Wahyu (al qur'an dan assunnah)
>> 2. Akal
>> 3. Logika
>>
>> dalilnya sudah saya quote dibawah kan kenapa saya memprioritaskan wahyu?
>>
>> biar tidak melebar lagi, ini dalam hal ibadah kan mas yang kita bicarakan?
>> biar batasannya jelas loch ya.
>>
>> regards//
>> whe~en
>>
>>
>> 2011/1/21 Nandang Sudrajat <aendangzr@yahoo.co.id>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> (wheen)
>>
>> Mas nandang
>> saya teruskan ya:
>> ini dalilnya kenapa saya mengedepankan wahyu.
>>
>> (Nandang)
>> saya tidak mengatakan kepada mba wheen ,bahwa mba wheen mengesampingkan
>> akal, justru ini karena pendapat mba wheen sendiri yg tidak konsisten
>> yaitu
>> seperti quote :
>>
>> (wheen)
>>
>> 1.jangan salah sangka bahwa saya mengesampingkan akal,
>>
>>
>>
>> (Nandang)
>> pada hal mba wheen sendiri yg mengatakanya loh ....ini quote nya :
>>
>>
>> 2."Buat saya, agama ini didasarkan kepada wahyu bukan akal, jadi saya
>> memilih mengesampingkan akal dulu mas Nandang,
>>
>> dan dalam kalimat pembukaan (diatas)sekarang mengatakan lagi
>> seperti pernyataan di awal
>> 3." ini dalilnya kenapa saya mengedepankan wahyu."
>>
>> jadi ada tiga pernyataan yg berbeda ,1.menyatakan mengesampingkan akal
>> dulu
>> 2.jgn salah
>> sangka ,saya
>> mengesampingkan akal
>> 3.ini dalilnya kenapa
>> mengedepankan wahyu
>>
>>
>> hehehehe saya jadi bingung......
>>
>> kemudian saya sampaikan adil dalam memandang pemahaman agama,adil dgn
>> memakai kaidah umum untuk yg umum dan adil untuk memakai kaidah khusus
>> untuk
>> yg khusus.jadi saya pun tidak mengatakan saya mengedapankan akal baru
>> dalil
>> seperti Contohnya,
>> Ketika anda safar, boleh mengusap atas sepatu ketika berwudhu. Tentu dalam
>> kasus ini saya ucapkan sami'na wa atha'na,sebelum akal bisa mengetahuinya
>> namun insya allah apa yg diajarkan rasulullah tidak akan berentangan dgn
>> akal. apa yg saya sampaikan ini tentu tidak bertentangan dgn Q.S. Al
>> Ahzab:
>> 36 dan tidak bertentangan sedikitpun dgn ucapan imam safii yg mba wheen
>> kutip.hanya saja saya menempatkan akal menurut kaidahnya supaya adil.
>>
>> agar tidak membingungkan sblm saya meminta bagaimana pendapat mba wheen
>> tentang keseinmbangan hidup di dunia dan akhrat, pertanyaan tentang
>> persakisian 2 wanita sama dgn 1 laki laki , ada baiknya mba wheen menjawab
>> pertanyaan yg belum terjawab sebelumnya yaitu
>>
>> ini pernyataan mba wheen
>> (wheen)"Dalam beragama harus berakal, namun tidak
>> berlogika"....(nandang)saya mohon dalilnya
>>
>>
>>
>>
>> (wheen)"karena logika logika yang ada diciptakan oleh manusia,akal
>> diciptakan oleh Allah" .....(nandang)saya mohon dalilnya juga
>>
>> demikian terima kasih.....
>>
>>
>>
>>
>>
>> (nandang)
>> yg ini juga sepertinya mba wheen harus menyampaikan dasar atau dalilnya ke
>> saya
>>
>>
>> --- Pada Jum, 21/1/11, whe - en <whe.en9999@gmail.com> menulis:
>>
>>
>>
>> Dari: whe - en <whe.en9999@gmail.com>
>> Judul: Re: [Milis_Iqra] kajian ilmiah dan bedah buku
>> Kepada: milis_iqra@googlegroups.com
>> Tanggal: Jumat, 21 Januari, 2011, 12:08 PM
>>
>>
>>
>>
>>
>> Mas nandang
>> saya teruskan ya:
>> ini dalilnya kenapa saya mengedepankan wahyu.
>>
>>
>> As-Sunnah atau Al-Hadits merupakan wahyu kedua setelah Al-Qur'an.
>> Sebagaimana disebutkan dalam sabda Rasulullah: "Ketahuilah, sesungguhnya
>> aku
>> diberi Al-Qur`an dan (sesuatu) yang serupa dengannya." -yakni As-Sunnah-,
>> (H.R. Abu Dawud, Imam Ahmad)
>>
>> Para ulama juga menafsirkan firman ALLAH: "…dan supaya mengajarkan kepada
>> mereka Al-Kitab dan Al-Hikmah" (QS. Al Baqarah:129)
>>
>> Perintah Al-Qur`an agar berhukum dengan As-Sunnah diantaranya:
>> Dan tidaklah patut bagi laki-laki maupun perempuan mu'min, apabila ALLAH
>> dan
>> Rasul-Nya menetapkan suatu ketetapan dalam urusan mereka, mereka memilih
>> pilihan lain. Barangsiapa mendurhakai ALLAH dan Rasul-Nya, sungguh, dia
>> telah nyata-nyata sesat." (Q.S. Al Ahzab: 36)
>>
>> Hadits yang memerintahkan agar mengikuti Nabi SAW : "Aku tinggalkan dua
>> perkara untuk kalian. Selama kalian berpegang teguh dengan keduanya tidak
>> akan tersesat selama-lamanya, yaitu Kitabullah dan Sunnahku. Dan tidak
>> akan
>> terpisah keduanya sampai keduanya mendatangiku di haudh (telaga di
>> surga)."
>> (HR. Malik)
>>
>> Dan saya juga setuju dengan ucapan Imam Syafi'i di akhir kitabnya,
>> Ar-Risalah berkata, "Tidak halal menggunakan qiyas tatkala ada hadits
>> (shahih)."
>>
>> Kaidah Ushul menyatakan, "Apabila ada hadits (shahih) maka gugurlah
>> pendapat",
>>
>> dan juga kaidah "Tidak ada ijtihad apabila ada nash yang (shahih)". Dan
>> perkataan-perkataan di atas jelas bersandar kepada Al-Qur'an dan As-Sunnah
>> lihat QS Al Ahzab 36
>>
>> regards
>> Whe~en
>>
>>
>> 2011/1/21 whe - en <whe.en9999@gmail.com>
>>
>> PR saya banyak sekali ya mas Nandang
>> lach soal keseimbangan dunia akherat bahasannya banyak banget mas, beneran
>> mau dibahas ya?
>>
>> Soal wahyu, akal dan logika sudah saya jawab di thread sebelah mas,
>> (Subject: Re: [Milis_Iqra] Berani Bermain Air Harus Berani Basah)
>> yang lainnya Insya Allah menyusul ya mas
>>
>> ini saya copikan lagi
>> Subject: Re: [Milis_Iqra] Berani Bermain Air Harus Berani Basah
>>
>> Eh dibantu jawab sama mas dani :-)
>> Terimakasih ya mas.
>>
>> Jadi begini maksud saya mas Nandang. (sebenarnya untuk jawaban hati dan
>> logika sich)
>> Ketika logika kita menemukan sesuatu yang bertentangan,
>> jangan menganggap bahwa hadits bertentangan dengan Al Qur'an, atau
>> sebaliknya.
>> namun, akal kitalah yang belum mampu menjangkau pemahamannya karena
>> keterbatasan ilmu dan sebagainya.
>> Inilah maksud saya mengesampingkan akal dan mendahulukan wahyu.
>>
>> Kita cari dulu dalil dalil pendukungnya.
>> kalau kita tidak mampu, baik keterbatasan ilmu atau waktu, saya memilih
>> sami'na wa atha'na dulu.
>>
>> Kalau akal kita saja tidak mampu menjangkau apalagi di-logikakan, tambah
>> jauh menurut saya...
>> begitu mas Nandang.
>> Jadi urutan buat saya tetap wahyu dulu baru akal baru logika.
>> Logika akan saya kesampingkan dibanding akal
>> akal akan saya kesampingkan dibanding wahyu.
>>
>> semoga cukup jelas maksud saya ya mas nandang,
>>
>> regards//
>> Whe~en
>>
>>
>> 2011/1/21 Nandang Sudrajat <aendangzr@yahoo.co.id>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> (Wheen)
>>
>> Mas Nandang,
>> sebenarnya saya serba salah niii.... heheheheh, antara ngejelasin dan
>> tidak
>> situasi saya.
>> mohon maaf mungkin agak lambat ya diskusinya,
>> dan tanpa bermaksud apapun, jangan juga salah sangka saya sok sibuk atau
>> bagaimana ya.
>>
>> saya tidak bermaksud menghindar, cuma this morning was my first exercise
>> in
>> this year :-)
>> jadi saya juga harus mandi lagi sebelum ngejar ada meeting :-D
>> Jadi kalau sekiranya koq balasan saya kurang berkenan, bukan karena mau
>> saya, hanya karena rush saja.
>>
>> (Nandang)
>> tidak perlu minta maaf mba, saya juga mengisi diskusi ini tentu dengan
>> selingan pekerjaan sama dengan mba wheen.dan saya bisa memahami kesibukan
>> mba wheen, karena saya punya makna yang lebih tentang wanita dgn segala
>> karakter dan kebiasanya........hehehehehe
>>
>> (wheen)
>>
>> jangan salah sangka bahwa saya mengesampingkan akal,
>>
>> (Nandang)
>> pada hal mba wheen sendiri yg mengatakanya loh ....ini quote nya :
>>
>>
>> "Buat saya, agama ini didasarkan kepada wahyu bukan akal, jadi saya
>> memilih
>> mengesampingkan akal dulu mas Nandang,
>>
>> (Wheen)
>>
>> karena mas nandang kan dari awal membicarakan logika bukan akal
>> Ada beda pengertian antara akal dan logika menurut saya.
>>
>> (Nandang)
>> memang bahasan akal dan logika itu seringkali beda tapi namun pemahaman
>> yang
>> berkembang secara umum logika adalah akal.kalau kita mengacu kepada asal
>> katanya yang berasal dari yunani kuno.
>>
>> Logika berasal dari kata Yunani kuno (logos) yang berarti hasil
>> pertimbangan
>> akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa.
>> Logika
>> adalah salah satu cabang filsafat.
>> Sebagai ilmu, logika disebut dengan logike episteme (Latin: logica
>> scientia)
>> atau ilmu logika (ilmu pengetahuan) yang mempelajari kecakapan untuk
>> berpikir secara lurus, tepat, dan teratur. Ilmu disini mengacu pada
>> kemampuan rasional untuk mengetahui dan kecakapan mengacu pada kesanggupan
>> akal budi untuk mewujudkan pengetahuan ke dalam tindakan. Kata logis yang
>> dipergunakan tersebut bisa juga diartikan dengan masuk akal
>>
>>
>> (wheen)
>>
>> Dalam beragama harus berakal, namun tidak berlogika.
>>
>> (nandang)
>> yang ini sepertinya mba wheen harus sampaikan dasarnya atau dalilnya
>>
>> (wheen)
>>
>> Bukankah fungsi perasaan/hati/qalbu sama dengan akal?
>> tapi tidak sama dengan fungsi logika,
>>
>> (Nandang)
>> kelihatanya kalau ini yg dibahas akan panjang, coba dari mba wheen
>> terlebih
>> dahulu ceritakan maksud tidak samanya dimana?
>>
>> (wheen)
>>
>> karena logika logika yang ada diciptakan oleh manusia,
>> akal diciptakan oleh Allah.
>>
>> (nandang)
>> yg ini juga sepertinya mba wheen harus menyampaikan dasar atau dalilnya ke
>> saya
>>
>>
>> saya tetap setia .....heheheh.....menunggu pencerahan dari mba wheen
>> ,bukan
>> hanya topik bagaimana menurut mba wheen yg dimaksud dgn
>> 1.keseimbangan dunia dan akherat, tapi juga
>> 2.topik tulang rusuk yg bengkok dengan pertanyaan terakhirnya,"lemah akal
>> adalah persaksian 2 wanita adalah sama dengan 1 persaksian laki laki
>> adalah
>> sebagai akibat dari sesuatu dan sesuatu itu apa dan bagaimana?
>>
>> demikian terima kasih
>>
>>
>>
>> --- Pada Jum, 21/1/11, whe - en <whe.en9999@gmail.com> menulis:
>>
>>
>>
>> Dari: whe - en <whe.en9999@gmail.com>
>> Judul: Re: [Milis_Iqra] kajian ilmiah dan bedah buku
>> Kepada: milis_iqra@googlegroups.com
>> Tanggal: Jumat, 21 Januari, 2011, 8:47 AM
>>
>>
>>
>>
>>
>> Mas Nandang,
>> sebenarnya saya serba salah niii.... heheheheh, antara ngejelasin dan
>> tidak
>> situasi saya.
>> mohon maaf mungkin agak lambat ya diskusinya,
>> dan tanpa bermaksud apapun, jangan juga salah sangka saya sok sibuk atau
>> bagaimana ya.
>>
>> saya tidak bermaksud menghindar, cuma this morning was my first exercise
>> in
>> this year :-)
>> jadi saya juga harus mandi lagi sebelum ngejar ada meeting :-D
>> Jadi kalau sekiranya koq balasan saya kurang berkenan, bukan karena mau
>> saya, hanya karena rush saja.
>>
>> Back to the discussion
>> jangan salah sangka bahwa saya mengesampingkan akal,
>> karena mas nandang kan dari awal membicarakan logika bukan akal
>> Ada beda pengertian antara akal dan logika menurut saya.
>>
>> Dalam beragama harus berakal, namun tidak berlogika.
>> Bukankah fungsi perasaan/hati/qalbu sama dengan akal?
>> tapi tidak sama dengan fungsi logika,
>> karena logika logika yang ada diciptakan oleh manusia,
>> akal diciptakan oleh Allah.
>>
>> Demikian dari saya.
>>
>> whe~en
>>
>>
>> 2011/1/20 <aendangzr@yahoo.co.id>
>>
>>
>> Sebelm mas ical menjawab pertanyaan2 mba wheen yg bgitu
>> banyak.....hehehehe....ada baiknya saya nimbrung lagi, sekalian menjawab
>> apa
>> yg ditanya mba wheen....
>>
>> Rupanya beberapa teman disini sepakat bahwa tidak salah dalam memahami
>> agama
>> lewat akal. Prinsip islam adalah adil. Bgitu juga dalam memahami nya.adil
>> adalah menempatkan sesuatu pada tempatnya.adil rasanya ketika kita
>> memahami
>> agama dalam konteks umum dengan kaidah umum,dan adil rasanya ketika kita
>> memahami agama dalam kontek khusus dgn kaidah yg khusus pula. Memahami
>> agama
>> secara umum dgn menggunakan logika adalah kaidah umum, bahkan allah dgn
>> bebarapa firmanya menantang manusia untuk menggunakanya
>>
>> "dan dia menundukan malam dan siang,matahari dan bulan untukmu dgn
>> perintah
>> Nya, Sesungguhnya pada yg demikan itu benar benar ada tanda
>> tanda(kekuasaan
>> Allah) bagi kaum yg berakal"(QS. An-hal:12)
>>
>> Sebaliknya Allah mencela orang yg tidak berakal
>>
>> "Dan mereka berkata,sekiranya kami mendengarkan atau menggunakan akal
>> untuk
>> memikirkan(peringatan itu) niscaya tidaklah kami termasuk penghuni
>> penghuni
>> neraka yang menyala nyala(QSal mulk:10)
>>
>> Dan yg membedakan islam dgn agama lainya terutama kristen adalah dgn akal
>> Tercermin dalam surat al ikhlas.
>> Bgitulah akal dgn bimbingan Allah bisa membedakan yg haq dan bathil.
>>
>> Mengenai sami'na wa atha'na tentu adil rasanya kalau kita menempatkan pada
>> hal yg khusus seperti Contohnya,
>> Ketika anda safar, boleh mengusap atas sepatu ketika berwudhu. Tentu dalam
>> kasus ini saya saya ucapkan sami'na wa atha'na,sebelum akal bisa
>> mengetahuinya namun insya allah apa yg diajarkan rasulullah tidak akan
>> berentangan dgn akal.
>>
>> Kembali ke topik kajian kita yaitu keseimbangan dunia dan akhirat seperti
>> telah saya sampaikan dan saya ringkas konsepnya adalah
>> 1.Tujuan kita diciptakan adalah untuk beribadah
>> 2.Saya tidak setuju dgn hadits dari ibnu asakir yg sering dugunakan umum
>> untuk mencapai keseimbangan dunia dan akherat karena derajatnya palsu dan
>> bertentangan dgn surat Al jumu'ah 62:10 dan karena dari hadits tsb hanya
>> akan menimbulkan interpretasi ada pemisahan dunia dan akherat
>> 3.Saya lebih memilih ayat tentang mencari akhirat dan jgn lupakan dunia
>> seperti QS28 : 77 untuk kseimbangan dunia dan akherat
>> 4.Dan dari QS 28 : 77 mba wheen sendiri sebenarnya telah menyampaikan
>> seperti quote dibawah ini
>>
>>
>> "Tadi saya susulin bahwa ayat ini bercerita tentang qorun kan ya mas?
>> Yang tidak menyeimbangkan dirinya sebagai makhluk Allah maupun sosial
>>
>> 5.Dan dari qorun ini kita belajar seperti yg sudah saya sampaikan kalau
>> kita
>> mengejar akherat insya allah dunia ikut,kalau kitamengejar dunia insya
>> allah
>> akherat ketinggalan
>>
>> Bila mba wheen mau jelas tentang konsep saya ini bisa me-reviwe lagi ke
>> tulisan saya sblmnya.
>>
>> Nah seperti biasa mba wheen blm menjelaskan lebih terkonsep bagaimana
>> hidup
>> seimbang dunia dan aherat ini,jadi sekarang bagian mba wheen yg cerita deh
>>
>> Demikian ,bila salah mohon rekan koreksi karena ini tasir "apa aja
>> boleh...hahahahah
>>
>> Akhirnya saya sampaikan disclaimer atau wallahu'alam........
>>
>> Sent from BlackBerry® on 3
>>
>>
>>
>> From: whe.en9999@gmail.com
>> Sender: milis_iqra@googlegroups.com
>> Date: Thu, 20 Jan 2011 11:38:36 +0000
>>
>>
>>
>> To: <milis_iqra@googlegroups.com>
>> ReplyTo: milis_iqra@googlegroups.com
>> Subject: Re: [Milis_Iqra] kajian ilmiah dan bedah buku
>>
>> Hmmm, kelihatannya bahasannya jadi agak lain ya mas Icay.
>>
>> Boleh saya bertanya dulu?
>> 1. Bagaimana mas Icay memahami Al Qur'an?
>> Dari apa yang diajarkan Rasulullah atau dari mengartikan sendiri?
>> 2. Tata cara mas Icay sholat darimana asalnya? Dan berapa rakaat, adakah
>> di
>> Al qur'an?
>> 3. Mas Icay pernah makan ikan laut? Atau ikan air tawar?
>> setahu saya di Al qur'an bangkai diharamkan.
>>
>> Setelah itu terjawab, saya tahu harus menjawab bagaimana ke mas icay.
>>
>> Terimakasih
>> Whe-en
>>
>> Sent from my BlackBerry®
>> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>>
>>
>> From: "Icay" <ikhwan.cahya@gmail.com>
>> Sender: milis_iqra@googlegroups.com
>> Date: Thu, 20 Jan 2011 16:52:48 +0700
>> To: <milis_iqra@googlegroups.com>
>> ReplyTo: milis_iqra@googlegroups.com
>> Subject: RE: [Milis_Iqra] kajian ilmiah dan bedah buku
>>
>>
>>
>> Maap mb wheen, ikutan nimbrung..
>>
>> "Seperti yang saya jelaskan, QS28 : 77 tersebut tidak bisa dipisahkan dari
>> ayat sebelum dan sesudahnya karena bercerita tentang kisah qorun."
>> Diayatnya kan gak ada kata2 qorun.. mengapa dihubung2kan? Dijaman kapan
>> qorun itu hidup?
>>
>> Alquran berulang-ulang memberikan perintah kepada manusia untuk
>> menggunakan
>> akalnya, dan akal itu digunakan untuk berlogika.. semua ilmu yang ada
>> didalam alquran itu bisa dijelaskan dengan logis oleh logika manusia.
>> Karena
>> jika tidak demikian tidak ada manfaatnya alquran jika tidak bisa dipahami
>> dengan akal.. (alquran sebagai petunjuk harus bisa dipahami oleh yang
>> diberi
>> petunjuk)
>> Konsep sami'na wa atha'na yang mb wheen maksud mungkin dalam hal ibadah..
>> namun jika diteliti lagi ibadah itu juga bisa dijelaskan dengan logika,
>> namun mungkin saat ini kemampuan otak manusialah yang belum mampu
>> memikirkannya. Karena tingkat ilmu pengetahuan manusia bertambah sesuai
>> tingkat peradabannya. Seperti zarrah yang dulu diartikan biji sawi,
>> sekarang
>> mungkin diartikan atom, nantinya mungkin juga berubah lagi sesuai tingkat
>> pengetahuan manusia.
>>
>> Salam,
>>
>> From: milis_iqra@googlegroups.com [mailto:milis_iqra@googlegroups.com] On
>> Behalf Of whe.en9999@gmail.com
>> Sent: 20 Januari 2011 16:17
>> To: milis_iqra@googlegroups.com
>> Subject: Re: [Milis_Iqra] kajian ilmiah dan bedah buku
>>
>> Mas Nandang,
>> Lalu konsep sami'na wa atha'na ditaruh di mana jika mas Nandang selalu
>> mengedepankan logika dalam beragama.
>>
>> Contohnya,
>> Ketika anda safar, boleh mengusap atas sepatu ketika berwudhu,
>> Jika agama adalah logika, apakah mas Nandang akan menggantinya dengan
>> mengusap bagian bawah khuf karena yang terkena najis kan bagian bawahnya
>> bukan atasnya?
>> Dan kemungkinan masih banyak yang lainnya lagi.
>>
>> Ketika dirasa agama bertentangan dengan logika, mana yang akan mas Nandang
>> pilih? Logika dulukah?
>>
>> Buat saya, agama ini didasarkan kepada wahyu bukan akal, jadi saya memilih
>> mengesampingkan akal dulu mas Nandang,
>> Ini perbedaan kita ya mas, semoga ga perlu dibahas lebih seru hehhe
>>
>> Kembali ke kesimbangan.
>> Kan saya sudah menulis ternyata banyak sekali yang dibahas, makanya saya
>> minta mas Nandang memulai darimana, dari manusia sebagai makhluk atau
>> fungsi
>> sosial.
>> Melaksanakan perintah Allah yang wajib bisa dikatakan meendekati
>> keseimbangan karena ada ibadah dan muamalah disana.
>> Yang wajib kan bukan zakat saja.
>>
>> Seperti yang saya jelaskan, QS28 : 77 tersebut tidak bisa dipisahkan dari
>> ayat sebelum dan sesudahnya karena bercerita tentang kisah qorun.
>>
>> Jadi mengartikannyapun tidak bisa terpisah mas Nandang, itu menurut saya.
>> :-)
>> Kalau terpisah bisa sangat beda maknanya wong jadi lepas dari history nya
>> qorun
>>
>> Demikian dari saya
>> Whe-en
>> Sent from my BlackBerry®
>> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>>
>>
>>
>>
>> From: Nandang Sudrajat <aendangzr@yahoo.co.id>
>>
>> Sender: milis_iqra@googlegroups.com
>>
>> Date: Thu, 20 Jan 2011 16:21:25 +0800 (SGT)
>>
>> To: <milis_iqra@googlegroups.com>
>>
>> ReplyTo: milis_iqra@googlegroups.com
>>
>> Subject: Re: [Milis_Iqra] kajian ilmiah dan bedah buku
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> (wheen)
>>
>> Mas nandang :-)
>> Agama kan bukan logika matematika.
>> ketika memberikan rahmat dan Anugerah Allah tidak memakai hitungan
>> matematika ini.
>> (mendingan memakai perasaan dech ngebahasnya heheheheh, soalnya ga masuk
>> kalo pake logika :-))
>>
>>
>>
>> (nandang)
>>
>> allah menciptakan semua hukum alam, manusia hanya menemukan apa yang sudah
>> disediakan oleh Nya.Gravitasi Bumi adalah hukum alam, Kekekalan Energi
>> adalah hukum alam, Elektromagnetik, Nuklir, ekosistem, sosial-politik,
>> budaya, ekonomi, dan semua hukum di sekitar kita adalah hukum alam. Yang
>> sekaligus hukum Tuhan. Semua berada di dalam Grand Law, yang bekerja
>> berdasar hukum keseimbangan. dan matematika adalah bagian dari hukum yang
>> telah allah ciptakan sendiri,penemunya salah satunya adalah al jabar. jadi
>> kenapa agama tidak boleh didekati dengan logika?
>>
>>
>>
>> (wheen)
>>
>> Bukankah soal menafkahkan harta di jalan Allah yang wajib sudah diatur?
>> ada zakat yang ketentuannya sudah diatur
>>
>>
>>
>> (Nandang)
>>
>> betul sudah diatur ...walaupun saya sendiri dari sisi fiqih masih banyak
>> belum faham...hehehehe....
>>
>>
>>
>> apakah dengan menjalankan aturan yg wajib sudah diatur sudah bisa
>> dikatakan
>> seimbang dalam kehidupan dunia dan akherat.
>>
>>
>>
>> kalau dilihat dari awal tujuan penciptaan manusia adalah......
>>
>>
>>
>> diciptakan jin dan manusia tiada lain hanyalah utk beribadah kepada
>> Allah…Qs.adz dzaariyaat(51):56
>>
>>
>>
>> Syaikhul islam berkata,"Makna ibadah adalah taat kepada Allah dengan
>> menjalankan apa yang telah diperintah-NYa melalui lisan2 para rosul
>>
>> Beliau berkata lagi,"Ibadah adalah hal yang mencangkup segala perkataan
>> dan
>> perbuatan, baik yang zhahir maupun yang batin yang dicintai dan di ridhoi
>> oleh Allah."
>>
>>
>>
>> kalau ayat ini dianggap kaidah berarti apa apa yang dilakukan diluar
>> tujuan
>> penciptaan allah yatu " beribadah kepada Allah " adalah bisa dianggap
>> melangar perintah Allah.
>>
>>
>>
>> Barangsiapa yang taat kepada-NYA, maka Dia akam membalasnya dengan imbalan
>> yang paling sempurna ;dan barangsiapa yang berbuat maksiat kepada-NYA,
>> maka
>> Dia akan mengazabnya dg azab yang paling pedih
>>
>>
>>
>> lalu orang sering menghubungkan keseimbangan dunia dan akhirat adalah dgn
>> hadits yg menurut beberapa sumber tadi saya sebutkan dgn hadits palsu :
>>
>>
>>
>> Sabda Nabi Muhammad saw Kerjakanlah (urusan) duniamu seakan-akan kamu akan
>> hidup selama-lamanya. Dan laksanakanlah amalan akhiratmu seakan-akan kamu
>> akan mati besok. (H.R. Ibnu Asakir)
>>
>>
>>
>> padahal menurut alquran surat al jumu'ah
>>
>>
>>
>> [62:10] Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka
>> bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya
>> kamu
>> beruntung.
>>
>>
>>
>> Jelas bahwa ayat tersebut mengajarkan untuk mendahulukan shalat, baru
>> mencari rizqi. Bukan berbarengan.
>>
>> poin ayat ayat diatas saya tekan kan pada kata ibadah,
>>
>> penciptaan manusia adalah untuk beribadah, dan mendahulukan ibadah sebelum
>> mencari karunia. artinya untuk mendapat anugrah dan karunia yg utama
>> adalah
>> ibadah
>>
>>
>>
>> kembali kepada ayat yg saya tanya kepada mba wheen,
>>
>>
>>
>> Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan)
>> negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan)
>> duniawi
>>
>>
>>
>> Ayat tersebut mengajarkan, untuk kehidupan akhirat, Allah memerintahkan
>> dengan kata "carilah", sedangkan untuk kehidupan dunia, Allah hanya
>> mengingatkan "jangan lupa".
>>
>>
>>
>> Jadi kalau ada pertanyaan bagaimana seimbangnya kehidupan dunia dan
>> akhirat
>> ini, barangkali utamakan dahulu beribadah kepada Allah. Toh manusia tidak
>> perlu disuruh untuk mencari dunia, karena mencari dunia sudah menjadi
>> naluri.jangan sampai memisahkan dunia dan akhirat.mengejar akhirat insya
>> Allah dunia ikut,mengejar dunia insya allah akhirat ketinggalan.
>>
>>
>>
>> demikian tafsir "apa saja boleh" hahahahaha
>>
>>
>>
>> terima kasih
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> --- Pada Kam, 20/1/11, whe - en <whe.en9999@gmail.com> menulis:
>>
>> Dari: whe - en <whe.en9999@gmail.com>
>> Judul: Re: [Milis_Iqra] kajian ilmiah dan bedah buku
>> Kepada: milis_iqra@googlegroups.com
>> Tanggal: Kamis, 20 Januari, 2011, 1:08 PM
>> Mas nandang :-)
>> Agama kan bukan logika matematika.
>> ketika memberikan rahmat dan Anugerah Allah tidak memakai hitungan
>> matematika ini.
>> (mendingan memakai perasaan dech ngebahasnya heheheheh, soalnya ga masuk
>> kalo pake logika :-))
>>
>> Bukankah soal menafkahkan harta di jalan Allah yang wajib sudah diatur?
>> ada zakat yang ketentuannya sudah diatur
>>
>> ada sedekah, dsb.
>>
>> sekarang gantian donk mas heheheh maksa dikit
>> Mas nandang yang kasih masukan ke saya untuk kewajiban seorang muslim agar
>> seimbang dan besarnya kewajiban itu
>>
>> saya tunggu ya mas nandang heheheh
>>
>> regards//
>> whe~en
>> 2011/1/20 Nandang Sudrajat <aendangzr@yahoo.co.id>
>>
>>
>>
>>
>>
>> tidak mau saya yang mulai ah.....ilmunya belum sampai....
>>
>> begini saja....supaya tidak bingung, dalam matematika keseimbangan
>> dilambangkan dengan "sama dengan" betul gak yah ?
>>
>> sementara dari ayat yg saya sampaikan ada kalimat "bagianmu"
>>
>> seberapa ukuranya (kalau itu materi)atau apa parameternya(kalau non
>> materi) "bagianmu itu" agar terjadi keseimbangan dunia dan akhirat?
>>
>> jangan sampai malam maksiat ,siang tobat......seperti umumnya saya
>> mendengar ...hehehehe
>>
>> --- Pada Kam, 20/1/11, whe.en9999@gmail.com <whe.en9999@gmail.com>
>> menulis:
>>
>>
>> Dari: whe.en9999@gmail.com <whe.en9999@gmail.com>
>>
>>
>> Judul: Re: [Milis_Iqra] kajian ilmiah dan bedah buku
>> Kepada: milis_iqra@googlegroups.com
>> Tanggal: Kamis, 20 Januari, 2011, 11:27 AM
>>
>>
>>
>> (Mas Nandang)
>> maka sekali lagi saya bertanya lebih spesifik ,disana disampaikan
>> informasi
>> "bagianmu" apakah kata ini ada hubunganya dengan keseimbanga dunia dan
>> akherat atau sebailknya malah bertentangan.?
>>
>> (Whe-en)
>> Hehheh, maksudnya kesitu ya, saya tadi sempat bingung, jangan2 melenceng
>> dari topik ternyata disambungin.
>>
>> Tadi saya susulin bahwa ayat ini bercerita tentang qorun kan ya mas?
>> Yang tidak menyeimbangkan dirinya sebagai makhluk Allah maupun sosial.
>>
>> Kewajiban qorun sebagai makhluk Allah tidak ditunaikan karena menolak
>> menggunakan hartanya (bagian kenikmatan dari dunia) untuk persiapan
>> kehidupan akherat.
>>
>> Kewajiban qorun sebagai makhluk sosial juga tidak ditunaikan dengan empati
>> membagi hartanya untuk sesama.
>>
>> Jawaban itu cukup ga ya mas? Hehhehh
>>
>> Sedangkan keinginan saya untuk membahas keseimbangan kehidupan muslim
>> ternyata banyak bahasan mas Nandang, jadi bingung mau darimana?
>> Dari kewajiban muslim kepada Allah
>> Kewajiban muslim kepada rasulullahn kepada keluarga, tetangga, kepada
>> pemimpin, dsb
>>
>> Bagaimana kalau mas Nandang yang memulai :-)
>>
>> Whe-en
>>
>> Sent from my BlackBerry®
>> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>>
>>
>>
>>
>> From: Nandang Sudrajat <aendangzr@yahoo.co.id>
>>
>> Sender: milis_iqra@googlegroups.com
>>
>> Date: Thu, 20 Jan 2011 12:06:29 +0800 (SGT)
>>
>> To: <milis_iqra@googlegroups.com>
>>
>> ReplyTo: milis_iqra@googlegroups.com
>>
>> Subject: Re: [Milis_Iqra] kajian ilmiah dan bedah buku
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> hehehehe....mba wheen insya allah selalu bisa jawab.
>>
>>
>>
>> ini tafsir "apa aja boleh nya" hehehehehe
>>
>>
>>
>> ketika kita bicara mencari keseimbangan dunia dan akhirat yg selalu di
>> umum
>> muncul adalah hadits ygn seperti mba wheen kutip dari tafsir depag ini,
>>
>>
>>
>> Sabda Nabi Muhammad saw Kerjakanlah (urusan) duniamu seakan-akan kamu akan
>> hidup selama-lamanya. Dan laksanakanlah amalan akhiratmu seakan-akan kamu
>> akan mati besok. (H.R. Ibnu Asakir)
>>
>>
>>
>> padahal menurut beberapa sumber hadits ini derajatnya "palsu"
>> http://my-islam-way.blogspot.com/2010/02/meraih-kebahagiaan-muslimah-di-atas_25.html
>>
>>
>>
>> maka saat saya bertanya kepada mba wheen saya bertanya dengan Al-Qashash:
>> 77
>>
>>
>>
>> dari segi tafsir "apa saja boleh" hehehehe.....sepertinya hadits ini tidak
>> masuk akal juga, bagaimana mungkin ketika kita mencari dunia seolah olah
>> kita akan hidup selamanya, seolah olah boleh bgitu saja melupakan akherat.
>> bagimana kalau baru satu jam kita mencari dunia, sejam kemuidan kita ingat
>> akhirat, disusul lagi sedetik kemudian ingat dunia,sedetik kemudian ingat
>> akhirat,akan jadi kacau apa yg sedang kita perbuat.
>>
>> sepertinya ini memisahkan dunia dan akhirat.padahal dunia disiapkan untuk
>> bekal akherat.
>>
>>
>>
>> kembali ke ayat yg saya tanyakan "dan janganlah kamu melupakan bagianmu
>> dari
>> (kenikmatan) duniawi
>>
>>
>>
>> maka sekali lagi saya bertanya lebih spesifik ,disana disampaikan
>> informasi
>> "bagianmu" apakah kata ini ada hubunganya dengan keseimbanga dunia dan
>> akherat atau sebailknya malah bertentangan.?
>>
>>
>>
>> terima kasih
>>
>>
>> --- Pada Kam, 20/1/11, whe - en <whe.en9999@gmail.com> menulis:
>>
>>
>> Dari: whe - en <whe.en9999@gmail.com>
>> Judul: Re: [Milis_Iqra] kajian ilmiah dan bedah buku
>> Kepada: milis_iqra@googlegroups.com
>> Tanggal: Kamis, 20 Januari, 2011, 9:06 AM
>>
>> Hmmm..... mas Nandang,
>> semakin lama semakin sulit pertanyaannya, heheheheh
>> saya khawatir ilmu saya tidak sampai jika harus menjelaskan hal tersebut
>> (tetep kepede-an dan menjawab hehehe :-D )
>>
>> kita bahas sedikit dulu ya mas,
>> Insya Allah bersambung
>> silahkan kalau mau langsung menambahi.
>>
>> Dari tafsir dibawah, kita boleh menikmati apa yang ada di dunia
>> (kenikmatan
>> duniawi) sepanjang tidak bertentangan dengan perintah Allah dan rasul-Nya.
>> lihat point 2 ya :-)
>> Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan)
>> negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan)
>> duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah
>> berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka)
>> bumi.
>> Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.(QS.
>> 28:77) ::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::
>>
>>
>>
>>
>> Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Al Qashash 77
>> Pada ayat ini Allah SWT menerangkan empat macam nasihat dan petunjuk yang
>> ditujukan kepada Karun oleh kaumnya. Barangsiapa mengamalkan nasihat dan
>> petunjuk itu akan memperoleh kesejahteraan di dunia dan di akhirat kelak.
>>
>> 1. Orang yang dianugerahi oleh Allah SWT kekayaan yang berlimpah-limpah,
>> perbendaharaan harta yang bertumpuk-tumpuk serta nikmat yang banyak,
>> hendaklah ia memanfaatkan di jalan Allah, patuh dan taat pada
>> perintah-Nya,
>> mendekatkan diri kepada-Nya untuk memperoleh pahala sebanyak-banyaknya di
>> dunia dan di akhirat. Sabda Nabi saw artinya:
>> Manfaatkan yang lima sebelum datang (lawannya) yang lima; mudamu sebelum
>> tuanmu, sehatmu sebelum sakitmu, kayamu sebelum miskinmu, waktu senggangmu
>> sebelum kesibukanmu dan hidupmu sebelum matimu. (H.R. Baihaki dari Ibnu
>> Abbas)
>>
>> 2. Janganlah seseorang itu meninggalkan sama sekali kesenangan dunia baik
>> berupa makanan, minuman dan pakaian serta kesenangan-kesenangan yang lain
>> sepanjang tidak bertentangan dengan ajaran yang telah digariskan oleh
>> Allah
>> SWT, karena baik untuk Tuhan, untuk diri sendiri maupun keluarga, semuanya
>> itu mempunyai hak atas seseorang yang harus dilaksanakan. Sabda Nabi
>> Muhammad saw Kerjakanlah (urusan) duniamu seakan-akan kamu akan hidup
>> selama-lamanya. Don laksanakanlah amalan akhiratmu seakan-akan kamu akan
>> mati besok. (H.R. Ibnu Asakir)
>>
>> 3. Seseorang harus berbuat baik sebagaimana Allah SWT berbuat baik
>> kepadanya, membantu orang-orang yang berkeperluan, pembangunan mesjid.
>> madrasah, pembinaan rumah yatim piatu di panti asuhan dengan harta yang
>> dianugerahkan Allah kepadanya dan dengan kewibawaan yang ada padanya,
>> memberikan senyuman yang ramah tamah di dalam perjumpaannya dan lain
>> sebagainya.
>>
>> 4. Janganlah seseorang itu berbuat kerusakan di atas bumi, berbuat jahat
>> kepada sesama makhluk Allah, karena Allah SWT tidak menyukai orang-orang
>> yang berbuat kerusakan. Allah SWT tidak akan menghormati mereka, bahkan
>> Allah tidak akan memberikan rida dan rahmat-Nya.
>>
>>
>>
>>
>>
>> http://c.1asphost.com/sibin/Alquran_Tafsir.asp?pageno=4&SuratKe=28
>> regards
>> whe~en
>>
>>
>>
>> 2011/1/20 Nandang Sudrajat <aendangzr@yahoo.co.id>
>>
>>
>>
>>
>>
>> tidak apa apa kan mba wheen.....membedah buku duluan.....heeeeee
>>
>>
>>
>> bagaimana dengan ayat ini,
>>
>>
>>
>> "Dan carilah apa yang telah Dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan)
>> negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan)
>> duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah
>> Berbuat Baikkepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi.
>> Sesungguhnya Allah tidak Menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan."
>> (Al-Qashash: 77)
>>
>>
>>
>> apa tafsirnya ini,"janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan)
>> duniawi "
>>
>>
>>
>> dgn alquran dan alquran ,alquran dan sunnah, kalau tidak ......apa aja
>> boleh....hehehehe
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> --- Pada Kam, 20/1/11, whe - en <whe.en9999@gmail.com> menulis:
>>
>>
>> Dari: whe - en <whe.en9999@gmail.com>
>> Judul: Re: [Milis_Iqra] kajian ilmiah dan bedah buku
>> Kepada: milis_iqra@googlegroups.com
>> Tanggal: Kamis, 20 Januari, 2011, 7:23 AM
>>
>>
>>
>> Heheheheh
>> mas nandang ini ada ada saja.
>> Bukunya kan belum dibedah, jadi sama dengan saya juga, saya belum tahu isi
>> bukunya mas nandang.
>> Lha wong bukunya saya juga belum punya, biasanya kan dijual di tempat
>> kajian
>> pada saat kajian diadakan.
>>
>> Kalau menurut mas Nandang bagaimana?
>>
>> Kalau menurut saya, seimbangnya awam, selebritis, ustadz, kyai, bhiksu,
>> pendeta pasti berbeda beda.
>> Namun jika barometernya ajaran Islam, kemungkinan besar yang dibahas
>> adalah
>> keseimbangan manusia sebagai makhluk ciptaan Allah dan sebagai makhluk
>> sosial.
>> bagaimana manusia menyeimbangkan diri dalam menunaikan antara hak dan
>> kewajiban manusia sebagai makhluk Allah dan Hak dan kewajiban manusia
>> sebagai makhluk sosial
>>
>> Insya Allah kalau ada waktu kita cari sama2 ya mas artikel keseimbangan
>> ini.
>> Atau jika rekan rekan berkenan silahkan posting disini.
>>
>> whe~en
>>
>> 2011/1/20 <aendangzr@yahoo.co.id>
>> Sebelum mengikuti bedah buku,
>> Mungkin mba wheen bisa kasih gambaran menjalani hidup seimbang itu
>> bagaimana?
>> sering saya mendengar dari kalangan
>> awam,selebritis,ustadz,kiai,ulama,bahkan
>> dari kalangan biksu dan pendeta semua mengatakan "hidup itu yg pentng
>> seimbang"
>> Sent from BlackBerry® on 3
>>
>>
>>
>> -----Original Message-----
>> From: whe.en9999@gmail.com
>> Sender: milis_iqra@googlegroups.com
>> Date: Wed, 19 Jan 2011 21:32:38
>> To: milis_iqra@googlegroups.com<milis_iqra@googlegroups.com>
>> Reply-To: milis_iqra@googlegroups.com
>> Subject: [Milis_Iqra] kajian ilmiah dan bedah buku
>>
>> Dari milis sebelah
>> Semoga bermanfaat
>>___
>> bismillahirrahmanirrahim
>> assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
>>
>> hadirilah kajian ilmiah dan bedah buku: jangan berlebihan! bagaimana
>> menjalani hidup yang seimbang, karya manshur bin muhammad al-muqrin,
>>
>> bersama ustadz jazuli lc,
>>
>> insyaallah hari kamis, 27 januari 2011, pukul 15.30-selesai,
>>
>> di masjid ukhuwah islamiyah, universitas indonesia, depok
>>
>> gratis, terbuka untuk umum ikhwan dan akhwat
>>
>> cp 085 725 169 469 & 089 983 78 444
>>
>> kajian ini diadakan oleh forum remaja masjid ui dan didukung oleh pustaka
>> at-tazkia
>>
>> sumber: http://pustakaattazkia.com/info-bedah-buku.htmlsemoga bermanfaat
>>
>> barakallahu fikum
>>
>> wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
>>
>>
>> ---
>> Whe-en
>>
>> Sent from my BlackBerry®
>> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>> --
>> -
>>
>>
>>
>> --
>>
>> ~~~~~
>>
>>
>>
>>
>> --
>>
>> ~~~~~
>>
>> Whe~en
>> http://wheen.blogsome.com/
>>
>> "Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku,
>> dan
>> lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku."
>> (QS
>> 20 : 25-28)
>> "Ya Allah jadikan Aku hamba yang selalu bersyukur dan penyabar"
>>
>> --
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>>
>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>
>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>>
>>
>>
>> --
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>>
>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>
>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> --
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>>
>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>
>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> --
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>>
>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>
>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>>
>>
>>
>> --
>>
>> ~~~~~
>>
>> Whe~en
>> http://wheen.blogsome.com/
>>
>> "Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku,
>> dan
>> lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku."
>> (QS
>> 20 : 25-28)
>> "Ya Allah jadikan Aku hamba yang selalu bersyukur dan penyabar"
>>
>> --
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>>
>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>
>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>>
>> --
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>>
>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>
>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> --
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>>
>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>
>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>>
>>
>>
>> --
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>>
>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>
>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> --
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>>
>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>
>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> --
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>>
>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>
>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>>
>>
>>
>>
>>
>> --
>>
>> ~~~~~
>> Whe~en
>> http://wheen.blogsome.com/
>>
>> "Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku,
>> dan
>> lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku."
>> (QS
>> 20 : 25-28)
>> "Ya Allah jadikan Aku hamba yang selalu bersyukur dan penyabar"
>>
>> --
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>>
>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>
>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>>
>>
>>
>>
>> --
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>>
>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>
>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>>
>>
>> --
>>
>>
>>
>>
>> ~~~~~
>> Whe~en
>> http://wheen.blogsome.com/
>>
>> "Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku,
>> dan
>> lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku."
>> (QS
>> 20 : 25-28)
>> "Ya Allah jadikan Aku hamba yang selalu bersyukur dan penyabar"
>>
>>
>>
>> --
>>
>> ~~~~~
>> Whe~en
>> http://wheen.blogsome.com/
>>
>> "Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku,
>> dan
>> lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku."
>> (QS
>> 20 : 25-28)
>> "Ya Allah jadikan Aku hamba yang selalu bersyukur dan penyabar"
>>
>> --
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>>
>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>
>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>>
>> --
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>>
>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>
>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>>
>>
>> --
>>
>> ~~~~~
>> Whe~en
>> http://wheen.blogsome.com/
>>
>> "Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku,
>> dan
>> lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku."
>> (QS
>> 20 : 25-28)
>> "Ya Allah jadikan Aku hamba yang selalu bersyukur dan penyabar"
>>
>> --
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>>
>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>
>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>>
>> --
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
>> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>>
>> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
>> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>>
>> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
>> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
>> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
>> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
>> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>
> --
> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>
> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>
> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>
> --
> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>
> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>
> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
No comments:
Post a Comment