Saturday, November 13, 2010

Re: [Milis_Iqra] diskusi syiah...

Ya kalau boleh saya menimpali. Kemaren kenapa saya mengajukan
permintaan ke mas dani atau mas arman soal diskusi syiah ada beberapa
faktor :
1. Saya masih awam dalam hal ilmu Islam, tidak seperti mas dani, mas
arman, ataupun mas mas atau mbak/mbak moderator yang ada disini. Dalam
hal ini saya pengen tahu bagaimana pendapat mas dani, mas arman
tentang syiah, karena saya lihat kemaren diskusi bisa berjalan dengan
adem, penuh wacana keilmuan, tidak ada saling menghujat. Hal tersebut
yang tidak bisa saya temui ketika mendengarkan diskusi masalah syiah
dimanapun itu, mereka kebanyakan berat sebelah, tidak bisa membahas
1-1 dengan jernih.
2. masih dalam koridor saya masih awam dalam hal ilmu Islam, saya
sendiri kalau disarankan beli buku-buku syiah, saya bingung? buku mana
yang harus saya beli? saya harus mulai dari mana? bagaimana cara
menganalisanya? dan lain sebagainya, mungkin saya malah jadi bingung
karenanya. Mas Dani, mas arman adalah sosok yang sudah banyak belajar
dalam hal kajian agama Islam, sudah berguru di banyak guru dan ulama,
mempunyai pandangan dan wawasan yang luas tentang Islam, sehingga
setidaknya bisa memberi arahan, kalau sarannya buku, buku mana yang
harus dibaca, bagaimana cara menganalisanya, dan lain sebagainya.
*jadi inget nyari buku karya abu a'la maududi aja susahnya minta
ampun, beli dimana-mana nggak ada, apalagi yang ini saya nggak tahu
buku yang harus dibaca apa, karya siapa, ulama siapa yang kira-kira
bisa jadi rujukan, dsb*
3. Seperti kata mbak wheen bisa saling melengkapi ilmu selain dari
buku, mungkin harapannya juga seperti itu bagi yang lainnya, walaupun
bagi saya itu adalah baru satu-satunya sumber, karena mau nyari buku
apa juga bingung, pernah baca artikel di internet kadang banyak yang
timpang, dsbnya.
Mungkin itu dari saya mas dani, kalaupun memang mas dani menyarankan
nyari dari buku karena sesuatu hal yang saya sendiripun juga mungkin
tidak berhak tahu ya nggak papa, kemaren cuma permintaan aja kok mas
:). kalau buku kira apa yang harus saya pelajari dulu dengan secara
instant? sebelum saya bisa secara mendalam, maklum ilmu-ilmu kaya
deteksi hadist, tafsir quran, nahwu syarf dan sebagainya saya belum
bisa, baru belajar soalnya, tapi di satu sisi saya tidak ingin saya
menjelek-jelekkan golongan tertentu hanya karena saya baru tahu
kulitnya saja, atau ngikut pendapat orang pada umumnya, tanpa tahu
yang ada didalamnya secara keilmuan. Terkesan instan mungkin, tapi
dari situlah saya coba mulai karena keterbatasan keilmuan saya saat
ini. Mau mondok di pesantren dah punya anak sama istri yang harus
dihidupi, paling cuma ikut pengajian sana dan sini semampunya

2010/11/12 <whe.en9999@gmail.com>:
> Saya kan dah bilang mundur dari memoderatori soal syiah,
> Saya juga nulis tekanan politiknya terlalu tinggi, saya tidak punya kekuatan
> maupun backing kekuatan yg membela saya,
>
> Koq mas Dani suka kelewatan sich baca kalimat saya,
>
> Kalau ga mau juga ga papa, kan saya juga nulis pasti mas dani juga ga akan
> mau,
> Apalagi ditambah ngerasa saya yang minta, tambah ga mau.
> Jangankan saya yang minta,seumpama mas dani yang janjipun kalo ngerasa
> janjinya ke saya bukan ke orang lain di sini pasti juga ga dipenuhi janjinya
>
> Wis ach, senenge koq sampe ke debat kusir
> Ga mau ya sudah, gpp
> Ga usah ngerasa dipaksa
>
> Lagian ngumpulin uang itu kan kalo ada uangnya mas,
> Mas dani tahu sendiri keadaan saya
>
> Whe-en
>
> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>
> ________________________________
> From: "Dani Permana" <adanipermana@gmail.com>
> Sender: milis_iqra@googlegroups.com
> Date: Fri, 12 Nov 2010 16:37:56 +0700
> To: <milis_iqra@googlegroups.com>
> ReplyTo: milis_iqra@googlegroups.com
> Subject: RE: [Milis_Iqra] diskusi syiah...
>
> Bukan berdebat mas,
>
> Maksudnya mas Arman dan mas Dani saling melengkapi informasi,
>
> Sebenarnya ga ada serunya koq diskusinya mas Arman ma mas Dani,
>
>
>
> [Dani] Koq berubah lagi menjadi " saling melengkapi informasi,"
>
>
>
> Mas Dani kan tahu buku yang membahas syiah sunni banyak sekali dan pasti
> berbeda beda cara pandangnya, saling melengkapi bukan setengah setengah tapi
> dapat 1 plus malah.
>
>
>
> [Dani] Nah oleh karena itu, saking banyaknya itu, coba ngumpulin uang beli
> buku, trus dibaca.
>
>
>
> Lagian kalau ga berani, eh ga berkenan juga gpp, tadi permintaan pak Rosyid
> mas dani, bukan perintah dari saya,
>
>
>
> [Dani] Permintaan atau perintah ?
>
>
>
> Lagian mulai kapan saya punya otorisasi memerintah mas Dani. Hhehehhe
>
>
>
> [Dani] kalau ga punya otoritas koq maksa sampe berulang2… Aneh… coba direfer
> deh tulisan2 tentan Mbak WN mo memoderatori….
>
>
>
>
>
>
>
> --
> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>
> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>
> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
>
> --
> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
> Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
> dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
>
> Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang
> berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
>
> Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
> Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
> Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
> Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
> -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125

Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63

Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

No comments:

Post a Comment