Friday, June 3, 2011

[Milis_Iqra] Iran Patahkan Sanksi AS Lewat Minyak

Iran Patahkan Sanksi AS Lewat Minyak
Sumber :
http://indonesian.irib.ir/index.php?option=com_content&view=article&id=33466:iran-patahkan-sanksi-as-lewat-minyak&catid=17:berita3&Itemid=18


Seorang pejabat senior energi Iran mengatakan, Amerika Serikat tidak dapat langsung menjatuhkan sanksi terhadap ekspor minyak Iran, karena negara ini memiliki cadangan minyak dan gas bumi yang besar.

"Iran memproduksi empat juta barel minyak per hari, sedangkan produksi harian minyak mentah dunia sekitar 80 juta barel," kata Mohsen Qamsari, ketua urusan internasional Perusahaan Minyak Nasional Iran, seperti dikutip IRNA pada hari Jumat (27/5).

"Produksi minyak Iran menyumbang lima persen dari total produksi minyak dunia," jelasnya.

"Iran mengekspor sekitar 2,5 juta barel minyak per hari. Mengingat cadangan besar minyak dan gas Iran serta kebutuhan minyak di dunia, AS tidak mampu untuk menjatuhkan sanksi terhadap ekspor minyak Iran secara langsung," tambah Qamsari.

Cadangan minyak Iran, sebagai produsen minyak mentah kelima terbesar dunia, mencapai 155 miliar barel dari 151.3 miliar barel setelah menemukan ladang minyak baru.

Kekuatan Barat yang dipimpin AS, telah melakukan berbagai langkah untuk melumpuhkan sektor energi Iran dalam upaya menghalangi pengembangan program nuklir damai negara itu.

Pada Juni 2010, Dewan Keamanan PBB menyetujui resolusi rekayasa AS, yang memaksakan sanksi putaran keempat atas Iran, terutama menargetkan sektor energi dan keuangan, dengan tuduhan yang belum diverifikasi mengenai program senjata nuklir sipil Iran.

Tak lama setelah PBB mengeluarkan resolusi anti-Iran, AS memberlakukan sanksi unilateral baru terhadap Iran di sektor keuangan dan energi. Tak hanya itu, Washington menekan Jepang, Kanada, dan Australia untuk mengamini sanksi sepihak atas Tehran guna melumpuhkan investasi di sektor industri energi Iran.

Sebagai anggota Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dan penandatangan Traktat Non-Proliferasi Nuklir (NPT), Iran berhak memanfaatkan energi nuklir untuk kepentingan damai, termasuk pembangkit listrik dan riset medis.

Pada hari Selasa, Washington mengeluarkan sanksi baru terhadap tujuh perusahaan asing yang berhubungan dengan Iran, sebagai bagian dari kampanye untuk memperketat embargo terhadap Tehran. (IRIB/RM/SL)

--
Salamun 'ala manittaba al Huda



ARMANSYAH

--
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125
 
Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. -Qs. 4 an-Nisa' : 63
 
Gabung : Milis_Iqra-subscribe@googlegroups.com
Keluar : Milis_Iqra-unsubscribe@googlegroups.com
Situs 1 : http://groups.google.com/group/Milis_Iqra
Mod : moderator.milis.iqra@gmail.com
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-=-=-=-

No comments:

Post a Comment