Monday, March 28, 2011

[Milis_Iqra] Kuwait Jadi Penengah Krisis Bahrain

Kuwait Jadi Penengah Krisis Bahrain
Editor: Egidius Patnistik
Senin, 28 Maret 2011 | 13:24 WIB
 

MANAMA, KOMPAS.com - Kelompok oposisi Syiah terbesar di Bahrain, Wefaq, telah menerima Kuwait sebagai penengah dengan Pemerintah Bahrain untuk mengakhiri krisis politik yang mencekam kerajaan kecil itu, kata seorang anggota Wefaq, Minggu (27/3/2011).

Bahrain telah memberlakukan hukum perang dan mengundang tentara dari negara-negara tetangganya yang mayoritas Sunni awal bulan ini untuk mengakhiri berpekan-pekan demonstrasi oleh para pemrotes yang sebagian besar Syiah. Jasim Hussein, seorang anggota Wefaq, mengatakan, Emir Kuwait Sheikh Sabah al-Ahmad al-Sabah telah menawarkan diri untuk menjadi penengah antara keluarga Sunni al-Khalifa yang memerintah Bahrain dan kelompok-kelompok oposisi Syiah. "Kami menyambut baik gagasan untuk membawa masuk unsur luar itu," ujar Hasan kepada Reuters.

Husain menyatakan pembicaraan akan membahas masalah-masalah yang diuraikan oleh Putera Mahkota Bahrain Sheikh Salman bin Hamad al-Khalifa sebelum tentara negara Teluk masuk Bahrain. Masalah itu mencakup pemerintah yang dipilih dan perbaikan distrik-distrik pemilihan yang oposisi katakan telah dihentikan untuk menjamin mayoritas Sunni di parlemen. "Kekhawatirannya adalah bahwa hasil (penengahan) itu mungkin tidak dapat diterima oposisi atau bahwa hasil itu tidak dapat diterima oleh masyarakat," kata Husain.

Wefaq dan enam sekutunya mengatakan pekan lalu, mereka tidak akan ikut pembicaraan kecuali pemerintah menarik tentara dari jalanan dan membebaskan para tawanan. Beberapa pengamat menyatakan Wefaq sekarang telah membatalkan tuntutan itu. "Ini adalah perkembangan politik yang sangat penting dalam upaya yang dimaksudkan untuk mencapai penyelesaian damai," kata Mansoor al-Jami, redaktur surat kabat oposisi Al-Wasat.

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UAE) yang dipimpin Sunni, yang menganggap keluarga yang memerintah Bahrain sebagai benteng pertahanan terhadap kekuatan Syiah regional Iran, telah mengirim tentara ke Bahrain untuk membantunya mengakhiri berpekan-pekan demonstrasi pro-demokrasi. Kuwait, yang memiliki minoritas Syiah-nya sendiri, telah mengirim beberapa kapal angkatan laut ke Bahrain berdasarkan pakta keamanan Teluk untuk mematroli garis pantai utaranya.

Dewan Kerja Sama Teluk (GCC), blok politik dan ekonomi regional yang terdiri atas Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi dan UAE, menyambut baik langkah penengahan itu. "Kami mengharapkan prakarsa itu akan terjadi untuk kepentingan keamanan dan stabilitas," kata Sekjen (GCC) Abdulrahman al-Attiyah kepada wartawan di Kuwait.

Wefaq dan sekutunya menginginkan dewan yang dipilih untuk merancang kembali konstitusi, tuntutan pada pembicaraan awal dengan Khalifa yang macet tak lama sebelum tentara Teluk tiba dan Bahrain mengusir demonstran dari jalanan serta melarang pertemuan umum. Lebih dari 60 persen warga Bahrain adalah orang Syiah, dan sebagian besar dari mereka berkampanye untuk monarki konstitusional, tapi seruan kelompok garis keras bagi penggulingan monarki telah memperingatkan masyarakat Sunni, yang mengkhawatirkan kekacauan itu akan dimanfaatkan oleh Iran, yang terletak di seberang perairan Teluk.

--
~~~~~
Whe~en
http://wheen.blogsome.com/
 
"Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku." (QS 20 : 25-28)
"Ya Allah jadikan Aku hamba yang selalu bersyukur dan penyabar"

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

No comments:

Post a Comment