Friday, June 3, 2011

[Milis_Iqra] Iran Bantah Punya Hubungan Dagang dengan Israel

Iran Bantah Punya Hubungan Dagang dengan Israel
Sumber : http://indonesian.irib.ir/index.php?option=com_content&view=article&id=33487:iran-bantah-punya-hubungan-dagang-dengan-israel&catid=17:berita3&Itemid=18

Seorang pejabat senior Iran menyangkal berita tentang kegiatan ekonomi rezim Zionis Israel di Iran. Dikatakannya, Tehran tidak memiliki bisnis dengan perusahaan Zionis, yang merupakan akar penyebab sanksi terhadap Republik Islam Iran.

"Kabar tentang kegiatan perusahaan Israel di Iran adalah permainan baru sebagai reaksi atas kesediaan negara-negara tertentu untuk membangun hubungan ekonomi dengan Iran," tegas Ketua Kamar Dagang, Industri dan Pertambangan Iran (ICCIM), Mohammad Nahavandian pada hari Jumat (27/5).
"Selain aspek hukum, Tehran menganggap perusahaan Zionis dan para pembuat kebijakannya sebagai faktor utama di balik sanksi ekonomi terhadap Iran dan menolak membuat kesepakatan apapun dengan Israel," tambahnya seperti dikutip kantor berita Fars.

Seraya menyatakan ketidakefektifan sanksi anti-Iran, Nahavandian menandaskan, Tehran telah meningkatkan hubungan ekonomi dengan banyak negara. Dia mencatat bahwa beberapa negara telah menyatakan kesediaan mereka untuk meningkatkan hubungan ekonomi dengan Iran menyusul krisis ekonomi global. Ditambahkannya, mereka tidak bisa menafikan pertumbuhan ekonomi di Iran.

Pernyataan Nahavandian muncul setelah Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton pada Selasa mengumumkan sanksi terhadap tujuh perusahaan internasional, termasuk sebuah perusahaan terkemuka Israel, Ofer Brothers Group, yang diklaim memiliki aktivitas di sektor energi Iran.

Kekuatan Barat yang dipimpin AS, telah melakukan berbagai langkah untuk melumpuhkan sektor energi Iran dalam upaya menghalangi pengembangan program nuklir damai negara itu.

Pada Juni 2010, Dewan Keamanan PBB menyetujui resolusi rekayasa AS, yang memaksakan sanksi putaran keempat atas Iran, terutama menargetkan sektor energi dan keuangan, dengan tuduhan yang belum diverifikasi mengenai program senjata nuklir sipil Iran.

Tak lama setelah PBB mengeluarkan resolusi anti-Iran, AS memberlakukan sanksi unilateral baru terhadap Iran di sektor keuangan dan energi. Tak hanya itu, Washington menekan Jepang, Kanada, dan Australia untuk mengamini sanksi sepihak atas Tehran guna melumpuhkan investasi di sektor industri energi Iran. (IRIB/RM/AR)

--
Salamun 'ala manittaba al Huda



ARMANSYAH

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

No comments:

Post a Comment