Wednesday, May 25, 2011

[Milis_Iqra] Inilah 3 Alasan Sri Mulyani Layak Jadi Direktur IMF

Selasa, 24 Mei 2011 08:18 wib

JAKARTA -  Dengan mundurnya Dominique Strauss-Kahn karena skandal kekerasan seksual dari direktur pelaksana IMF, nama Sri Mulyani Indrawati (SMI) yang berasal dari Indonesia disebut-sebut layak menduduki jabatan tersebut.

Ketua DPP PKB yang juga Ketua Fraksi PKB di DPR Marwan Jafar mengatakan ada tiga alasan kenapa SMI dinilai layak menduduki jabatan bergengsi ini.

Pertama, SMI dianggap mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Oleh karena negara berkembang harus diberi kesempatan memimpin lembaga tersebut, tidak dimonopoli oleh orang-orang Eropa.

"Tradisi IMF harus selalu dipimpin orang-orang Eropa sangat tidak beralasan karena belum tentu akan lebih baik, sebab ini menyangkut SDM. SMI secara intelektual dan pengalaman sebagai Menkeu RI, Kepala Bappenas, layak memimpin IMF," jelasnya dalam keterangan tertulisnya kepada okezone di Jakarta, Selasa (24/5/2011).

Kedua, pengalaman sebagai direktur eksekutif IMF Asia Tenggara, tentu dia sudah sangat familier dengan lembaga tersebut, apalagi ditambah dengan pengalaman dia sekarang sebagai managing director Bank Dunia, tentu dia sudah paham budaya dan standar kerja Internasional.

Ketiga, jika memang SMI dipercaya sebagai direktur pelaksana IMF, maka lembaga tersebut akan punya kredibilitas dan pengaruh kuat di negara-negara berkembang. Sebagai anak bangsa Indonesia, SMI tentu butuh dukungan kuat dari pemerintah dan rakyat Indonesia untuk menduduki jabatan tersebutb.

"Pengalaman dia sebagai ekonom terkemuka juga ikut menambah bobot dia jika terpilih sebagai direktur pelaksana IMF," jelasnya.

Disinilah, lanjutnya diperlukan solidaritas negara-negara berkembang untuk mendorong, minimal negara-negara dari kawan Asean yang baru saja menyelenggarakan KTT, di mana Indonesia sekarang menjadi ketua ASEAN. "Tentu sebagai ketua Asean akan sangat berpengaruh untuk meloloskan SMI sebagai direktur pelaksana IMF," tukasnya.
(wdi)

link: http://economy.okezone.com/read/2011/05/24/20/460235/inilah-3-alasan-sri-mulyani-layak-jadi-direktur-imf

No comments:

Post a Comment